alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gatot Nurmantyo Dinilai Bisa Ikut Pilpres jika Parpol Tak Egois
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac848bd1854f788718b4569/gatot-nurmantyo-dinilai-bisa-ikut-pilpres-jika-parpol-tak-egois

Gatot Nurmantyo Dinilai Bisa Ikut Pilpres jika Parpol Tak Egois

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Chaniago menilai mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo merupakan sosok potensial jika memang masuk dalam kontestasi Pilpres 2019.

Sebab, Gatot juga piawai dalam menarik perhatian publik. "Memang itu sebetulnya ada, sepanjang partai tidak egois. Selama ini kan partai egois, sementara Pak Gatot enggak punya partai," ucapnya dalam sebuah diskusi di Fx Sudirman, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Ia menilai, jika partai politik egois dan tidak mahir membaca momentum dan potensi Gatot, partai bisa saja salah langkah dan kalah pada Pilpres 2019 nanti.

Menurut Pangi, meskipun elektabilitas Gatot cenderung kecil, ia bisa menjadi kuda hitam yang potensial untuk memenangkan Pilpres 2019. Ia berkaca pada sosok Prabowo, yang dulu ikut kontestasi Pilpres 2009 dengan elektabilitas yang rendah. Namun pada Pilpres 2014, elektabilitas Prabowo berkembang cukup signifikan.

"Ya meskipun belum teruji. Tapi sebetulnya dia bisa jadi kuda hitam dan potensi terpilihnya ada," ungkapnya. Memasuki tahun politik, nama Gatot santer disebut dalam berbagai lembaga survei sebagai calon presiden atau wakil presiden.

Hasil survei nasional Poltracking Indonesia menyebutkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dinilai oleh publik sebagai figur yang paling tepat mendampingi Joko Widodo pada Pemilu Presiden 2019. Pada simulasi tujuh kandidat calon wakil presiden untuk Jokowi, Gatot menempati posisi teratas dengan elektabilitas 16,4 persen.

Selain itu, nama Gatot Nurmantyo juga masuk daftar cawapres untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Akan tetapi, Gatot secara tak langsung menyiratkan dirinya akan berkiprah di kancah politik. Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, ia menyatakan telah memiliki hak untuk dipilih. "

"Mulai hari ini saya memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai anak bangsa, anggota masyarakat sipil, dan warga negara RI lainnya, termasuk memiliki hak memilih, juga hak dipilih saat pemilu mendatang,” kata Gatot melalui keterangan tertulis, Minggu (1/4/2018). Ia bahkan mengaku telah diajak Prabowo bergabung bersama Gerindra. Namun, ia belum bisa menjawab tawaran tersebut lantaran masih berstatus prajurit aktif saat itu.

"Beliau menyampaikan, 'Kalau nanti mau bergabung, saya terbuka.' Saya bilang, 'Pak, saya belum bicara masalah itu karena Bapak sama dengan saya'." kata Gatot mengulang pembicaraannya dengan Prabowo. "Apabila saya jadi Bapak dan Bapak jadi saya, ditanya, sebagai seorang negarawan dan patriot, pasti Bapak jawabannya sama dengan jawaban saya kalau Bapak yang ditanya. Pak Prabowo lantas bilang, 'Iya, ya, enggak boleh berpolitik praktis, ya'," ucap Gatot menirukan respons Prabowo.

Ia pun menyadari saat ini namanya sering masuk dalam beberapa lembaga survei sebagai calon presiden atau wakil presiden. Ia juga menyadari namanya kerap diperbincangkan di publik dan media terkait wacana pencalonan presiden dan wakil presiden. Saat ditanyai wartawan, Gatot tak pernah membenarkan, tetapi juga tak pernah membantah terkait dirinya yang diisukan akan maju sebagai calon presiden atau wakil presiden.

https://nasional.kompas.com/read/2018/04/07/10252571/gatot-nurmantyo-dinilai-bisa-ikut-pilpres-jika-parpol-tak-egois

Pengamat yg bodoh. Partai itu pasti "egois". Nggak mungkin mengorbankan elektabilitas elektoral partai hanya demi mengusung gatot yg elektabilitasnya nggak seberapa. Kecuali dia mau jadi kader partai.

Jadi jangan salahkan partainya yg egois, tapi salahkan gatot yg gengsi masuk partai tapi nafsu nyapres.
Urutan Terlama
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
klo nggak egois itu namanya yayasan kli emoticon-Leh Uga
kenapa gatot ngak maju jalur independen aja, atau bikin partai sendiri kalau ngak ada yg mau ngusung dia? kalau memang merasa dirinya hebat, ya lakukan
Partai gak egois?

Itu organisasi nirlaba kali. emoticon-Traveller
Quote:


Jangan, dia gak akan kuat. emoticon-Frown

Biar pakde aja.
momong cucu aja lebih baik pak Tot, daripada pusing molitik.
Quote:


Jalur independen mustahil.

Klo mau bikin partai udah telat, baru bisa ikut plg cepat 2024.
kalo banyak duitnya dan siap "dipalak" dan gak ngamuk kek la nyolot kenapa nggak
om gatot cuma terkenal di kalangan 212 sih waktu heboh terang terangan belain semua pengamat juga sepakat waktu itu gatot punya ambisi politik. dibalik pembelaan dia , tapi di kalangan lain dia ga populer , berattt dah
Egois? Enak amat ya bilang egois, bikin partai sendiri gih sana emoticon-Big Grin
ini bukan masalah EGO
emangnya lu pikir gua bikin parpol buat orang yg ujug2 dateng ......emoticon-Ngakak
Diubah oleh boregasm
Quote:


tapi kan dia ngaku hebat, bisa memimpin bangsa ini, masa cuma gitu aja ngak bisaemoticon-Leh Uga


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di