alexa-tracking

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac85e6ca2c06ec6708b4568/gemerlap-kehidupan-gang-dolly-kala-itu
icon-hot-thread
Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Quote:


Gemerlap dunia hiburan identik dengan hal-hal yang menyenangkan, tentu siapaun orangnya selalu ingin mendapat hiburan apalagi bagi orang-orang di Kota Besar yang tak pernah mati dengan segala aktivitasnya. Berbagai ragam sajian hiburan ditawarkan dengan kemasan yang menggiurkan bagi para penikmatnya.

Dunia hiburan Ibarat dua sisi mata pisau, ada baik dan selalu ada buruknya. Ribuan atau bahkan jutaan orang sering tidak tahu atau berpura-pura dengan sekedar tutup mata dengan realita yang terjadi disekelilingnya. Dunia hiburan tentu ada sisi gelap yang selalu terselimuti oleh gemerlap dan kilaunya.

Sebut Saja Dolly atau Gang Dolly, Tentu siapaun tak asing dengan kata tersebut. sebuah kawasan wisata syahwat yang berada di kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta yaitu Kota Surabaya tepatnya di dearah Jarak Pasar Kembang, dan sudah tutup beberapa tahun lalu ini menceritakan banyak sekali kisah dan cerita yang sangat menarik untuk disimak.

Dan bagi yang penasaran pingin tau, berikut Hal-Hal menarik seputar Wisata Dolly :

1. Sejarah Nama Dolly

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Banyak orang yang bilang Dolly adalah nama seorang perempuan belanda bernama Dolly van der mart, Namun ternyata dolly hanyalah sebuah nama panggilan, nama lengkapnya adalah Advenso Dollyres Chavit lahir sekitar tahun 1929. Sedangkan nama Chavit sendiri adalah nama dari ayahnya, seorang Filipina. Sedangkan Ibunya orang jawa bernama Herliah. Dollyres tumbuh menjadi perempuan yang tomboy dan cantik, pada umur 20 ia menikah dengan seorang kelasi belanda bernama Soukup alias Yakup, dari pernikah tersebut dollyres dikaruniai seorang anak laki-laki, Tetapi belum lagi sang anak masuk ke umur lima tahun, Yakup sang suami meninggal dunia.
Menjadi seorang single parent dollyres mengalami situasi krisis keuangan karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membesarkan seorang anak, sehingga terpaksa melangkah ke dunia persyahwatan pada awal tahun 1950-an. Karena kecantikan dan kepintarannya Dollyres menjadi idola terutama bagi bagi para eksptariat. Dalam perkembangannya, Dolly menyediakan beberapa gadis untuk menjadi sajian para tamu yang menghendakinya. Seiring berjalannya waktu, servis para asuhan Dollyres mampu menarik perhatian para tamu untuk datang kembali. Dan menjadikan nama kawasan tersebut melambung dan terkenal sehingga banyak orang yang menyebut kawasan tersebut dengan nama “Dolly”

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

2. Aquarium Dolly

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Berjalan di kawasan dolly tentu merupakan hal yang sangat berbeda, karena sepanjang jalan akan disuguhkan dengan tampilan sebuah toko lengkap dengan etalase yang lengkap dengan produk yang dijual layaknya Aquarium berisikan ikan/kupu-kupu sexy & segar yang siap untuk diolah dan dinikmati ditempat yang sudah disediakan. Para kupu-kupu tersebut dengan santainya duduk di kursi sambil menyilangkan kakinya yang mulus. Ada juga wajah-wajah baru yang polos mewarnai aquarium dengan dandanan seronok menggoda sambil berdandan. Tak lupa dentuman suara music dangdut terdengar dimana-mana.
Dan tentu saja di setiap toko berjejer rapi sales marketing dadakan yang selalu ready di depan lapak untuk menawarakan produk lengkap dengan layanan servis beserta harganya sampai – sampai asal muasal kota produk pun dia hafal. Harganyapun cukup bervariasi, Tentu saja para pengunjung dapat mencari dan memilih sesuai kehendak yang diinginkan karena banyaknya produk yang telah disediakan.

