alexa-tracking

Kiat Jitu Budidaya Buah Naga

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb3b9a54c07ace368b4567/kiat-jitu-budidaya-buah-naga
Kiat Jitu Budidaya Buah Naga
Kiat Jitu Budidaya Buah Naga

TANAMAN buah naga memang bukan buah asli Indonesia. Buah ini berasal dari Meksiko. Namun, beberapa tahun terakhir, buah naga banyak dibudidayakan di Tanah Air.

Meski potensi luasan areal tanaman buah naga terbilang sedikit, hasil yang diperoleh ternyata cukup menakjubkan. Rata-rata produksi buah naga mencapai 30-35 ton/ha dalam sekali panen. Yang menguntungkan, tanaman buah naga bisa dipanen terus-menerus setelah berumur 7-8 bulan sejak penanaman.

Masa panen buah naga terjadi pada September hingga April. Harga buah naga di tingkat petani saat ini berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp25 ribu/kg. Buah-buah naga ini tidak hanya dijual di lokal melainkan juga sudah dijual luas ke seluruh nusantara.

Berikut Kiat Sukses Budidaya Buah Naga

1. Membeli Bibit

Jika baru pertama kali menanam buah naga dan tidak punya indukan pohon buah naga, Saya menyarankan Anda membeli bibit buah naga.
pilihlah bibit yang bagus dengan ciri -ciri sebagai berikut :
a. bertunas minimal empat
b. umur bibit sudah 2 bulan
c. tinggi bibit minmal 50cm, lebih bagus lagi kalau 80cm

2. Cara Menanam
Menanam buah naga harus ekstra hati-hati. Karena kalau salah dalam menanamnya maka bisa menyebabkan bibit stres dan pertumbuhannya tidak sempurna. Dalam menanam buah naga maka kedalaman penanaman idealnya 20% dari panjang bibit.

3. Masa Pemeliharaan
Masa pemeliharaan menjadi faktor penting yang mendukung keberhasilan menanam. Masa pemeliharaan meliputi pengairan, penyulaman, pengikatan batang atau cabang, pemupukan susulan, pemangkasan, sanitasi kebun, seleksi buah, dan pengendalian hama penyakit tanaman.

4. Pengairan
Buah naga tidak memerlukan irigasi khusus. Pengairan dilakukan dengan sistem tadah hujan. Karena akarnya yang sangat lebat, buah naga tahan terhadap kekeringan tetapi tetap membutuhkan air yang cukup selama pertumbuhannya.

5. Masa Pemupukan
Pemupukan menggunakan pupuk tradisional yang dicampur dengan 50% pupuk kimia yang biasa dipakai. Pemberian pupuk minimal dilakukan dua bulan sekali. Semoga beruntung, dibalik nama naga, tersimpan sesuatu yang sangat manis.

image-url-apps
Quote:


Saya juga tertarik, tapi terkendala lahan
×