alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Sulit mengerjakan matematika sederhana & sulit baca jam, memang ada?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac86255947868ef608b4567/sulit-mengerjakan-matematika-sederhana-amp-sulit-baca-jam-memang-ada

Sulit mengerjakan matematika sederhana & sulit baca jam, memang ada?

Kenapa sih kok ane selalu sulit menyelesaikan soal-soal matematika sederhana dan kesulitan membaca jam? Ternyata ini disebut Dyscalculia.

Quote:

 
Ciri-ciri anak Diskalkulia

Spoiler for "Ciri-Ciri Anak Diskalkulia":



Dimulai dari pengalaman ane sendiri



Dunia sekolah

Waktu SD ane pernah dapat peringkat pertama 3x dalam 1 tahun (dulu pakai sistem caturwulan), dan ane diikutsertakan ke tes beasiswa di sekolah. Peserta lain cuma 1 orang dari kelas sebelah yg 1 angkatan. Pas ane mengerjakan soal-soal Matematika tuh lamaaa banget, hasilnya ya ane gak lolos.

Waktu SMP pernah dijewer guru di depan teman-teman sekelas karena ane enggak bisa mengerjakan soal matematika yg sangat sederhana untuk tingkatan SMP. Awalnya setiap ada PR Matematika ane selalu coba semaksimal mungkin buat kerjain sendiri tapi akhirnya ane pilih pergi ke rumah sepupu yg tinggal dekat rumah ane buat bantuin kerjain PR itu atau ane kerjain bareng teman-teman (sebenarnya maksudnya nyontek sih hahhaha) sampai lulus SMA.

Dirumah ane bantu jaga warung kelontong keluarga, karena ane sudah 2x kali salah kasih kembalian ke pembeli walau cuma hitungan sederhana, selanjutnya ane biasakan hitung pakai kalkulator.

 
Dunia Kuliah

Kenapa ane masuk fakultas ekonomi? Karena ane suatu saat mau coba wirausaha. Ane masuk jurusan Manajemen dimana ternyata pas udah masuk 60% matakuliahnya mengandung Matematika atau rumus. Kuliah ane juga tidak lulus tepat waktu karena harus mengulang beberapa mata kuliah yg ada Matematikanya. Dosen-dosen juga sampai hafal sama ane karena ane sering ngaret. Hitung rumus pakai kalkulator pun kadang salah.
 
Tes Kerja

Walau ane memenuhi kualifikasi lowongan tetapi ane menjadi satu-satunya peserta yg tidak lulus di tes hitung deret angka. Ane diminta untuk mengulang lagi tes hitung tsb. 

Spoiler for "Contoh Tes Psikotes Hitung Deret Angka":



Di Dunia Kerja

Setelah lulus SMA ane pernah jadi kasir pas liburan sekolah. Satu - dua kali ane hitung sendiri uang pemasukan kasir, sekali hitung bisa 3 sampai 4x. Seterusnya ane minta tolong mbak-mbak sesama kasir untuk selalu hitung pemasukan ane. Ane cuma bertahan 2 minggu dan minta dipindahkan ke bagian lain yg kerjaannya ga pakai hitung uang.

Ane hampir selalu ngaret di kerjaan (atasan-atasan ane selalu menegur kamu telat terus, coba kamu datang lebih awal). padahal ane udah persiapkan semaksimal mungkin 1 malam sebelumnya, contohnya besok mau pakai baju apa aja, alarm udah tersetting otomatis, tapi tetap aja sejak ane bangun tidur sampai pas mau berangkat itu ane sering terlambat.

Di pekerjaan kantoran terakhir ane kerja di bidang jasa keuangan. Untungnya laporan angka yang ane dapat bukan ane input dan hitung sendiri, tapi ane tinggal menyusunnya dalam bentuk laporan.  

Suatu hari ane dipanggil menghadap atasan, keterlambatan adalah salah 1 poin utama penilaian kinerja tahunan di pekerjaan ane.  Atasan ane bilang “kalau kamu begini terus ya masa kerja kamu enggak akan diperpanjang”.  
 
Pekerjaan Ane Sekarang

Karena ane udah capek telat terus jadi karyawan dengan jam kerja  8-5, dan karena beberapa faktor lain juga, maka ane putuskan resign dan ane menjadi pekerja lepas / freelancer. Jam kerjanya atur sendiri hahhaa..
 
