alexa-tracking

Menteri Susi: Bersihkan Tumpahan Minyak di Balikpapan Butuh Waktu 6 Bulan Lebih

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac87dd996bde6c4238b4580/menteri-susi-bersihkan-tumpahan-minyak-di-balikpapan-butuh-waktu-6-bulan-lebih
Menteri Susi: Bersihkan Tumpahan Minyak di Balikpapan Butuh Waktu 6 Bulan Lebih
Menteri Susi: Bersihkan Tumpahan Minyak di Balikpapan Butuh Waktu 6 Bulan Lebih

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Asal usul tumpahan minyak di Teluk Balikpapan diketahui berasal dari pipa pengiriman bawah laut milik Pertamina dari arah Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Balikpapan yang putus.

Setelah beberapa kali membantah, akhirnya pihak PT Pertamina Refinery Unit 5 Balikpapan mengakui minyak tersebut.

Polda Kalimantan Timur hingga kini masih menyelidiki lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan pipa berdiameter 20 inci dengan ketebalan 12mm di kedalaman 20-25 meter itu bisa terputus.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan butuh waktu enam bulan lebih untuk membersikan tumpahan minyak tersebut.

"Lama itu (membersihkannya), enam bulan belum tentu selesai," ujar Susi, ‎setelah menggelar konferensi pers di rumah dinasnya Widya Chandra V No 26 Jakarta Selatan, Sabtu (7/4/2018)‎.

Atas peristiwa itu, Susi mengaku sudah mengirim tim untuk menganalisa. Selain itu, Susi juga meminta pada kedutaan untuk membantu ‎bio teknologi maupun orang terutama dari Amerika Serikat.

"‎Kami minta bantuan kepada kedutaan untuk bantu bio teknologi maupun orang terutama dari AS untuk bisa memebantu penyelidikan untuk bisa investigasi. Kami juga koordinasi dengan tim KLHK," tuturnya.

Susi menambahkan akibat tumpahan minyak itu, dipastikan biota laut banyak yang mati. Termasuk pula nelayan dirugikan namun belum diketahui berapa kerugiannya.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...-6-bulan-lebih

---

Baca Juga :

- Komisi VII DPR: Kebocoran Minyak di Teluk Balikpapan Bukti Kegagalan Sistem Pertamina

- Satgas 115 Tangkap Kapal Buronan Interpol STS-50

- Pertamina Tambah Enam Kapal Bersihkan Teluk Balikpapan