alexa-tracking

Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac800ae9a0951e44c8b457a/komisi-iii-dpr-ri-apresiasi-capaian-bnpt-terkait-deradikalisasi
Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi
Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi

JPP, JAKARTA – Komisi III DPR RI mengapresiasi program deradikalisasi dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mampu menggandeng dan membina mantan narapidana terorisme.

Bahkan, para anggota Komisi III DPR RI mengaku tertarik dan ingin meninjau langsung keberhasilan tersebut dengan menggunakan fungsi pengawasan Komisi III DPR RI.

“Pencapaian ini bukan hal yang mudah dilakukan, di mana BNPT mampu mengajak dan membina mantan narapidana terorisme untuk kembali ke jalan yang benar, bahkan menyadarkan mereka dengan mempertemukannya dengan korban terorisme. Ini suatu pencapaian yang bukan main-main,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Trimedya Panjaitan.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI dengan BNPT di Gedung Nusantara II Paripurna, Jakarta, Kamis (5/4/2018)

Sementara itu, ditemui usai rapat, Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius mengaku RDP kali ini dapat membekali semangat kerja BNPT. Menurutnya, tantangan penanggulangan terorisme pada spektrum global, regional, dan nasional, masing-masing memiliki implikasi bagi penanggulangan terorisme di dalam negeri.

“Dari sini sebetulnya tantangannya cukup tinggi di mana perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk yang tidak seharusnya, terus digunakan untuk mempengaruhi masyarakat terhadap paham-paham radikal. Oleh sebab itu, dengan apresiasi yang diberikan Komisi III DPR RI, semoga BNPT semakin memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tuturnya.

Suhardi berharap agar ke depan BNPT mampu mengelola dinamika terorisme, sehingga mampu menekan perkembangan atau bahkan membasmi terorisme.

Hal ini, kata dia, tentunya dapat terjadi dengan dukungan dan peran dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, serta kesadaran masyarakat untuk secara simultan melakukan langkah-langkah penanggulangan terorisme.

Sebelumnya dalam RDP, Suhardi menjelaskan program dan kinerja BNPT selama tahun 2016-2018.

Adapun yang dibahas mengenai legislasi; pengawasan dalam hal pelaksanaan tugas BNPT dalam melakukan penindakan terhadap tindak pidana terorisme; serta kebijakan, strategi, dan program BNPT dalam penanggulangan terorisme dengan mengedepankan prinsip perlindungan terhadap hak asasi manusia.

Selain itu juga dijelaskan bentuk koordinasi dengan pimpinan lembaga pemerintah, baik pusat dan daerah, lembaga internasional, komponen masyarakat, dan pihak lain yang diperlukan. (bnpt)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3192...deradikalisasi

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi Ini Dia Penyebab Melesetnya Target Kunjungan Wisman Tahun 2017

- Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi Bali-Yogyakarta Terfavorit di Pameran Wisata Vietnam

- Komisi III DPR RI Apresiasi Capaian BNPT Terkait Deradikalisasi Kepala Bappenas Optimistis KEK Palu Berkembang