alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acaf35ae0522727328b4567/cara-menanam-toge-untuk-konsumsi-sendiri

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri



Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Siapa sih yang tidak tahu dengan toge, pastinya kata itu bukan singkatan dari kata mesum ya, namun merupakan sayuran yang biasa kita makan. Dengan rasa yang nikmat dengan bumbu rempah khas nusantara togepun menjadi makanan favorit khas nusantara.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Toge sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memang dimanfaatkan sebagai bahan pangan bahkan juga digolongkan sebagai jenis sayuran. Toge bisa di beli dimana saja, karena memang mudah ditemui di pasar tradisional hingga pasar modern mengingat peminatnya yang cukup banyak selain harganya yang murah serta dapat diaplikasikan di berbagai jenis masakan.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Berbagai macam varian masakan toge, memang mengundang selera maklum saja toge dapat dimasak dengan cara digoreng, direbus, maupun hanya sebagai menu pelengkap makanan yang lain. Bahkan nilai gizinya juga cukup tinggi, karena toge memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, dan vitamin C yang cukup tinggi. Tak hanya itu, toge juga mengandung vitamin E, kaya asam folat, dan rendah kalori, yang tentunya baik bagi tubuh kita, toge sendiri berasal dari jenis biji-bijian atau kacang-kacangan yang baru saja tumbuh dari tahap embrionik menjadi spora. Spora merupakan satu atau lebih sel yang dibungkus dengan lapisan pelindung. Biasanya di masyarakat untuk membuat toge bisa memakai kacang hijau dan kacang kedelai, namun untuk rasa toge dari kacang kedelai agak sedikit lebih pahit.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Nah sekarang yuk kita tanam toge di rumah, caranya cukup mudah kok pertama kalian siapkan wadah untuk menanamnya, gunakan baki yang berjaring atau berlubang dan juga baki yang tak berlubang untuk menampung air, kemudian kain strimin dan flanel.

Kemudian pilih biji yang hendak dijadikan toge, bisa berupa kacang hijau maupun kacang kedelai. Jangan lupa rendam selama 24 jam biji tersebut dalam air, kemudian pilihlah yang tenggelam jangan yang mengambang dari biji-bijian tadi.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Kemudian berikutnya tumpuk kedua wadah yang berbeda, dengan wadah yang dibawah diberikan air, wadah yang atas yang berlubang diberikan kain strimin tadi, kemudian kain flanel yang basah diatasnya. Barulah tebar biji-bijian itu secara merata, kemudian wadah tersebut jangan sampai terkena matahari langsung. Nanti toge yang dihasilkan akan berwarna merah, tak menarik untuk di konsumsi atau dijual biasanya.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

Nah diamkan bibit toge selama 3 hari dengan disiram air dua kali sehari, hingga sampailah hari keempat toge pun sudah bisa kita panen. Nah dengan cara diatas kita bisa menanam toge secara mandiri, jadi tidak perlu repot lagi ke pasar bukan ? Bagaimana menurut kalian semoga info ini berguna dan bermanfaat untuk kalian yang ingin mencobanya di rumah, jangan ragu untuk mencoba ya gan bila toge membusuk ada yang kurang tepat dalam media tanamnya bisa dicoba lagi dan jangan takut gagal.

Sebelum menanam toge, nikmatnya ditemani dengan secangkir kopi. Seruupuutt dolo gan..

emoticon-coffee

By c4punk@2018

Diubah oleh c4punk1950...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Pertamax.
Toge apa bray?
Spoiler for TOGEMON:
Diubah oleh ora.w4r45
astoge
setelah saya baca dengan cermat, jadi kesimpulan saya begini...

toge ane jutaan malahan.. leh uga

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
Quote:


halaaaaaaaaaaaaah togemu amis buoskuh

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
togeek apaan neh emoticon-Entahlah
Quote:


setelah saya baca dengan cermat, jadi kesimpulan saya begini...

lha tapi jarene seng wes tau njajal enak lho bos emoticon-Big Grin amis amis lezat, berprotein tinggi malahan, iwak sapi e kalah lho hahahahahahahahahaha...

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
ane suka togeemoticon-Genitemoticon-Genit
Quote:


Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

nyoh nggo mbak gillan wae buoskuh
tauge bray emoticon-Big Grin
dulu waktu sekolah suruh bikin kyk gini nih pk kapas emoticon-Ngacir
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kirain toge kenyel2 empuk emoticon-Embarrassment
mendengar kata toge ... otak gue kemana - mana emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
ini sebenarnya bisa jadi bisnis yg menguntungkan bray
taro harga 1kg kacang ijo 22ribu, kalo dibikin tauge bisa jadi 5-7kg. harga tauge 7-8rb/kg, kalo diambil minimalnya 1kg 5*7000=3500 -22000, dari 1kg untung 8ribu (minimal) emoticon-Big Grin kalo maksimal bisa setengah dari modal, kebayang perhari 1kwintal, kan mantaps . keliatannya perawatan juga gak ribet amat yak
Kirain toge yang di dada Gan...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
dulu waktu sd sering tanem di gelas plastik emoticon-Big Grin
Medianya kapas doang. Terus masukin ke gelas nya yg udah dibolongin bawahnya.
Taro deh kacangnya.
Pasti tumbuh emoticon-Big Grin

Spoiler for bonus toge:
Diubah oleh eggnostick
kirain toge yang entuh... emoticon-Ngacir
Kayak praktek ilmiah waktu SD.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri
Diubah oleh rausanvikri
ane pernah, cabe juga pernah 😆
ane sukanya toge yang laen emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di