alexa-tracking

Tips Interview Kerja dan Cara Menjawab Pertanyaan Interwiew

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb0f7ddac13e76268b4568/tips-interview-kerja-dan-cara-menjawab-pertanyaan-interwiew
Tips Interview Kerja dan Cara Menjawab Pertanyaan Interwiew
Saat baru pertama kali melamar pekerjaan tentu merupakan saat-saat yang membuat anda selalu tegang. Seringnya anda pasti takut apakah kualifikasi kita sesuai atau tidak dengan yang di inginkan perusahaan. Kemudian datang pertanyaan kira-kira apa saja yang akan ditanya pada saat interview nanti. Sudah pasti semua pelamar kerja berharap bisa lolos sesi interview dengan mudah dan bisa bergabung dengan perusahaan. Nah, untuk itu kami mencoba memberikan tips interview kerja dan dan cara menjawab interview yang kadang menjebak dalam situasi tes wawancara kerja.

Gambarkan Diri Anda

Apa yang ada terlintas di pikiran Anda saat HRD bertanya mengenai diri anda? Apakah tentang hal positif atau negatif? Perlu di pahami, pertanyaan ini bermaksud untuk mengetahui kepribadian dasar Anda. Kepribadian seseorang pekerja adalah sisi terutama untuk perusahaan. Calon pekerja yang memiliki ciri-khas kuat pastinya juga akan menarik untuk perusahaan.
Karenanya cobalah pastikan 3 ciri-khas yang memanglah sesuai sama pekerjaan yang menginginkan anda lamar. Bila anda menginginkan jadi seles, beri ciri-khas yang memanglah ada sangkut pautnya dengan sales, seperti pintar bercakap, yakin diri serta tidak mudah menyerah. Janganlah memberi sikap yang demikian sebaliknya.

Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

Tipe Pertanyaan ini cukup penting dan wajib di ketahui oleh anda, karena anda wajib mengetahui profil tempat yang ingin anda lamar. Sehingga biasanya HRD akan bertanya seberapa kenal kah anda dengan perusahaan itu.

Dalam tips interview kerja yaitu, pastikan anda memberikan penilaian positive mengenai perusahaan itu. Jangan pernah membandingkan dengan perusahaan tempat anda bekerja dulu. Ceritakan kalau perusahaan yang sekarang dilamar ini memiliki keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk masuk. Hal ini dapat akan menciptakan keyakinan bagi perusahaan untuk mau menerima anda.

Mengapa Tertarik Bergabung?

Kebanyakan orang pasti akan menjawab suasana kerja yang lebih menyenangkan dan gaji yang di atas UMR dengan segala macam fasilitasnya. Jangan terjebak! Pertanyaan ini merupakan cara perusahaan untuk mencari motivasi yang sesungguhnya dari diri anda. Jika anda menjawab seperti itu, berarti memang motivasi kerja anda ingin mendapatkan gaji yang tinggi dan kenyamanan, bukan mau berkarya dan menjadi pribadi yang loyal ke perusahaan. Karenanya oleh sebab itu pastikan jawaban yang anda berikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi sampai anda menceritakan mengenai ketidaknyamanan di perusahaan sebelumnya.

Saat tes wawancara kerja Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan yang baik. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih lagi dalam menyalurkan bakat dan potensi. Atau bahwa pekerjaan yang anda jalani dulu tak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Pastikan bahwa alasan anda bergabung karena ingin berbuat lebih untuk perusahaan.

Prestasi Apa yang Telah Diraih Dalam Karier?

Masih wajar jika setiap perusahaan ingin calon karyawan yang terbaik. Oleh sebab itu perusahaan biasanya ingin mengetahui prestasi di tempat anda bekerja dulu. Sehingga perusahaan bisa dengan percaya diri bila ingin menargetkan sesuatu yang berhubungan dengan prestasi anda.
Untuk menjawab pertanyaan ini, sebisa mungkin menjelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang telah di kerjakan di perusahaan lama. Berikan contoh prestasi yang sudah diraih diperusahaan lama. Buktikan pada perusahaan bahwa anda layak untuk di terima

Jelaskan Rencana Anda ke Depan!

