alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?
4.83 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acad9f3529a45d3638b4573/benarkah-pertamax-pertalite-tidak-cocok-buat-motor-non-injeksi

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?

Beberapa waktu yang lalu saya mau ngisi bahan bakar kendaraan. Saya mencari Premium, karena biasanya harganya lebih murah dibanding Pertamax atau Pertalite. Beberapa pengecer saya temukan di tepi jalan, namun stok Premium selalu kosong. Akhirnya saya menemukan penjual Premium, namun harganya Rp.10 ribu per liter. Sedangkan Pertamax harganya juga Rp.10.000,- dan Pertalite Rp.9K.

Saya pikir, bodoh amat kalo saya beli Premium. Mending beli Pertamax yang harganya sama, atau Pertalite yang lebih murah. Akhirnya saya pilih Pertalite saja. Sesaat kemudian datang pengendara lain yang juga mau beli bahan bakar. Ia memilih Premium.
Quote:

Saya tak bisa mendebat pendapatnya itu, selain karena tak punya pengetahuan tentang itu, kami juga harus meneruskan perjalanan masing-masing. Yang saya tahu, Pertamax dan Pertalite itu lebih baik dari Premium, karena memiliki Oktan yang lebih tinggi, dan harganya pun lebih mahal (harga SPBU).

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?
Tribunnews.com

Saya juga pake motor non injeksi. Karena itu, iseng-iseng saya mengukur pemakaian bahan bakar Pertalite. Kalo pake Premium, biasanya satu liter cukup untuk menempuh jarak sekitar 35 kilometer. Eh ternyata, entah pengukuran saya yang tidak akurat, 1 liter Pertalite habis untuk perjalanan sekitar 30 km saja. Jadi benar kata Bapak itu, bahwa Pertalite lebih boros. Namun saya tidak merasakan mesin tidak stabil. Sedangkan slogan di SPBU menuliskan: “Pertalite lebih hemat dan tarikan lebih spontan”. Apakah ini hanya berlaku untuk motor injeksi?

Di lain waktu saya mencoba membersihkan perangkat yang ber-oli. Saya rendam benda itu di Pertalite. Eh sekitar 10 menit, oli tetap nempel di benda itu. Kalo pake Premium, biasanya sekitar 2 menit saja, oli sudah terurai dan larut. Entah itu memang sifat Pertalite atau ada faktor lain, saya tidak tahu.

Akhirnya saya tanya-tanya pada mekanik bengkel. Bukan bengkel resmi semisal Ahass sih, tapi bengkel yang biasa ada di tepi jalan.
Quote:

Saya hanya mendengarkan karena tak punya ilmu dan pengalaman tentang itu. Jadi, saya tidak bisa membenarkan atau menyalahkan pendapatnya. Saya juga tidak bisa menyimpulkan benar tidaknya bahwa Pertamax dan Pertalite tidak cocok buat motor non injeksi.

Karena itu, di sini saya ingin mendapat masukan dari Agan dan Sista semua tentang hal ini, sehingga permasalahan ini bisa terjawab secara pasti. Terima kasih.(*)
Diolah berdasarkan pengalaman sendiri.

Quote:
Diubah oleh Aboeyy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
nyimak dulu, sambil nunggu penjelasan lain
sesuaikan dgn kompresi aja
btw ga punya motor, digondol maling
emoticon-Frown
ga paham motor saya gan
aku nggo premium wae, gagal pertamax soale

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?
oke deh bray
Diubah oleh pakusmanjahat
Ada gak sih pertamax bekas
Kan ada tuh oli bekas
Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?
setelah saya baca dengan cermat, jadi kesimpulan saya begini...

sengo sengo penting mlaku.. leh uga

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?
sebenarnya semakin tinggi bilangan oktan semakin tahan knocking di suhu tinggi
gitu doang
apa itu knocking/pinging?
pertama agan harus tau dulu proses pembakaranan pada mesin bensin 4tak
Diubah oleh bayukhalifa
coba agan buka buku manual motor agan atau coba googling motor standar agan brapa kompresinya, nah sesuaikan sama tabel di bawah buat pemakaian bensinnya trus cek oktan bensin yg sesuai sama tabelnya

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?

Benarkah Pertamax/Pertalite Tidak Cocok Buat Motor Non Injeksi?

semoga membantu n agan gak bingung lagi
Ga punya ilmu juga di bagian ini. Yang penting. Ngga ngantri pas ngisi gan kalo ane mah emoticon-cystg
baiknya klo non injeksi bilangan oktan paling tinggi setara pertalite..dihitung nilai kompresi mesin kendaraannya, kan dibuku manual kendaraan bs diliat, paling cocok utk bahan bakar dgn bilangan oktan bro
ane juga kagak punya ilmu soal permotoran meski ane pengendara sepeda motor, karena topiknya menarik ane datang untuk meminyak, btw yang di gambar ts itu megang kertas bisa diinjeksi juga? eeehhh.... emoticon-Hammer (S)
emang bener sih kalo masalah awet, Ane ada 2 motor..
yg injeksi dikasih pertamax, yg non injeksi kasih premium ... emoticon-Ngakak
motor ane dari baru selalu pertamax ... kalau isi premium ngambek
sebenarnya bukan masalah motor karbu or injeksi gan...tapi lebih ke kompresi mesin motor itu sendiri...coba googling motor ente mesin kompresi berapa...trus cek tabel premium, pertalite, pertamax...itu nilai oktannya berapa...cocokin dah...

itu aja...
Quote:


yoi bro, tq infonya. kalo diliat dari tabel di atas, sepertinya motor2 jadul non injeksi memang kurang cocok dgn pertamax/lite, karena kompresinya rendah.

Ane taroh di dlm trid dah komen ente.
Diubah oleh Aboeyy
bli premium trus kasih kapur barus
jadi pertamax emoticon-Ngakak
Quote:


tambahin karbol super wangi bisa jadi avtur lho bray emoticon-Wakaka
Kalo ditambah alkohol 75%, jadi apa Gan? emoticon-Big Grin

Quote:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy
Mobil ane dirumah ngelitik parah + boros kalo pake pertalite
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di