alexa-tracking

5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb196bde2cf264268b4584/5-hal-seru-dari-tim-jupiter-tni-angkatan-udara
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara

Jakarta, IDN Trims - TNI Angkatan Udara (AU) hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-72. Bertempat di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI yang lainnya pun turut hadir dalam acara tersebut.

Seperti diketahui, rangkaian perayaan hari jadi TNI AU yang ke-72 tersebut telah diselenggarakan sejak Sabtu (07/04) kemarin. Sejumlah atraksi udara dipertontonkan kepada masyarakat di langit Jakarta, khususnya Halim Perdanakusuma.

Atraksi udara yang paling ditunggu-tunggu masyarakat pada setiap gelaran HUT TNI AU tentu saja penampilan akrobatik pesawat udara dari Tim Jupiter yang disetiap pertunjukannya sangat memukau setiap mata yang melihatnya.


1. Sejarah Tim Jupiter
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay



Tim Aerobatik Jupiter TNI AU atau Jupiter Aerobatic Team TNI AU disingkat JAT merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU dalam bentuk Skadron Khusus yang terbentuk sejak tahun 1996. 

Team aerobatic ini menggunakan nama “JUPITER” sebagai ‘call sign’ (panggilan) para Instruktur Terbang TNI AU. Semua anggota dari JAT adalah instruktur terbang. 

Awalnya, tim ini hanya menggunakan 4 pesawat model Hawk MK-53. Namun, Jupiter Aerobatik Team sempat vakum sejak tahun 2002 dan mulai muncul kembali ke udara tahun 2008 dengan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel yang berjumlah 8 buah. 

Pertunjukkan pertama di depan masyarakat umum dilakukan pada 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan yang kedua di Jakarta pada bulan November 2008. Sebanyak 8 pesawat latih KT-1B dicat dengan warna Merah-Putih, menjadi ciri khas tim ini. 

Baca juga: 13 Fakta dari Tragedi Jatuhnya Pesawat TNI AU di Malang


2. Pernah mengalami kecelakaan di Malaysia
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay



Tim Jupiter TNI AU pernah mengalami kecelakaan di Langkawi, Malaysia. Salah satu pilot yang mengalami kecelakaan adalah Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Adi Sutjipto, Yogyakarta, Marsekal Pertama Yadi Indrayadi Sutanandika.

Kecelakaan terjadi dalam latihan untuk mengikuti Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA). Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena sayap dua pesawat itu bersenggolan di udara, kemudian meluncur ke darat. Pilot sempat keluar dengan menggunakan kursi pelontar.

Akibat insiden ini, latihan seluruh peserta dihentikan sementara. Agenda tahunan di bidang kemaritiman dan kedirgantaraan ini dihelat pada 17 - 21 Maret 2015.


3. Baru mengikuti Singapore Air Show 2018
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
gardanasional.id



JAT baru saja menunjukan kehebatannya di langit negara tetangga dalam ajang tahunan Singapore Air Show 2018 pada 5-9 Februari 2018 lalu.

Pada kesempatan itu, The Jupiters mengirim tujuh pesawat yang akan berlaga untuk menghiasi langit negara singa tersebut.

Misi utama Indonesia mengikuti acara tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada dunia internasional tentang kemampuan tim aerobatik TNI AU sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia memiliki putra-putra yang tidak kalah bersaing dalam kancah kedirgantaraan dunia.

Formasi The Jupiter dipimpin oleh Leader Letkol Pnb MH Khiza "Razor" atau sebagai Jupiter 1 Right Wing Man atau sebagai Jupiter 2 adalah Idam Ghodam Satria. Sebagai Left Wingman Dika "Kingkong" Mahendra, posisi Slot Iwan "Gobang" Setiawan, Lead Syncro Marcell "Liger", dan Syncro diduduki oleh Frando "Fennec" Marpaung.


4. Manuver andalan Tim Jupiter
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
gardanasional.id



JAT dalam setiap kesempatannya selalu menunjukan manuver-manuver akrobatik menarik yang dapat membuat penontonnya berdecak kagum. JAT memiliki dua manuver terbang yaitu High Show apabila kondisi cuaca di udara sangat baik dan Low Show.

Pada manuver High Show Tim JAT akan membentuk formasi aerobatik secara vertikal seperti manuver Jupiter Roll, Loop, Clover Leaf, Vulcan & Leader Benefit, Loop & Break Off, Tanggo to Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back dan Loop and Boom Burst. 

Sedangkan manuver Low Show meliputi Jupiter Roll, Hi “G” Turn, Vulcan & Leader Benefit Pass, Break Off, Jupiter Wheel, Tanggo to Diamond Pass, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Knife Edge, Five Card Pass, Jupiter Roll Back dan Boom Burst. 


5. Selalu tampil dalam Perayaan HUT TNI dan Negara Republik Indonesia
5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara
gardanasional.id



JAT yang merupakan tim andalan dari TNI AU ini selalu ditunggu-tunggu kehadirannya di setiap momen hari besar di Indonesia.

Tercatat semenjak lahirnya JAT pada 1996 lalu, meskipun sempat vakum dan aktif kembali pada tahun 2008. Tim ini selalu berkesempatan untuk ikut menyemarakan perayaan hari besar Seperti HUT RI setiap tahun.

Tidak hanya perayaan HUT RI saja, JAT yang juga merupakan bagian dari TNI juga selalu menunjukan kemampuannya setiap HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

Baca juga: Ini 9 Kicauan Twitter TNI AU yang Bikin Kamu Ngakak Terpingkal-pingkal

 

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara E-KTP Belum Jadi? Sekarang Urus Gak Perlu Pakai Surat Keterangan dan Sejam Jadi

- 5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara IDI Gandeng Intelijen Selidiki Kebocoran Surat MKEK

- 5 Hal Seru dari Tim Jupiter TNI Angkatan Udara Pembunuh Pensiunan TNI AL di Pondok Labu Masih Misterius

×