Pertanyaan ini untuk mengentahui seberapa lama anda akan menetap di perushaan jika memang sudah di terima nanti. Perusahan tidak mau menerima karyawan yang hanya menjadi ‘’kutu loncat’’ yaitu karyawan yang sedang berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini berkaitan dengan rahasia perusahaan. Sebab biasanya ada rahasia perusahaan yang sengaja di amanatkan ke satu karyawan. Jika karyawan itu keluar, otomatis dia juga akan membawa rahasia itu.
Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk tujuan jangka Panjang anda disana. Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana kedepannya. Jawablah dengan baik dan pikirkan dengan siap. Jangan sampai menjawab seadanya.

Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar!

Penting sekali untuk mengetahui posisi yang akan dilamar nanti. Sebab hal ini berkaitan dengan pekerjaan di perusahaan tersebut di kemudian hari. Perusahaan pasti tidak mau mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya nanti. Karena hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama untuk traning dan sebagainya.
Oleh karenanya, pastikan anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang ingin anda kerjakan. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Terlalu Berpengalaman

Jangan terjebak dengan pertanyaan ini. Biasanya tipe pertanyaan ini keluar untuk menguji kepribadian Anda. Karena bisa saja Anda terjebak dan menjawab dengan sombong. Oleh karenanya, usahakan anda menjawab dengan bijaksana. Tetap rendah hati dan ucapkan terima kasih atas pujian tersebut.  Jangan sampai sikap sombong dan cepat puas terlihat oleh si pewawancara. Biasanya perusahaan segan mempekerjakan pegawai yang sombong. Karena sikap tersebut dapat menyusahkan untuk bekerjasama dengan pegawai-pegawai yang lainnya.

Mengapa Berhenti?

Dalam tes wawancara kerja, selalu kit ajumpai jenis pertanyaan ini. Karena dari jawaban anda perusahaan dapat menilai kepribadian dan tujuan Anda bekerja. Karena serinignya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat dekat dengan karakter dan watak aslinya. Jika alasannya karena tidak suka denga atasan, bisa jadi karena watak aslinya dengki dengan seseorang. Saat alasan karena sering telat, bisa saja watak dan sifatnya dia pemalas.
Oleh karenanya hindari menyebutkan problem pribadi sebagai alasan anda berhenti bekerja. Carilah alasan yang terlihat profesional. Pastikan juga bukan oleh karena konflik atau pertengkaran. Carilah alasan yang mencerminkan anda ingin berkembang lebih dari sekarang.

Apa Pendapat Tentang Lembur?

Meski diperusahaan itu tak ada lembur, pasti pertanyaan ini selalu keluar. Jenis pertanyaan Ini merupakan pertanyaan untuk mengetahui komitmen dan keseriusan. Oleh karenanya pastikan anda menjawab dengan sesuai. Tidak berlebihan namun juga tidak kurang.
Katakanlah anda bersiap untu bekerja lembur jika memang ada pekerjaan yang harus selesai hari itu juga. Namun jangan terlalu berlebihan, bahwa anda mengatakan siap untuk lembur sampai jam berapapun. Pastinya perusahaan akan menganggap hal itu sebagai basa basi.

Berapa Gaji yang Diinginkan?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sulit untuk di jawab. Serba salah.
Oleh karenanya ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan tempat anda melamar. Anda bisa memperhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman anda dan tingkat kesulitan pekerjaan nantinya. Kepribadian seseorang pekerja adalah sisi terutama untuk perusahaan. Calon pekerja yang memiliki ciri-khas kuat pastinya juga akan menarik untuk perusahaan.
Karenanya cobalah pastikan 3 ciri-khas yang memanglah sesuai sama pekerjaan yang menginginkan anda lamar. Bila anda menginginkan jadi seles, beri ciri-khas yang memanglah ada sangkut pautnya dengan sales, seperti pintar bercakap, yakin diri serta tidak mudah menyerah. Janganlah memberi sikap yang demikian sebaliknya.


Demikian lah tips interview kerja dan cara menjawab interview. Semoga bisa bermanfaat buat anda yang ingin bekerja.

Artikel ini di adabtasi dari artikel di Hollago 
Temukan artikel menarik lainnya tentang karier, salah satunya Contoh usaha Dengan Modal KecilTips Interview Kerja dan Cara Menjawab Pertanyaan Interwiew