alexa-tracking

Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acac605de2cf2b47d8b456a/tekan-angka-kemiskinan-kemensos-rekrut-421-peksos
Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos
Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos

JPP, JAKARTA - Kementerian Sosial merekrut 421 Pekerja Sosial (Peksos) Supervisor untuk mengubah pola pikir penerima Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) agar nantinya tidak tergantung pada bantuan tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Limjamsos) Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Minggu (8/4/2018). "Kan kita nggak bisa hanya berlandaskan karitatif, hanya bagi-bagi bansos gitulah tanpa ada sebuah misi, tanpa ada sebuah proses yang mengarah pada perubahan sikap perilaku, menciptakan program yang akhirnya berujung pada ketergantungan dari penerima manfaat”, ucap Harry.

Nantinya menurut Harry, jabatan baru ini akan memberikan pendampingan berupa pembekalan pengetahuan maupun keahlian terhadap Keluarga Penerima Manfaat PKH sehingga nantinya kedepannya keluarga tersebut diharapkan dapat mandiri dan keluar dari zona kemiskinan.

“Ini perlu dirubah mindsetnya, yang merubah mindset dalam konteks sikap dan perilaku mereka mereka harus mau untuk kedepan Mandiri, harus punya motivasi untuk meningkatkan kemandirian mereka karena itu lagi butuh sentuhan profesional," tutur Harry.

Harry mengatakan seluruh Peksos yang yang jumlahnya sekitar 421 orang ini setelah mendapatkan pemantapan bimbingan tentang KPM PKH, akan segera di sebar di setiap Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Di seluruh Indonesia sekarang mungkin seribuan nggak nyampe, sekarang kita baru mampu satu kabupaten minimal satu”, ungkap Harry.

Selain itu pendampingan PKH agar mandiri, nantinya Peksos juga bertugas memberikan pendampingan case management pada KPM PKH, hal itu untuk menekan banyaknya kasus eskploitasi anak karena minimnya tingkat kesejahteraan.

“Harus melakukan cash management, karena banyak kasus yang tidak teratasi dengan tuntas kasus kekerasan terhadap anak kasus eksploitasi kepada anak untuk tetap di jalan ini butuh pendekatan profesional”, ucap Harry. (rri)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...rut-421-peksos

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos KKG Diberdayakan untuk Pacu Kompetensi Guru Madrasah

- Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos Kementerian BUMN Dorong Angkutan Mudik Bus Damri Jaga Keselamatan Penumpang

- Tekan Angka Kemiskinan, Kemensos Rekrut 421 Peksos Menteri LHK Ingatkan Daerah Serius Menangani Masalah Sampah

image-url-apps
lakukan saja yang terbaik