alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acaa4dad89b097e698b4567/jakarta-diprediksi-tenggelam-dalam-10-tahun

Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun

JAKARTA – Jakarta kembali disebut-sebut sebagai kota paling cepat tenggelam dalam 10 tahun mendatang dibandingkan kota-kota lainnya di Asia Tenggara. Sebab, sekitar 40 persen bagian Ibu Kota Indonesia itu telah berada di bawah permukaan laut.

Malah, salah satu daerah di Jakarta Utara, yakni kawasan Muara Baru sudah terperosok hingga empat meter dalam beberapa tahun ini.

Demikian laporan weather.com yang ditayangkan pekan lalu (6/4). Disebutkan, Jakarta yang menjadi rumah bagi 10 juta orang akan terus mengalami penurunan ke bawah permukaan laut setidaknya 25 sentimeter setiap tahunnya.

Hal ini disebabkan penggunaan berlebih pada air tanah. Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, mengatakan pengambilan air tanah secara berlebihan menunjukkan bahwa Jakarta mengalami krisis air tanah.

“Semua orang mencari jalan pintas mudah untuk mengambil air, tidak pernah berpikir tentang risiko,” katanya, beberapa waktu lalu. Dilaporkan, hingga kini baru sepertiga dari populasi warga Jakarta yang menggunakan air pipa, selebihnya penduduk menggunakan air sumur.

Tak cuma itu, masih banyak penduduk yang melakukan penggalian sumur secara ilegal. Penggalian tersebut mengakibatkan sumber mata air tanah menghilang. Sebenarnya hujan dapat meningkatkan kembali kekosongan molekul itu setiap tahunnya.

Sayangnya, 97 persen bagian kota tertutupi beton dan aspal sehingga air hujan terhalangi masuk ke dalam tanah. Air hujan pun menjadi cepat bermuara ke laut. Itu sebabnya, daratan semakin menurun karena tertekan beban bangunan dan beton. Sementara itu, sungai-sungai tercemar sehingga memperburuk Ibu Kota dan menyebabkan terjadinya banjir.

Segera Diumumkan

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan akan mengumumkan nama-nama gedung yang melanggar penggunaan air tanah pada Selasa (10/4).

Menurutnya, gedung-gedung tersebut berpotensi merusak lingkungan. “Sudah lengkap. Selasa mungkin diumumkan,” katanya. Sebelumnya, Anies menyatakan penggunaan air tanah tanpa izin oleh gedung-gedung tinggi berpotensi merusak lingkungan.

Sejumlah gedung tinggi di Jakarta diperiksa aparat Pemprov DKI Jakarta. “Artinya, ada sumber air lain. Lalu, sumber air lain dipakai dan selesai dipakai airnya keluar.

Jadi, efek penyedotan (air), tanah menurun,” kata Anies, beberapa waktu lalu. Direktur Pengairan dan Irigasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Abdul Malik Sadat Idris,

mengatakan penurunan permukaan tanah di Jakarta sekitar 3 hingga 18 sentimeter per tahun disebabkan beban bangunan gedung, serta pengambilan air tanah yang tidak terkontrol. “Data geodesinya sudah cukup lengkap. Ada yang turun 3 cm, ada 18 cm,” ujar Abdul.

Abdul membeberkan, tren penurunan permukaan tanah berbeda-beda di setiap lokasi. Namun, penurunan permukaan tanah paling dalam terjadi di Muara Baru, Jakarta Utara. Itulah sebabnya, kawasan tersebut saat ini kerap terendam banjir rob. Ant/gma/AR-2

http://www.koran-jakarta.com/jakarta-diprediksi-tenggelam-dalam-10-tahun/

solusinya gampang menurut gabener seiman, air harus dikembalikan ke tanah emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Generasi pesimis
ya bagus deh, udah tau terlalu sumpek tetep nampung manusia dan dibangun terus




Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun
Ya ditunggu saja
Makanya meikarta dibangun
Kota yang ???
Bukan tenggelem tp dibuat waduk baru... Waduk jakarta
Tenggelam oleh lautan nasbung emoticon-Big Grin nastak minggir dulu emoticon-Big Grin
bubar sblm 2030 donk
emoticon-Ngakak
Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun
setelah saya baca dengan cermat, jadi kesimpulan saya begini...

paling juga molor lagi jadwal klelepnya.. leh uga

Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun
yg penting jakarta gak BUBAR di tahun 2030 emoticon-Cool
Wajib 3 periode biar tidak tenggelam

Jakarta Diprediksi Tenggelam dalam 10 Tahun
telp anies
waduh, harus optimis dong, bikin takut aja
yang prediksi siapa ? katagori tengelama itu apakah hanya di jakarta atau muara baru ? mesti di jelasin detail

kan judulnya prediksi
lah 2030 Indo dah bubar kan.

ini 2028 Jakarta dah tenggelem dong.

emoticon-Leh Uga
Jangan melawan sunnatullah, air dari langit harus dimasukan langsung ke tanah emoticon-Ngakak
solusi yg paling mudah adalah tanggul laut pantura yg setinggi 3,6 meter.

duit buat bangunnya gimana ? dari apbd ?
kalo gubernur napi sih udah malak pengembang pulau reklamasi ... mesti bayar buat menyelesaikan tanggul itu
belum tau kelanjutannya setelah diurusin sama wan kadir
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di