alexa-tracking

Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb0be69a0951ec798b4567/rapor-merah-tenaga-kerja-indonesia
icon-hot-thread
Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!
Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!


Seperti judul yang agan baca, thread ini akan membahas tentang TKI Sang Pahlawan Devisa Indonesia yang berjuang walau tak jarang nyawa jadi taruhannya. tanpa berpanjang lebar, mari mulai thread ini!



Spoiler for intro!:


Semoga dengan thread ini bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Jikalau berkenan boleh di share ke social media ya Gan. emoticon-Jempolemoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)


Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!

Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!

Tenaga Kerja Indonesia atau TKI adalah profesi yang bisa dibilang menggiurkan dari segi finansial. Pasalnya, dengan bermodal mengurus pekerjaan rumah tangga, seorang TKI bisa mendapat penghasilan lebih tinggi dari mereka yang melakukan hal yang sama di Indonesia. Tak perlu menempuh pendidikan yang tinggi untuk mendapat penghasilan yang tinggi. Pun peluangnya cukup besar. Cukup banyak yang membutuhkan TKI kita untuk membantu meringankan pekerjaan mereka.


Namun, dibalik penghasilan yang menggiurkan tersebut, ada harga yang harus dibayar. Dan dapat dipastikan tidak murah. Selain rasa rindu kampung halaman, keluarga, serta orang-orang tercinta, beberapa diantara pahlawan devisa kita ada yang harus membayarnya dengan pelecehan, kekerasan yang dialami, atau bahkan membayarnya dengan nyawa.


Namun, pantaskah demikian?


Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang menjadi lembaga berfokus pada tenaga kerja Indonesia sendiri telah menerima 2.949 aduan kasus selama periode Januari - Agustus 2017 dengan 10 besar negara penampatan yang paling banyak mendapat aduan kasus:



Spoiler for "10 Negara dengan aduan kasus paling banyak":


Tidak hanya itu, yang menyedihkan, saat ini sekitar 8 TKI di Arab Saudi sedang menunggu untuk mendapatkan hukuman mati dengan berbagai tuduhan


Spoiler for "TKI Menunggu Hukuman Mati!":



Menanggapi hal ini kira-kira apa sih yang bisa dilakukan para TKI kita?  Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo menyebutkan sejumlah hal yang perlu dilakukan pemerintah. Misalnya, pemerintah perlu memberikan hak untuk bebas berorganisasi bagi Tenaga Kerja Indonesia. Wahyu juga mengusulkan adanya daftar hitam para majikan yang terindikasi dengan tindakan kekerasan agar TKI tidak mendapatkan perlakuan yang keji. Selain itu, menurut Wahyu, banyak MoU tentang migran yang perlu direvisi. Seperti standar upah layak, adanya hari libur hingga adanya evaluasi terhadap implentasi MoU yang berkala.


Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!


Untuk para Tenaga Kerja Indonesia, setidaknya ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko pekerjaan. Diantaranya:


1. Jadilah TKI yang legal!

Ini membantu para TKI untuk lebih tenang dalam menjalankan pekerjaan. Pasalnya, legal atau tidaknya seorang TKI berpengaruh pada pertolongan saat TKI ini tertimpa kasus. Akan mempermudah badan negara untuk menolong TKI tersebut.


2. Tetap berkomunikasi dengan sesama TKI lainnya.

Komunikasi sangatlah penting. Karena dengan komunikasi membuat sesama TKI mengerti tentang kondisi dan mudah untuk menjaga satu sama lain.


3. Jaga hubungan baik dengan lembaga pemerintah di negeri tujuan masing-masing.


Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!


Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!

Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!


Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!

Mari dukung keadilan bagi Tenaga Kerja Indonesia!



Spoiler for Sumur!:


Huaaaa, tragis banget Gan. Ini beneran udah ada yang nunggu di eksekusi? emoticon-Sorry
Jangan lagi gan. semoga gak ada lagi yang kena musibah di negeri orang. kasihan kalau lagi cari rezeki tetiba dapet musibah. jauh dari keluarga lg..
KASKUS Ads
Semoga thread ini sampai ke pemerintah gan. Ke Pak Jokowi, Pak Prabowo, atau siapapun itu yang bisa bantu masalah ini. Aamiin!
who cares with tki?

sekarang jamannya impor babu dari cinak emoticon-Ngakak

Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!
Kalau di Indonesia banyak lapangan kerja, pasti gak akan ada yang kayak gini! emoticon-Mad
image-url-apps
Belajar lagi, biar rapotnya ga merah.
Yg dateng ke negara itu kan jg banyak.. jutaan..
Dari jutaan, yah adalah yg emang asal berangkat, ga berpendidikan, dan segala kekurangan lainnya.
Namanya pendatang (apalagi ga berskill) jelas jadi warga negara kelas terakhir. Beda ya sama tki tenaga ahli. Kl yg namanya jadi babu ya ga dimana sulit.
Quote:


Waduh.. ini isu udah lama gan. tapi entah kenapa kurang kedengeran.
Quote:


Segimanapun sulitnya, menurut ane gak boleh gan mendapat perlakuan yang gak seharusnya!
Quote:


Serius Gan. Itu ane kasih sumur thread nya. liat dulu deh Gan.
Quote:


Lah.. tuntutannya pembunuhan tuh.. kl tuduhannya membunuh jd mau gimana? Kalo ada bule bunuh indon jg indon marah..
Deg-degan aku bacanya. Gimana rasanya jadi keluarganya ya?
Quote:


Ngerti juragan qu, tapi waktu baca dan denger wawancara yang dilakuin, beberapa diantara mereka cuma jadi korban. dituduh gitu. pengakuannya langsung dari TKI nya sendiri. tapi karena gak ada saksi, jadi mereka gak bisa buat apa2. pun badan pemerinta juga gak bisa buat apa2.
Quote:


Aamin Gan. Semoga cepet belajarnya. Biar gak kelamaan merahnya!
image-url-apps
Quote:


Amin gan.. segera ya.
Quote:


Ya mungkin aja.. namanya jg pembelaan.. yg jelas mereka ga bisa bela diri karena keterbatasan bahasa, warga negara kelas akhir (pendatang, sukur2 ga haram), dan belum lagi jenis kerjaannya mgk jg yg paling bawahan.. ya nasib..

Untungnya itu ga selalu terjadi.. paling enggak kpd rekan2nya yg memang lebih cerdik dan siap tinggal di perantauan sbg warga kelas tiga.. Makanya kl mau merantau musti bawa bekal.. Yg kasihan itu yg tkw2 dgn ilmu kurang.. ga us di LN, di jakarta aja bisa kena tindes.
Quote:


Siap Gan! Ditungguin. Semoga secepatnya.emoticon-Shakehand2
Quote:


Sepakat. Yang paling penting memang mesti bawa bekal sebelum merantau. Semoga lah gan yang beginian bisa berkurang. karena "bekal" sebelum merantau harusnya gak cuma dipersiapkan sendiri. sukur2 nanti ada lembaganya yang khusus ditugasin untuk kasih standar "bekal" yang harus dicapai sebelum berangkat. biar bisa lebih jaga diri.
Gembok Gan!

Rapor Merah Tenaga Kerja Indonesia!

Semoga gak ada lagi hal negatif ttg TKI!
×