alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb23175074108a498b456f/candi-prambanan-jogja-wisata-terpopuler-yang-penuh-legenda

Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda


Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda
Jogja terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki beragam tempat wisata. Selain pantai, Jogja ternyata juga mempunyai tempat wisata berupa candi, salah satunya Candi Prambanan. Candi Prambanan Jogja ini identik dengan kisah Roro Jonggrang sehingga sangat mencuri perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pasalnya, kisah Roro Jonggrang itu sendiri sangatlah melegenda.
Berwisata ke Candi Prambanan ini akan terasa sangat menyenangkan apabila anda mengajak keluarga, sahabat, maupun rekan kerja anda. Selain mengetahui sejarah Candi Prambanan, anda juga bisa melihat arsitektur megah Candi Prambanan. Disamping itu, anda juga bisa berburu foto karena Candi Prambanan memang memiliki banyak spot foto keren. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja info lengkap mengenai Candi Prambanan Jogja berikut ini.
Daya Tarik Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda
Candi Prambanan memiliki 3 bangunan candi utama, yakni Wisnu, Brahma dan Shiwa. Bangunan candi utama tersebut melambangkan ajaran Trimurti yang dipercaya dalam agama Hindu. Sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan menyimpan legenda yang sangat terkenal. Legenda Candi Prambanan itu sendiri ialah kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.
Pada awalnya, Bandung Bondowoso tertarik dengan kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menikahinya. Akan tetapi, Roro Jonggrang menolak dengan alasan tidak ingin menikah dengan pembunuh ayah kandungnya sendiri. Hanya saja, Bandung Bondowoso selalu membujuk Roro Jonggrang. Roro Jonggrang pun bersedia menikah dengan Bandung Bondowoso apabila mampu membangun seribu candi hanya dalam waktu satu malam saja.
Dengan bantuan para mahluk halus, Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan seribu candi, yakni 999 candi. Hanya saja, Roro Jonggrang menggagalkannya dengan menciptakan suasana seolah hari sudah pagi. Bandung Bondowoso yang mengetahuinya pun sangat marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu untuk menggenapi candi terakhir.
Fasilitas Candi Prambanan
Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda
Candi Prambanan telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Adapun fasilitas Candi Prambanan diantaranya yaitu tempat parkir,sewa sepeda, mobil golf, tempat  prewed, tempat ibadah, kamar mandi (MCK), dan masih banyak lagi lainnya. Disamping itu, di sekitar Candi Prambanan juga terdapat banyak penginapan yang cocok untuk anda yang ingin bermalam. Selain mendatangi langsung penginapan tersebut, anda juga bisa booking secara online.
Lokasi dan Rute Candi Prambanan
Candi Prambanan Jogja, Wisata Terpopuler yang Penuh Legenda
Candi Prambanan terletak di sisi timur kota Yogyakarta, tepatnyya di Jalan Raya Jogja-Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi Candi Prambanan ini cukup mudah. Candi Prambanan ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari bandara Adi Sucipto jika menggunakan sepeda motor. Untuk menuju Candi Prambanan, anda juga bisa menggunakan bis. Anda naik jurusan bis Jogja-Solo. Setelah itu, anda bisa langsung turun di depan loket masuk kawasan wisata Candi Prambanan.
Berbeda halnya jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa ambil jalan ringroad dan mulai berkendaralah ke arah timur Jogja. Setelah anda menemukan jalan Solo, maka anda lurus saja ke arah timur sampai anda melihat bangunan candi besar yang ada di sebelah kiri anda. Hal ini menandakan bahwa anda sudah sampai di Candi Prambanan.
Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Candi Prambanan ini dibuka setiap hari dari jam 06.00 sampai jam 17.00 WIB. Anda bisa memasuki kawasan Candi Prambanan dengan membayar Rp. 30.000 (dewasa), Rp. 12.500 (anak usia 3-6 tahun) atau USD $ 18 (wisatawan asing). Apabila anda ingin membawa kamera, anda perlu membayar karcis izin sebesar Rp. 1.000 saja. Selain itu, anda bisa juga ambil paket Prambanan dan Candi Ratu Boko dengan tarif Rp. 45.000.
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di