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

3. Terbesar Se Asia-Tenggara

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Hampir disetiap kota ada tempat wahana rekreasinya, sebut saja Jogja dengan sarkemnya, Semarang dengan Sunan kuningnya tapi tempat-tempat itu tidak se lejen Dolly. Kawasan Dolly disebutkan terbesar se asia tenggara bukan tanpa sebab, konon jumlah kupu-kupu ada sekitar 5000an jumlahnya. Dan tentu semakin tahun terus meningkat waktu itu. Di kawasan dolly juga teredia berbagai macam hiburan lainnya seperti tempat pijat dan karaoke dengan keistimewaan masing-masing.
Dolly sendiri kala itu dinyatakan sebagai kawasan lokalisasi terbesar di Asia Tenggara. Keberadaannya bahkan mengalahkan lokalisasi Patpong yang berada di Bangkok, Thailand, maupun Geylang, di Singapura. Bahkan rumornya nama dolly lebih melambung tinggi dari pada nama kota Surabaya sendiri. Yaaah hampir sama dengan Bali yang lebih terkenal dari pada Nama Negara Indonesia.

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

4. Perputaran Uang Mencapai Milyaran Perhari

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Keramaian di lokalisasi Dolly dan Jarak menggambarkan perputaran roda
perekonomian dan melibatkan berbagai kalangan dari berbagai jenis usaha yang turut
mencari rejeki.baik yang terlibat secara langsung maupun diluar itu. Misalnya yang tidak langsung yaitu : jasa transportasi seperti ojek dan taxi, jasa kecantikan seperti perias di salon-salon kecantikan, jasa penyedia konsumsi seperti pemilik warung-warung dan penjual makanan , jasa keamanan seperti centeng wisma ataupun petugas parkir/penitipan kendaraan.
Belum ada yang menghitung pasti, tapi perkiraan angka ada yang menyebut Rp 1 sampai 2 miliar semalam. Perkiraan angka itu bisa jadi benar. Bila anda pernah ke sana pasti melihat ribuan orang menjejali kawasan prostitusi yang membentang kurang lebih sepanjang 500 meter itu. Lembaga Swadaya Masyarakat Ampera menghitung uang berputar di kawasan itu Rp408,8 juta per hari namun angka tersebut masih terlalu sedikit dan beberapa sumber menyebutkan sebulan bisa mengalami perputaran uang sebesar 34 milyar.

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

5. Wisma Barbara

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Dari ratusan wisma yang berdiri dikawasan dolly ini tampak satu wisma yang menjadi pusat perhatian, yaitu wisma Barbara, dari segi bangunan tentu saja cukup mencolok karena ukurannya yang besar terdiri dari 2 bangunan yang memiliki 6 lantai yang dilengkapi dengan lift.
New Barbara sendiri merupakan wisma paling eksklusif dan cukup terkenal karena diklaim memiliki PSK paling cantik dari seluruh wisma yang ada di Dolly. Dan setelah penutupan lokalisasi dolly oleh pemkot Surabaya wisma Barbara ini dibeli oleh pemkot dari pemiliknya senilai Rp 9 milyar.

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

6. Ditutup oleh Pemkot Surabaya

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Penutupan dolly waktu itu bukan perkara yang gampang, sebab sudah puluhan tahun tempat itu berdiri dan tidak ada pihak yang mampu menutupnya. Waktu itu, setelah Dolly menjadi sandaran mencari nafkah banyak orang, besar kemungkinan langkah penutupan yang digagas orang nomer satu di pemkot Surabaya yaitu ibu Tri Rismaharini akan mendapat kendala dan hambatan dari warga penghuni lokalisasi.

