alexa-tracking

Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acafd19a09a3954708b4569/mengenal-quotterapi-cuci-otakquot--digital-substraction-angiography-dsa
Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)
Sebagai seorang pelajar yang sedang menyelami ilmu biomedical engineering yang terfokus pada otak, kasus-kasus terkait selalu membuat ane tertarik. Siang ini (waktu Jepang) saat ane sedang membaca jurnal ilmiah, ada pemberitahuan dari salah satu portal news Indonesia tentang metode terapi cuci otak.
Sebenarnya ini pertama kalinya ane mengetahui metode invasive Digital Substraction angiography (DSA)  ini, maklum karena metode yang ane pake dalam riset tentang otak adalah metode non-invasive. (apa itu metode non invasive? simplenya adalah metode tanpa melakukan injeksi/pembedahan) . Jadi berita yang lagi anget tentang salah satu dokter di Indonesia ini membuka wawasan baru bagi ane dalam dunia neuroimaging.
Sudah jadi suatu reflek bagi ane bila ada berita dalam dunia kesehatan langsung melakukan penelusuran di pubmed.com. Buat kalian yang gak familiar dengan pubmed.com. website tersebut adalah perpustakaan di dunia kesehatan Amerika serikat dalam wadah dunia maya. Nah beginilah hasil penelusuran singkat ane :
Spoiler for "Penelitian perdana tentang DSA":


Berdasarkan hasil penelusuran di pubmed.com, terdapat 57 penelitian yang berkaitan dengan DSA
Spoiler for "Penelitian DSA berdasarkan pubmed.com":


Jadi, sebenarnya apa sih Digital Substraction angiography (DSA) yang disebut juga sebagai metode cuci otak? Dari artikel yang ane baca [1] DSA ini adalah teknik pencitraan yang berguna untuk memberikan peningkatan citra  (gambar, iye ini bahasa teknis banget, anak elektro telkom biasanya awam dengan kata "citra" ) yang tujuannya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik daripada metode tradisional.
Bedanya ama metode Angiography tradisional apaan gan?
Pada metode tradisional (pake fluoroscopy) citra gambar diperoleh dengan mengekspos area yang dijadikan target sambil menyuntikkan kontras media ke dalam pembuluh darah. Dari proses ini ga cuma pembuluh darah yang tertampilkan, tapi juga struktur lain yang menimpa pembuluh darah itu. Sehingga metode ini tidak akurat.

Nah untuk mendapatkan citra pembuluh darah doang,  dilakukan pencitraan ketika area sebelum disuntikkan "media kontras" dan juga setelah disuntikkan kontras, lalu hasil dari keduanya dikurangi, lalu muncullah hasil akhirnya. Nah metode inilah yang dinamakan digital substraction angiography. Moga agan-agan paham lah ya, soalnya ini terjemahan dan pemahaman ane. hihihi
Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)

Spoiler for "Cerebral angiography":



Jadi pada umumnya DSA digunakan untuk melakukan pecitraan pembuluh darah. Sebagai alat diagnosis.

Namun dapatkah metode ini dijadikan untuk terapi?
Bentar- bentar... apa sih definisi terapi?


 ane gak bisa bilang banyak gan, berhubung ane baru tau teknologi ini. Mungkin kalau ada dokter spesialis di sini bisa kasih pencerahan ke kita-kita.

artikel juga dipublish di
Quote:


Spoiler for Referensi:

image-url-apps
Aiiih... Ngeri banget cuci otak...
emoticon-Takut
image-url-apps
nitip sempak bentar bre. entar ane balik lagi
KASKUS Ads
pake detergen apa nggak gan emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Kurang begitu paham sama penjelasannya emoticon-Embarrassment

Pertanyaan:
Kalau terapi cuci otak itu benar-benar menyembuhkan atau hanya sekedar sugesti biar pasiennya mikir dia sembuh?

Maksudnya seperti orang percaya kalau dirinya ganteng tapi kenyataannya sebaliknya.
image-url-apps
bisa aja tih caranya cuci otak
image-url-apps
ada banyak gituan di indon buoskuh, pakai aja alat2 yang sederhana

Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)
image-url-apps
Quote:


placebo efek istilah nya gan. jadi di sini ane lebih jelasin ke apa sih itu DSA, di pernyataan terakhir ane bilang lagi bahwa ini adalah metode pecintraan otak untuk jadi alat bantuan diagnosis.. lah emang diagnosis sama terapi sama? ane ga berani bilang langsung, tapi analogi gampangnya gini. kita pake pena buat nulis. tapi apakah mungkin karena pena, tulisan kita bisa jadi lebih bagus?
image-url-apps
Quote:


maksudnya gimana gan?
image-url-apps
pake ga eaa
image-url-apps
Quote:


emoticon-Jempol
image-url-apps
Quote:


netijen sih yang pake istilah ini
image-url-apps
Gan pd DSA emang pake heparin?
Apa dr. Terawan melakukan modifikasi teknik DSA ini?
Sehingga yg tadi'y alat diagnosis bisa ditingkatkan fungsi menjadi alat terapi?
image-url-apps
Quote:


Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)
Mengenal "Terapi Cuci Otak" Digital Substraction angiography (DSA)


Penelitian tahun 2004 tentang peggunaan heparin
image-url-apps
Quote:


Netizen memang wow deh...
emoticon-Wow
image-url-apps
cuci otak, bisa pake BPJS nggak ya..
penasaran mau cb
Quote:

Tahun 2015 , katanya sih diusahakan gan
http://www.republika.co.id/berita/ko...daftar-di-bpjs

anyway di artikel ini menyebutkas DSA sebagai alat deteksi.... jadi curiga , jangan jangan ada penyalahan penggunaan kata dari beberapa media sehingga bilang ini untuk terapi
×