alexa-tracking

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acad11232e2e6a4608b4567/the-raee-stones--uang-paling-greget-dari-lempengan-batu-di-pulau-yap
icon-hot-thread
The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.
_FELLGREY OFFICIAL THREAD_
The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : Uang super greget dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.


Gansis pernah kebayang ga kalo mata uang yang kita pake itu bentuknya super besar dan berat?
apalagi uangnya terbuat dari batu?
gimana ceritanya tuh,semisal mau ke cod-an beli hape kita harus bawa-bawa batu hahahaa...

Tapi,ini ada fakta menarik gan,
tepatnya di pulau yap (daerah kepulauan caroline) yang sekarang bagian negara federasi mikronesia,
nah,disini mata uangnya berbentuk LEMPENGAN BATU YANG CUKUP BESAR DAN BERAT PASTINYA gan... emoticon-Matabelo
kalo gansis kebetulan berada di Pulau Yap ini,percuma bawa koin emas atau perak karena disini begituan pada waktu itu tidak akan bernilai banyak.
faktanya sampai abad ke-19,penduduk Yap memiliki metode pembayaran yang aneh tuh gan.
mereka menggunakan mata uangnya dari beberapa piringan batu bundar yang besar,
mata uang ini biasanya diukir dari batu gamping,
Batu-batu ini,dikenal sebagai Raee Stone,diperoleh dari pertambangan di pulau Palau,dan kemudian diangkut ke pulau Yap. emoticon-Ngakak (S)

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

Stone Raee ada dalam berbagai ukuran gan.
yang terkecil berukuran 7-8 cm,sedangkan yang terbesar berdiameter 3,6 meter dan tebal 0,5 meter.
piringan batu besar ini memiliki berat hingga empat metrik ton.
ukuran dan pengerjaan stone Raee hanyalah sebagian kecil dari nilai aslinya.
faktanya yang membuat batu-batu aneh itu berharga adalah sejarah mereka.
jika banyak orang meninggal ketika batu itu diangkut,atau jika seorang pelaut terkenal membawanya di pulau itu,batu itu dianggap langka,dan karena itu lebih berharga.
semakin banyak cerita di sekitar batu,maka semakin pula nilainya emoticon-Matabelo

Ketika batu tersebut berubah kepemilikan,pemilik baru tidak perlu mengambilnya atau memindahkannya ke lokasi lain secara fisik.
mereka jarang memindahkan batu-batu itu karena risiko kerusakan,dan mungkin karena memindahkan mereka akan lebih mahal daripada nilai satu batu... emoticon-Leh Uga
seluruh pulau adalah dianggap sebuah bank besar,dan semua orang tahu lokasi "uang" mereka disana.
ada juga yang ingin "memamerkan" kekayaan mereka dan menempatkan batu mereka di halaman depan rumah mereka.
sistem keuangan mereka bekerja dengan sangat baik,bahkan jika Batu Raee hilang (jatuh ke dasar laut misalnya),
semua orang setuju bahwa itu masih dianggap ada,
bahkan batu Raee yang hilang atau nyemplung tersebut masih bisa digunakan dalam transaksi... emoticon-Ngakak (S)
transaksi macem apaan nih hahahaa....unik ya gan emoticon-Smilie


Jadi,udah kebayang belum gan kalo kita pake sistem pembayarannya dengan RAEE STONE ini?
pasti seru tuh liatnya,orang-orang pada ngangkatin batu hahahaaa...

btw ada hubungannya sama ade ray ga ya? emoticon-Bingung (S)







The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.

The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.
emoticon-rose Ditunggu Komennya Ya Gansis....emoticon-rose
The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.


The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


"raee stone sesuatu yang unik dari pulau yap"
--------------------------------------
Tulisan : fellgrey
Referensi : vnnnews dan pemikiran pribadi
Pic : google
emoticon-rose
image-url-apps
mata uang segede gini bawanya gimana emoticon-Matabelo



The Raee Stones : UANG Paling GREGET dari lempengan batu di pulau YAP.
image-url-apps
uangnya gede bener emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
baru tau ada mata uang kek bginian emoticon-Big Grin
ntu gk ada nminalnya ya bre
image-url-apps
coba bu dendy ada di jaman itu, "nyoh nyoh nyoh"
sambil lempar duit segede itu
pelakornya jamin modaremoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


gede dan berat gan
repot klo mau beli gorengan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


ga ada nominalnya gan,tergantung cerita dari pembuatannya
semakin banyak yang modar pas bikinnya,maka semakin mahal pula nilainya emoticon-Takut (S)
image-url-apps
Quote:


bu dendinya jg modar gan ketindih ginian emoticon-Leh Uga
image-url-apps
mending miskin dah disonoemoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


njir beli gorengan pake ginian.
dompetnya sgede apaan
kalo ambil tu duit di atm
duitnya langsung meluncur,terus jatuh ke kaki haha
image-url-apps
Quote:


disono aman,nyimpen duit bisa di depan rumah
ga perlu takut ada maling emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
repot djoega sepertinja
image-url-apps
Quote:


segede mobil gan dompetnya emoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:


apalagi kalo atm nya rusak,duitnya jebol keluar semua,bisa modar ditempat :lehga
image-url-apps
Quote:


seperti tinja? emoticon-Bingung
image-url-apps
Quote:


wanjierrrr
image-url-apps
Quote:


waduh parah bener itu
makin banyak yang mati makin tinggi nilainya emoticon-Matabelo
image-url-apps
absurd sih tapi namanya juga udah budaya mereka
image-url-apps
gemvoked emoticon-Cool
×