alexa-tracking

Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac8273114088d15478b4570/menjembatani-jurang-usia-antar-generasi
icon-hot-thread
Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Bingung menghadapi perilaku karyawan yang usianya jauh lebih muda? Atau justru atasan agan dan sista sendiri jauh lebih muda? Pahami karakteristik setiap angkatan kerja sesuai usianya yuk, agar perbedaan yang ada justru dapat menjadi kekuatan bagi tim kalian.



Perbedaan


Banyak sekali perbedaan dalam lingkungan pekerjaan, mulai dari perbedaan berpendapat, cara menyelesaikan suatu pekerjaan, menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi. Meski kata orang perbedaan itu indah, tapi untuk hal ini kayanya ngga deh. Kenapa? Karena perbedaan di sini bisa menjadi peluang untuk munculnya berbagai konflik dan masalah. Perbedaan ini pula yang bisa menyebabkan hubungan kerja menjadi panas dan tidak enak, tentunya bisa membuat produktivitas kerja menjadi terhambat. Bisa disebabkan karena perbedaan posisi jabatan, pendapat, karakter, dan keinginan. Sebab itulah kita tidak boleh meremehkan persoalan generation gapini, karena kita tidak juga bisa memilih siapa atasan, bawahan, dan rekan kerja kita.



Beda Generasi, Beda Juga Nilai yang Dianutnya


Seorang senior berusia 50-an heran dengan tingkah laku anak buahnya yang berusia awal 30-an yang kerap kali sering meminta izin pulang cepat bahkan tidak masuk untuk menemani anak dalam berbagai kegiatan. Padahal ia sendiri pun pernah punya anak, tapi tidak pernah mudahnya untuk izin kerja. Tidak hanya itu, para junior pun sering mendapat julukan "kutu loncat" dari senior, tidak ada asap kalau tidak ada api. Ya itu disebabkan karena mereka cepat sekali memutuskan untuk resigndan berpindah kerja. Jelas ini memberikan dampak kepada yang lain. Permasalahan lain yang kerap timbul adalah masalah promosi. Ketika karyawan senior merasa pantas dipromosikan karena sudah bekerja lebih dari 15 tahun, karyawan junior pun merasa lebih pantas dipromosi meski baru bekerja 3 tahun dengan alasan karena sudah memenuhi semua tugas meski sering izin atau tidak mengerjakannya di kantor.

Ini akan menjadi masalah besar, apabila tidak memahami nilai-nilai yang memengaruhi bagaimana karakter dan cara bersikap masing-masing generasi. Untuk itu pahamilah dulu ciri khas dan karakter masing-masing generasi:



# Baby Boomers


Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Quote:


# Gen X


Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Quote:


# Gen Y dan millennial


Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi

Quote:



Konflik antargenerasi rentan apabila setiap individu tidak memiliki pikiran yang terbuka untuk mengenali banyaknya perbedaan pada setiap generasi. Daripada terus memikirkan dan mempermasalahkan perbedaan yang ada, lebih baik adalah menemukan kekuatan dan kelebihan yang ada pada masing-masing generasi. Gen Y dan millenial sebagai generasi muda harus mendorong generasi yang lebih senior untuk dapat berpikir dengan cara yang berbeda, membuat lingkungan dan suasana kerja menjadi lebih nyaman, canggih, dan inovatif. Sedangkan sebagai generasi senior telah memiliki banyak pengalaman yang membuag mereka bersikap lebih bijak dalam mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu. Turunkanlah sikap ini ke generasi yang lebih muda dengan sistem pendekatan dan mentoring. Jika keduanya digabungkan dan berjalan secara serasi dan serempak, akan menjadi sebuah tim yang kuat bukan?




Ilustrasi: Google



Sekian dan terima kasih...

emoticon-Angel


Segala perbedaan itu..... emoticon-Kaskus Radio
KASKUS Ads
Quote:


Quote:


Spoiler for Bonus gan kali ini cuma 1:
image-url-apps
emoticon-Kaskus Radio

Perbedaan umur tidak ada hubungannya
Ya atau tidaknya semua tergantung kamu
Yang penting bukan perkataan orang tetapi
perasaan saat ini
image-url-apps
Generasi paling rusak adalah generasi z.

Semoga penerusnya, generasi alpha, bisa melanjutkan dengan lebih baik.
image-url-apps
Pakai jembatan hati
image-url-apps
Quote:


emoticon-Kaskus Radio

Mengapa sedari tadi
aku hanya menatap langit?
Mataku berkaca-kaca,
berlinang tak bisa berhenti
Di tempat kita tinggal di dunia ini,
dipenuhi cinta
pada seseorang
image-url-apps
Quote:


ngerti aja agan....

Menjembatani Jurang Usia Antar Generasi
image-url-apps
Kurangnya peluang yang diberikan oleh generasi pendahulu untuk generasi penerus dalam hal dunia kerja misalnya bisa memperlebar jarak antar generasi Brur. IMHO.
image-url-apps
udah banyak ts hatenya...

ga masalah sih beda generasi, gimana adaptasi sama tenggang rasa aja
image-url-apps
ternyata ane gen Z
image-url-apps
Quote:


kirain jembatan syrotol mustaqiem bre emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


generasi xxx
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


hehehe emoticon-Big Grin
image-url-apps
Yang penting bisa saling pengertian dan saling memahami serta klarifikasi agar tidak terjadi konflik
image-url-apps
Sekarang eranya generasi y..emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Kamu generasi apa emoticon-Embarrassment


emoticon-EEK!
image-url-apps
Quote:

Indah wkwk

Quote:

Nah iya tergantung karakter pribadinya juga sih, ada yg terbuka untuk mengajari ada yg ngga...

Quote:

Iya deh generasi paling muda ya ente emoticon-EEK!

Quote:

Iya gan emoticon-Smilie
image-url-apps
kalo generasi jamn now
×