alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
David Tobing: Harusnya Garuda Indonesia Mengakui Saja Ada Kelalaian
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac82e6712e2574d508b4570/david-tobing-harusnya-garuda-indonesia-mengakui-saja-ada-kelalaian

David Tobing: Harusnya Garuda Indonesia Mengakui Saja Ada Kelalaian

David Tobing: Harusnya Garuda Indonesia Mengakui Saja Ada Kelalaian



TEMPO.CO, Jakarta -Pengacara kasus-kasus publik, David Tobing, mengakui pihak Garuda memberikan air minum kepada penumpang saat pesawat mengalami keterlambatan. Tapi, menurut David, pemberian minuman itu setelah pesawat delay selama 30 menit sementara, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan, ketika keterlambatan lebih dari enam puluh menit, harus ada tambahan makanan ringan. “Ada air mineral, saya tidak ambil,” ujarnya. Menurut dia, minuman itu pun baru diberikan saat akan boarding dan diletakan di meja boarding kelas bisnis. “Sementara saya melalui meja boarding ekonomi,” kata David kepada Tempo.

Selasa, 3 April, David menggugat PT Garuda Indonesia ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. David menyatakan Garuda melakukan perbuatan melawan hukum karena dirinya dirugikan, tidak diberi kompensasi makanan kecil atas keterlambatan keberangkatan penerbangan (flight delayed) selama 70 menit. David menunjuk dasar hukum gugatannya, Peraturan Menteri Perhubungan Indonesia No. 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia. Mengacu aturan itu, menurut David, mestinya ia mendapat kompensasi makanan ringan karena pesawat Garuda yang ia tumpangi mengalami keterlambatan lebih dari 60 menit.

Gugatan David bermula saat pesawat Garuda Indonesia GA152 yang akan ditumpanginya, pada 27 Maret, mengalami keterlambatan. Pesawat yang mestinya berangkat menuju Batam pukul 09.10 itu, menurut David, baru meninggalkan tempat parkir (apron) pasda pukul 10.20 WIB dan baru lepas landas (take-off) pada pukul 10.45. Menurut dia, Garuda telah lalai memberikan informasi yang benar dan jelas tentang alasan keterlambatan penerbangan dan kepastian keberangkatan yang seharusnya diberitahukan kepada penumpang selambat-lambatnya 45 (empat puluh lima) menit sebelum jadwal keberangkatan. Garuda, katanya, telah nyata melakukan perbuatan melawan hukum.

Sebelumnya, mengomentari gugatan yang didaftarkan David ke Pengadilan, Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan menyatakan Garuda sudah memberikan kompensasi berupa minuman ringan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 89 tahun 2015.

Ikhsan mengakui pesawat yang ditumpangi David Tobing, mengalami keterlambatan. Menurut dia, pesawat seharusnya terbang pada pukul 09.10. “Memang ada informasi perlu ada persiapan, sehingga kita sampaikan delay-nya sampai jam 10.00,” katanya. Berdasarkan peraturan menteri tersebut, ujar Ikhsan, keterlambatan 30 hingga 60 menit, maskapai wajib memberikan kompensasi berupa minuman ringan. Dia mengatakan Garuda menyediakan minuman ringan kepada seluruh penumpang.

Terhadap pernyataan Garuda atas gugatannya tersebut, David menegaskan semestinya Garuda mengakui saja bahwa ada kelalaian. “Kalaupun tidak, saya siap membuktikan di pengadilan bahwa keterlambatannya melebihi 60 menit,” kata David.

https://hukum.tempo.co/read/1076026/...-ada-kelalaian

semoga bisa berdamai dan dicari solusi antar kedua belah pihak
Diubah oleh 747.400
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dipantau bre emoticon-Big Grin
Kyanya dah sering bener bertahun ini nama pengacara gugat2 parkiran ampe maskapai. David tobing emang spesialis nuntut pelayanan publik. Skalian eksislah emoticon-Big Grin
Diubah oleh Jalan Cinta
Kurang kerjaan Aja, Lu Naik living tuh Kalo mau panen kasus emoticon-Embarrassment
Ngaku coba..
menarik ini,

ane kutip dari tempo juga

Dalam penerbangan tersebut, penumpang sudah diizinkan masuk ke kabin pesawat pada pukul 09.50 dan pintu pesawat ditutup pada pukul 10.10. “Memang ada koordinasi dengan tower, pesawat pushback 10.20,” kata Ikhsan.


memang maskapai suka gitu masukin dulu ke kabin karna banyak orang yg udah merasa ga delay padahal ada hak yg mesti di dapat,Permenhub 89 juga harusnya lebih merinci apa itu delay management apakah apabila sudah masuk kabin tidak di sebut delay???
Quote:


betul sekali. sudah masuk kabin pun belum tentu segera take off, ane pernah menunggu di kabin 1 jam lebih
Quote:


menurut gw sih delay itu pas take off
jd pas lepas landasnya telat ya termasuk delay
Quote:


kalau sudah masuk kabin, gak mungkin dikasih snack
kemarin selasa barusan nyokap naik cbaikink dari palembang ke jakarta penerbangan jam 16.35..
dari siang sekitar jam 12an ud dapet sms dari cbaikink kalo delay karena masalah operasional jdnya pesawat dijadwalkan jam 18.10
gw kabarin nyokap kalo delay biar berangkatnya agak sorean. tapi ternyata ud janji sama sopir jam siang jdi mau ngak mau ya ud nunggu aja.
jam 6 gw tanya kabar ternyata dimundurin lagi jam 19.10 berangkatnya. ditotal kira2 delaynya sekitar 2 jam 30 menit lebih.
kompensansinya gw tanya ama nyokap cuman dapet roti 1 sama aqua 1 emoticon-Cape d... (S)

David Tobing: Harusnya Garuda Indonesia Mengakui Saja Ada Kelalaian
Quote:


Kompensasinya makanan melulu. Mestinya delay lebib 4jam balikin duit tiket dan tetep di terbangkan
Quote:


bener, gw juga sering tu sama Lion, ditinggalIn dalam pesawat lama2. Mana sempit lagi nda bisa ngapa2in


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di