alexa-tracking

Pemodal Asing Tidak Gunakan Tenaga Lokal, Luhut: Itu Bukan Merendahkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acacc715c7798b5798b4572/pemodal-asing-tidak-gunakan-tenaga-lokal-luhut-itu-bukan-merendahkan
Pemodal Asing Tidak Gunakan Tenaga Lokal, Luhut: Itu Bukan Merendahkan
Jawapos.com - Presiden Joko Widodo telah meneken Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Hadirnya beleid tersebut diharapkan bisa mendukung perekonomian nasional dan perluasan kesempatan kerja melalui investasi.
Terbitnya Perpers itu dinilai dapat mempermudah masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menuturkan dalam hal ini investor memang kesulitan dalam mencari tenaga kerja lokal.
“Memang tenaga kerja lokal itu kita susah. Pendidikan vokasional kita memang kurang, politeknik juga kurang,” kata Luhut dalam acara Rakornas PDI Perjuangan, di Jakarta, Minggu (8/4).
Luhut mengatakan investor kerap mengeluh jika menggunakan tenaga kerja lokal, maka proyek tidak dapat selesai tepat waktu. Hal itu akan menyebabkan kerugian sehingga investasi enggan masuk ke daerah.
“Kalau dia tidak tepat waktu selesai dia rugi,” ungkapnya.
Selanjutnya, Luhut menuturkan, itu merupakan fakta yang ada dimana tenaga kerja lokal memang belum mumpuni dalam menggarap proyek-proyek investasi. “Ada yang bilang wah menko maritim merendahkan tenaga kerja lokal atau orang Indonesia. Bukan merendahkan, tapi faktanya begitu,” ujarnya.
Adanya beleid yang mengatur tentang kemudahan masuknya TKA ini bukan bermaksud untuk meragukan kemampuan tenaga kerja lokal, tetapi memberikan pola.
Dalam hal ini, investor asing dibolehkan untuk menggunakan TKA dalam waktu yang ditentukan. Tetapi selanjutnya, harus tetap menggunakan tenaga kerja lokal.
“Kemarin malam investor yang mau investasi di Morowali Utara sebesar enam miliar dolar datang ke rumah saya. Saya bilang ke mereka, kamu dari sekarang harus mendidik orang lokal untuk menjadi pegawai, mendidik manusianya,” jelas Luhut.
“Maka itu saya kasih pola oke boleh tiga sampai empat tahun dia pakai orang asing tapi setelah tiga hingga empat tahun, mereka harus pakai tenaga kerja lokal. Itu fungsinya, kita cari solusi. Bukan fight the problem,” tukasnya.
(uji/JPC)


https://www.jawapos.com/read/2018/04...an-merendahkan


Udah mirip perdana menteri aja nih yang lain lewat emoticon-Leh Uga
Market cap ke2 terbesar punya Philip morris aja pake tenaga lokal kok, ngawur saja ini emoticon-Ngakak

Ini mah udah jelas pinjaman mainland buat infrastruktur pasti yang ngerjain engineer dan techniciannya dr mainland semua mayoritas emoticon-Leh Uga
tka wakanda terbaek lah hut




Pemodal Asing Tidak Gunakan Tenaga Lokal, Luhut: Itu Bukan Merendahkan




buruh lokal tak akan mau bekerja 12 jam dibayar 8 jam gan emoticon-Smilie
skill dan gak banyak demo tiap taun minta naim gaji
liberal dan kapital, gogogo indonesia emoticon-Ngakak
kerja molor demen demo pula
gitu kan
Dalam hal ini, investor asing dibolehkan untuk menggunakan TKA dalam waktu yang ditentukan. Tetapi selanjutnya, harus tetap menggunakan tenaga kerja lokal.



ongkos pasang kan udah trmasuk harga beli
malah rugi kita kalo gak pakai tenaga kerja mereka (pihak penjual)


Quote:


mgkn sejarah bakal terulang kembali gimana voc nguasai indonesia.
dulu voc datangkan tentara tp kalo skrg mereka pakai senjata hutang.emoticon-Takut
wajar siapa yang mau ngehire tenaga kerja yang kerjanya demo minta naik gaji terus sambil bakar ban dan hobi ngeredit ninja emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Banyak yg ngaskus disini merasa terancam ama TKA dari China, padahal TKA dari tetangganya lebih signifikan naiknya..lebih murah dari bule, bisa cas cis cus and pandai ngomong..u ngaply utk jadi bawahannya..
Quote:


Cina disini cina disana.
betul harus ada transfer teknologi dan pengetahuan
justru peraturan itu terbit sebagai panduan karena selama ini tidak ada peraturan yang mengatur penggunaan tenaga kerja asing

tapi bagi orang yang pendek akal dan tidak mau berpikir pasti ngomongnya itu mempermudah TKA ke indonesia
maklum otak kopong ga sanggup berpikir
ayo nastak jilat yg bersih tainya biar di kasih air kobokan.





emoticon-Big Grin

banyak yang komplain merasa di abaikan ?

kek orang kita pada becus aja kerjanya, budaya malas, budaya suap banyak omong sedikit kerja, udah pasti posisi strategis pasti bawa orang kepercayaan, ngapain hire orang gak jelas yang dikit2 demo & komplain emoticon-Big Grin
Setuju ama pak Luhut, tenaga lokal sekarang mah ampun dah mau nya gaji gede, dekat rumah, weekend libur tapi kerjaan santai. Kalau kerjaan yg pakai target biasanya dihindari
Quote:


dalam manajemen itu ada dikenal kalau gua bisa hire orang dengan cost lebih murah dan lebih berkualitas ketimbang elu dan ga banyak tingkah kenapa gua harus hire elu?
Klo lebih mementingkan tka dari pada rakyat sendiri ya udah, buruh gk usah pilih rezim ini lagi dan ganti presiden.
Quote:


this emoticon-thumbsup
Makanya hidup tuh ngejar elmu biar bisaa bersaing n berguna buat dunia

Kagak ngejaar festa sek doank ..


Quote:



Org lokal aja demen kerja di luar jd TKI
Negara2 tujuan TKI ga keberatan byk tenaga kerja asing di negara mereka

Prinsipnya dimana aja kerja selama pny skill, rajin, ga byk nuntut pst bs diterima

Yg terjadi di indonistan adalah malas dan skill nya cuma nuntut perusahaan ini itu

Bukan cuma weekend minta libur, jam kerja aja bs di korupsi
Datang telat, makan siang pake ngobrol2 di lama2in, pulang lbh awal, dsb
Ga sadar kualitas tp mau jd prioritas

Yg bodoh dan malas akan tersingkirkan seiring perkembangan jaman

emoticon-Traveller