alexa-tracking

Kiai Said: NKRI Dibangun Berdasar Kewarganegaraan Bukan Kewargaagamaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acac0a5a2c06e85628b4568/kiai-said-nkri-dibangun-berdasar-kewarganegaraan-bukan-kewargaagamaan
Kiai Said: NKRI Dibangun Berdasar Kewarganegaraan Bukan Kewargaagamaan
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibangun oleh para nasionalis dan ulama berdasarkan asas kewarganegaraan, bukan berdasarkan asas kewargaagamaan.

"Dengan kata lain, Indonesia adalah negara tamaddun, citizenship, muwathonah," Kata Kiai Said saat memberikan pengarahan pada acara pelantikan pengurus lembaga-lemabag di PCNU Banyumas, Jawa Tengah di Pesantren Al-Ittihad pekan lalu.

Hal tersebut telah disepakati oleh para bapak pendiri bangsa yang plural, seperti Sukarno, KH Wahid Hasyim, Mohamad Hatta, Agus Salim, dan Mohamad Yamin.

"Indonesia didirikan antara lain oleh mereka, para nasionalis yang ulama dan ulama yang nasionalis," jelas Kiai Said.

Nasionalisme di Indonesia dibangun berdasarkan hati dan iman, berbeda dengan nasionalisme di Timur Tengah (Timteng) dan Eropa yang dibangun berdasarkan sekularisme.

"Karena cinta tanah air sebagaian dari iman," tambahnya. Jadi menurut Kiai Said, personal agama dan negara sudah selesai.

"Pancasila ada sebagai pemersatu bangsa, bukan pengganti agama," tegas kiai yang akrab disapa Kang Said itu.

Indonesia dibangun di atas empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI. Sudah final, di bawah empat pilar itu, umat beragama dibebaskan menjalankan kepercayaannya masing-masing.

"Jadi jangan dipertentangkan Islam dan pancasila, kalau masih menolak pancasila silakan hijrah kenegaraan lainnya," tambah Kiai Said.

Bagi yang sepakat dengan NKRI, mari bersama-sama menjaga NKRI, bukan hanya menjaga secara letak geografis saja, tapi juga budaya, akhlak dan moralnya juga harus kita jaga.

https://www.nu.or.id/post/read/87546...kewargaagamaan
betul kali lah itu
buat nasbung, keep coli harder demi tercapai kenikmatan hakiki.
Pemikir islam yg masih waras otaknya.
mungkin dia sudah lelah dengan orang-orang sok agama gitu
setubuh....eh...se7...
Pffhh..
Soekarno membujuk aceh bergabung ke indonesia atas dasar kewarganegaraan? Ampas ampas pisang,jilat rezim boleh,ngubah sejarah jangan
Mabok agama tapi cabut n lari dari pertanggungjawaban hukum.. emoticon-fuck
padahal nasbung cuman serpihan dibanding NU yg dipimpin kyai said, tapi lagaknya sok pling wowww... emoticon-Embarrassment

nasbung kagak ada yang berani komen, engak seru emoticon-Big Grin
yg pengen kilapak monggo ke Planet Mars aja. bikin kilapak lo sendiri di sono.

emoticon-Leh Uga
"Atas berkat rahmat "Ketuhanan Yang Maha Esa" - dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur (nasionalisme), supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."
Yang suka nya demo-demo apa sampai kesitu pkirannya? Sudah tahu di Indonesia ada beragam agama, malah isinya saling dibenturkan satu sama lainnya. Permasalahan kecil kalau sudah masuk ranah media dan sosmed bisa jadi besar gans. Hati-hati
gw lebih respect ama NU dari pada yg sekarang2 ini....
nunggu komen nasbung ajah gimana... emoticon-Big Grin
Kilapak? Mana?
Nasbung mo taat sama ulama ga nih..?? emoticon-Big Grin
iya setuju
tapi ngomong mah gampang
prakteknya masih nol
kepentingan politik berkedok agama aja masih ga bisa dilawan
penipuan berkedok agama juga masih marak
dulu kakek-buyut lu pade berjuang biar bisa merdeka, sekarang anak cucunya malah pada pengen pecah, otak anak haram emang emoticon-fuck