Mantan Pacar

Salah satu mantan pasangan ane sendiri berlawanan dengan ane, dia seorang pengidap Dyslexia (kesulitan membaca huruf). Pas ane tanya, ‘kacamata kamu minus berapa?” engga dijawab berapa, tapi dia jawab itu lensa khusus untuk terapi karena huruf-huruf yang dia baca kelihatan seperti berterbangan. Dia pikir yg dia lihat dulu itu hal yg normal.
Dia juga sama seperti ane sering telat ke sekolah, dan setiap keterlambatan dapat poin. karena poin dia mencapai batas maksimal ya dia dapat hukuman diskors dari sekolah. Saat kami kencan, tukang ngaret ketemu tukang ngaret, masih jauh lebih sering dia ngaretnya hahhha
 
Kekurangan Ada Untuk Saling Melengkapi 

Ane alihkan kekurangan ane untuk memperdalam bahasa inggris dan bidang riset pemasaran. Kalo si dia mempelajari berbagai hal, mulai dari memperbaiki mesin motor, custom motor, bidang sawit, bidang kayu, sistem pengairan, dan lain-lain.
 
Video Motivasi Gangguan Belajar
Ini ada salah satu video Youtube dari master Deddy Corbuzier yg mirip dengan ane, hanya bedanya dia pengidap Dyslexia. Nendang banget buat motivasi.

Spoiler for "Video Motivasi Gangguan Belajar Lain":


 
Agan aganwati ada yg punya pengalaman dengan Dyscalculiajuga? 

Yukk berbagi cerita dengan isi komentar dibawah yaa emoticon-Kiss

 


Sumber :
https://bimba-aiueo.com/3-jenis-gang...jar-pada-anak/
• Youtube Deddy Corbuzier
• Thread Kaskus lain tentang Dyscalculia :
Diskalkulia, gangguan kesulitan berhitung
Anak tak bisa Matematika, hati-hati Diskalkulia


 
Diubah oleh Jenjanne
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
klo ane emang kurang pinter matematikaemoticon-Ngakak
coba 1+1 berapa?
klo bener brti lu udah sembuh.
Hmm baru tau, makasi infonya gan.
Ribet juga ya..klo masalah kesenian dan keterampilan...olahraga.. gimana om..yg paling menonjol maksud ny...pas sekola dulu
Ane baru tahu sis emoticon-Entahlah
Nambah ilmu nih, makasih ya emoticon-Big Kiss
ane lumayan bisa matematika tapi susah bedain kanan kiri emoticon-Malu
Untung ane GK punya masalah kayak gitu, penyakit ane cuman malas emoticon-Ngakak
Tp sudah mulai terobati
pelajaran mudah yang dianggap sulit karena kurang tlaten
iya sis .. sama bgt sm aku. 3x gagal test supervisor .. gara" deret angka. wkwkwk .. padahal aku udah kerja di perusahaan itu 6th.

bahkan pernah jadi ambassadornya kantor juga. tp gara" tiap test deret angkanya selalu gagal. yowislah ndak naik" jabatan, prestasi yg lainya nggak bisa jadi pertimbangan.
walhasil aku capek sendiri. akhirnya risen deh 😁

sekarang kerjanya dagang. bikin usaha kecil"an sendiri. bebas deh, nggak terikat waktu. Alhamdulillah 😂
Quote:


setuju bre
Quote:


bagi cendolnya dong gan emoticon-Big Grin
baru tau gw emoticon-Belo
ngeri jg klo berurusan sama duit, bisa tekor emoticon-Hammer (S)
kyk minggu lalu, ngisi bbm full habis 35rb, gw bayar pake 50an rb, dan ternyata gw dpt kembalian 35rb emoticon-Hammer (S)
apa mbak2 spbu kemaren diskalkulia jg ya? emoticon-Bingung (S)
ah mungkin cuma teledor aja, bkn diskalkulia, dan semoga ga kena diskualifikasi emoticon-Hammer (S)
Quote:


cek kulkas om emoticon-Bangga Pake Batik
Quote:


masih belum bisa gan emoticon-Big Grin
Quote:


suwon coy... kowe wes fullbar, rasah tak kirbal ya ngiahahahaha
Quote:


Hahaha ane jadi iri mang
Wah kasihan jg ya. Adik temen ane jg gt ga paham arti dari setengah itu apa. Pengen ane tunjukin dgn minta dia beliin ane pizza trs ane makan setengahnya & jelasin kl sisa yg ada di loyang tinggal setengah. Tp ane ga tega ngerjain gt emoticon-Big Grin
Quote:

wes beyond emoticon-Ngakak

Quote:

aku aja 1minggu loh pullbar
Quote:


Mantappp:tepuktangan
Quote:


Gimana biar cepet dapat cendol sis emoticon-Malu
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di