alexa-tracking

Pramono di antara Megawati dan Jokowi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb4a1532e2e649578b4574/pramono-di-antara-megawati-dan-jokowi
Pramono di antara Megawati dan Jokowi
Pramono di antara Megawati dan Jokowi

Jakarta: Pramono Anung mengaku punya kedekatan khusus dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan keduanya, Pram, sapaan Pramono, mengaku masih tetap menjalin hubungan khusus.


Dengan Megawati, meskipun saat ini sudah tak terlalu aktif di partai, Pram tetap menyempatkan diri untuk sowan. Dia tak mau kebersamaannya selama 20 tahun dengan presiden kelima RI ini luntur.


'Semua pemimpin punya style berbeda-beda. Saya dengan Bu Mega (tetap dekat) sampai hari ini. Dan saya termasuk salah satu menteri yang dua atau tiga hari sekali pasti bertemu Ibu Mega. Sampai sekarang,' kata Pramono, saat diwawancarai Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar, pekan lalu.


Pram juga dipercaya menjembatani komunikasi antara Megawati dengan Jokowi. 'Jadi, semua presiden itu, semua pemimpin, mempunyai keunikan tersendiri,' katanya.


Dengan Jokowi, Pramono juga punya kesan tersendiri. 'Kalau Pak Jokowi itu, apa yang beliau sampaikan 'Kerja, Kerja, Kerja' (tagline Kabinet Kerja, red.) itu betul-betul dilakukan.'


Ia mengenang saat diajak blusukan ke daerah-daerah maupun ke luar negeri. 'Beliau itu selalu bekerja mulai dari pagi, pukul 08.00 hingga Pukul 11.00 malam. Dan itu betul-betul (bekerja),' katanya.


Baca: Pramono Anung: Kita Justru Menikmati dan Mencari-cari Kritik


Saat kunjungan ke luar negeri, kata dia, jika acaranya memang sudah selesai, Jokowi akan langsung meminta pulang. 'Kunjungan ke Turki itu PP (pulang-pergi).' Pramono juga melihat bagaimana etos kerja saat diajak Jokowi berkunjung ke Eropa.


'Presiden Jokowi itu betul-beul konsentrasi dalam pekerjaan. Dan apalagi sebagai Seskab saya bertanggung jawab menyiapkan substansi pemerintah. Bisa dibayangkan betapa banyak pekerjaan yang harus kita lakukan,' katanya.


Jarang memarahi


Etos kerja tinggi tak berarti membuat Jokowi gampang emosi. Pram mengaku tak pernah dimarahi Presiden. 'Hampir enggak. Karena saya memang dari dulu mengambil porsi lebih banyak bekerja menyiapkan apa yang diinginkan pemimpin,' katanya.


Untuk menyiasati agar tak dimarahi, Pramono menyiapkan beberapa alternatif. Alternatif itu yang nantinya akan dipilih Jokowi.


'Saya selalu memberikan alternatif kepada Presiden, ‘Bapak, dalam persoalan ini, alternatifnya adalah a, b, dan c.' Nah, sebagai Presiden saya mempersilakan beliau. Pak Jokowi kan punya judgement untuk memilih. Karena bagaimana pun, perkembangan sosial dan politik sangat cepat dan dinamis, sehingga pilihan-pilihan itu ada di beliau,' katanya.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...ati-dan-jokowi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pramono di antara Megawati dan Jokowi Satyam Eva Jayate, Drama Teater Perayaan Usia 71 Megawati

- Pramono di antara Megawati dan Jokowi Teater Kebangsaan HUT Mega Singgung Fenomena Mahar Politik

- Pramono di antara Megawati dan Jokowi Pagelaran Teater Meriahkan HUT ke-71 Megawati