Karena itu, penutupan Dolly juga mendapat perhatian khusus dari aparat kepolisian dan TNI. Sebanyak 1.000 personel gabungan TNI-Polri disiagakan di Islamic Center, tempat dilangsungkannya deklarasi penutupan lokalisasi tersebut, Rabu (18/6/2014) malam. Dan Pemerintah kota Surabaya tetap menggelar deklarasi penutupan lokalisasi Dolly dan Jarak di tengah protes warga dan para pekerja seks komersial (PSK), pada Rabu malam tanggal 18 juni 2014. Deklarasi penutupan lokalisasi secara resmi dibacakan oleh lebih 100 warga dari kelurahan yang menjadi tempat lokalisasi Putat Jaya, Sawahan. Setelah pembacaan deklarasi, yang juga dihadiri Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri kala itu dan Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo.

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

7. Penyebab DiTutup & Solusi Setelah Penutupan

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu

Berbagai factor yang menyebabkan kawasan lokalisasi dolly ditutup mulai dari pelanggaran perda sampai factor lainnya. Berbagai upaya dilakukan pemkot/pihak terkait sebelumnya untuk menutup dolly tapi selalu mengalami kegagalan. Namun dengan ketegasan seorang bu risma akhirnya membuat keputusan untuk menutup kawasa dolly itu terwujud. Keputusan tersebut beralasan karena Bu risma selaku walikota mengajak warganya untuk mencari rizeki halal. Alasan kedua yaitu berusaha mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan dengan memberdayakannya sesuai skil mereka masing-masing. Dan yang ketiga menyangkut masalah pendidikan moral anak-anak hingga usia remaja yang berada di sekitar lokalisasi. Mau tidak mau, geliat prostitusi akan berdampak pada psikologis anak-anak di sekitar lokalisasi.
Dan tak hanya sekedar menutup Bu Risma mengadakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan menambah skill dan keterampilan agar bermanfaat Selain itu Bu Risma juga member bantuan modal untuk mengembangkan usaha masing-masing agar bisa mandiri secara ekonomi.

***

Bagi yang mencari hiburan tidak harus dengan hal-hal negative , carilah yang memberikan hiburan hakiki berupa ketenangan spiritual, optimisme, kecerdasan intelektual, serta ide-ide pengetahuan unik. Hiburan demikian bersifat produktif, tidak mematikan potensi, tidak merusak diri sendiri, dan mampu memberikan power kehidupan besar. Begitu pula dengan yang mencari rizeki tak harus dengan jalan yang salah. Demikian tulisan ane, sampai jumpa di tulisan berikutnya !





Referensi :
1. ejournal.unesa.ac.id/article/13647/107/article.pdf
2
3
4
5


Pada Kemana Mereka Sekarang ?
emoticon-Thinking


=======
Testimoni Kaskuser :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




emoticon-Ngakak
udah lama juga ya
tinggal kenangan
Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu
belum juga kesana
ntap mantap emoticon-Motret
Tempat kumpul nastaik
astaghfiruwlah emoticon-Matabelo
We alae bi nem Dolores O'Riordan
ane suka istilah ente bray, dunia persyahwatan emoticon-Ngakak

jadi inget dulu pas mau penutupan doly, ada berita, "psk doly melakukan istigosah agar doly nggk jadi ditutup". emoticon-Ngakak

ane belum sempet maen ke doly udah ditutup aja, seenggaknya cuman liat2 nggk usah nyicipin emoticon-Ngakak
atas ane sampe nangis nangis pas gang dolly ditutup
Wisata lendir ini gan emoticon-Genit
Quote:


Leh uga emoticon-Leh Uga
ciyee ada yg kangen niyee emoticon-Betty
Quote:


Sud tutup gan
Quote:


Bukan ane loh gan emoticon-Big Grin
terus ane mesti kemana dong gan emoticon-Mewek
cari knalpot aja yak emoticon-Mewek
my glorious past

Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu
Ntap gan
Mulusnya mana gan
Gemerlap Kehidupan Gang Dolly Kala Itu