alexa-tracking

Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acac7bdc0d770a56c8b456b/rp18-triliun-dialokasikan-buat-upah-padat-karya
Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya
Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya
Seorang Warga melintas di jalan beton yang dibangun dengan program Dana Desa di Kiarajangkung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (22/3/2018).
Pemerintah mulai menjalankan penyerapan tenaga dan konsumsi masyarakat desa dalam pengelolaan Dana Desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan sebagian dari Dana Desa wajib dialokasikan untuk pembayaran pekerja proyek-proyek terkait Dana Desa.

Hal ini merupakan bagian dari program padat karya tunai (PKT) yang saat ini tengah digenjot pemerintah di wilayah pedesaan.

"Mulai tahun ini 30 persen dari dana desa harus dialokasikan untuk membayar upah pekerja. Dengan begitu, masyarakat ada pendapatan tambahan, daya beli juga meningkat," kata Eko saat berkunjung ke Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Minggu (8/4/2019) seperti dikutip dari Bisnis.com.

Dia menuturkan beberapa program padat karya yang difokuskan antara lain infrastruktur, pertanian, dan pariwisata.

Salah satu proyek yang digarap dengan Dana Desa adalah pembangunan infrastruktur jalur ganda Bogor-Sukabumi.

Ujang (30 tahun) warga Sukabumi yang ikut padat karya, mengaku bisa mengantongi upah Rp3 juta per bulan. "Alhamdulillah, cukup. Sehari saya dibayar Rp100 ribu. Kalau dulu pas dagang, ya, enggak tentu dapatnya berapa," kata mantan pedagang asongan ini seperti dikutip dari Kompas.com.

Dia mengaku, penghasilan dalam proyek rel ganda Bogor-Sukabumi ini lebih besar dibanding saat berdagang asongan.

Mulai tahun ini pemerintahan Joko 'Jokowi' Widodo memang menitik beratkan penggunaan Dana Desa untuk padat karya.

"Saya meminta program pemanfaatan dana desa dan program kementerian yang dikucurkan ke desa dilakukan dengan modal padat karya. Model cash for work," ujar Jokowi, dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (2/11/2017) siang.

Tahun ini, Dana Desa yang disalurkan mencapai Rp60 triliun. Artinya, ada sekitar Rp18 triliun dana yang dialokasikan buat membayar pekerja.

Dengan duit sebanyak ini, tahun lalu Menteri Eko memperkirakan akan menyerap 5,7 juta pekerja. Tapi, upah yang diberikan hanya 80 persen dari standar Upah Minimum Provinsi (UMP).

Alasannya, agar masyarakat desa yang sudah memiliki pekerjaan tetap tidak beralih menjadi pekerja padat karya. "Kalau demikian, berarti kita tidak menciptakan pekerjaan baru, tapi cuma memindahkan orang bekerja," ujarnya seperti dipetik dari financedetik Sabtu (18/11/2018).

Eko berharap, upah yang dibayarkan ini bisa mendongkrak daya beli masyarakat desa hingga lima kali lipat atau hampir Rp100 triliun. "Nah ini yang kita butuhkan, ada daya ungkit baru untuk meningkatkan daya beli di desa-desa," ujarnya.

Sepanjang 4 tahun ini, alokasi Dana Desa dari APBN terus meningkat. Setidaknya pemerintah telah menyalurkan Dana Desa hingga Rp187 triliun untuk percepatan pembangunan desa.

Pada 2015 lalu, dana desa disalurkan sebesar Rp20,7 triliun untuk 74.093 desa. Pada tahun kedua, naik menjadi Rp47 triliun yang disebar di 74.754 desa.

Pada 2017, jumlah ada 74.910 desa yang menerima total Rp60 triliun Dana Desa. Tahun ini dengan jumlah dana yang sama disebarkan buat 74.957 desa.


Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ah-padat-karya

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang

- Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya Rencana pertemuan Puan dan Mas Bowo

- Rp18 triliun dialokasikan buat upah padat karya Jasriadi Saracen divonis karena akses ilegal

image-url-apps
somoga bermanfaat bagi rakyat
×