alexa-tracking

Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aca9ef5902cfe947b8b4573/debat-hambar-tanpa-isu-korupsi-di-pilkada-kota-malang
Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang
Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang
Wali Kota Malang nonaktif Moch Anton mengenakan rompi tahanan seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/3).
Debat Publik Pilkada Kota Malang yang digelar pada Sabtu (7/4/2018) malam terasa hambar. Debat berlangsung tanpa dua calon Wali Kota Malang, yaitu Mochammad Anton dan Yaqud Ananda Gudban yang kini meringkuk di tahanan KPK. Debat tak komplit itu pun tak menyinggung persoalan korupsi yang akan menjadi tantangan kepala daerah ke depannya.

Anton merupakan Wali Kota Malang yang kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Syamsul Mahmud. Pasangan nomor urut 2 ini diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra.

Adapun Yaqud Ananda merupakan anggota DPRD Kota Malang yang berpasangan dengan Ahmad Wanedi. Pasangan nomor urut 1 ini diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, Partai Hanura, dan Partai Nasional Demokrat.

Dalam debat itu, pasangan nomor urut 1 dan 2 hanya mengirimkan calon wakil wali kota. Hanya Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko, pasangan nomor urut 3 diusung Partai Golkar dan Demokrat, yang hadir lengkap.

Di awal debat, Wanedi menyampaikan permohonan maaf karena pasangannya tidak bisa hadir akibat menghadapi kasus hukum di KPK. "Untuk itu marilah kita menghargai proses hukum dan mengedepankan asas praduga tak bersalah," kata Wanedi melalui Liputan6.

Syamsul pun melontarkan hal serupa. Ia mengatakan bahwa pasangannya, Anton sedang menjalani proses hukum di KPK. Syamsul meminta pendukungnya untuk tetap solid.

Tema debat pertama itu lebih menitikberatkan sektor pendidikan, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan kondisi kemacetan di Kota Malang.

Dari tema yang diperdebatkan, tidak ada satu pun yang menyinggung isu penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dari korupsi. Pasangan Sutiaji-Sofyan pun sama sekali tak menyinggung persoalan hukum yang membelit Anton dan Yaqud.

Sejumlah pihak menyayangkan pelaksanaan debat tanpa itu karena isu korupsi sangat penting untuk dibahas supaya publik mengetahui komitmen calon dalam upayanya menjalankan pemerintahan yang bersih.

Pengamat politik dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Sosial Universitas Brawijaya Malang, Wawan Sobari, mengatakan, setiap calon harus memiliki komitmen untuk menjalankan pemerintahan yang bersih.

Komitmen itu diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kota Malang yang sedang tersandera kasus suap.

"Bagaimana mengembalikan public trust yang sudah tercederai oleh kasus korupsi. Mungkin KPU harus didesak memasukkan isu tersebut agar kepala daerah lima tahun ke depan punya roadmap meningkatkan public trust kepada Pemda, salah satunya pencegahan korupsi," kata Wawan melalui Kompas.com.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota Malang, Mochammad Anton, bersama dua wakil ketua dan 16 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai tersangka persekongkolan suap, pada Rabu (21/3/2018).

Kejahatan berjemaah ini diduga berkaitan erat dengan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pemerintah Kota Malang untuk tahun anggaran 2015.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin, mengatakan akan mengevaluasi debat publik itu, termasuk materi pertanyaan. "Soal pertanyaan sudah ada tim perumusnya. Kami serahkan bagaimana bentuk pertanyaannya itu," kata Zaenudin melalui Malang Voice.
Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...da-kota-malang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang Rencana pertemuan Puan dan Mas Bowo

- Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang Jasriadi Saracen divonis karena akses ilegal

- Debat hambar tanpa isu korupsi di Pilkada Kota Malang Seorang jurnalis tertembak mati dalam aksi protes di Gaza