alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac7fb81dcd770d17f8b4574/pemerataan-pembangunan-infrastruktur-kurangi-disparatis-antarwilayah

Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah

Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah

JPP, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) terus berupaya agar pembangunan infrastruktur bisa tersebar merata, baik dari ujung Barat sampai ujung Timur Indonesia, untuk mengurangi disparatis antarwilayah sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan infrastruktur adalah salah satu prioritas pembangunan nasional dalam meningkatkan daya saing Indonesia, sekaligus mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain.

Apalagi, saat ini indeks daya saing infrastruktur Indonesia tahun 2017 adalah 60, lebih baik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada di angka 62.

“Pembangunan infrastruktur PUPR tahun ini difokuskan pada 35 wilayah pengembangan strategis untuk meningkatkan daya saing dan mengurangi disparitas antarwilayah," kata Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Adang Saf Ahmad di Jakarta, Kamis (5/3/2018) malam.

Menurutnya, guna mengurangi disparitas antar wilayah tersebut, Kementerian PUPR berusaha memadukan antara pengembangan wilayah dengan market driven, mempertimbangkan daya dukung dan daya tampung lingkungan, memfokuskan pengembangan infrastruktur menuju wilayah strategis, dan mendukung percepatan pertumbuhan kawasan.

"Untuk itu diperlukan keterpaduan perencanaan antara infrastruktur dengan pengembangan kawasan strategis, dan sinkronisasi program antarinfrastruktur," terang Adang.

Dikatakannya, Kementerian PUPR dalam tugas pembangunan infrastruktur memiliki tanggung jawab yang cukup besar, karena harus membangun infrastruktur, baik Jalan, Jembatan, air, bahkan permukiman.

Selain itu, Kementerian PUPR saat ini juga tengah melakukan peningkatan konektivitas dengan membangun 1.000 km jalan tol, baik melalui APBN maupun skema KPBU, serta membangun jalan baru sepanjang 2.650 km dan jembatan baru sepanjang 30 km.

Sedangkan untuk ketahanan air dan pangan, Kementerian PUPR tengah membangun 65 bendungan dan satu juta pembangunan jaringan irigasi. Sementara di sektor perumahan, Kementerian PUPR memiliki program Satu Juta Rumah. (pupr)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...s-antarwilayah

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah Kementan Pastikan Stok Bawang Putih Aman

- Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah Menteri ESDM Minta Kelonggaran \"Tipping Fee\" Terkait Listrik Tenaga Sampah

- Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kurangi Disparatis Antarwilayah Menteri Jonan: Sampah Berpotensi Sebagai Sumber Energi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di