alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac7a7c3c1cb176f3d8b4567/debat-anies-baswedan-vs-dishub-dki-dalam-kasus-ratna-sarumpaet

Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet

Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet


https://metro.tempo.co/read/1077025/debat-anies-baswedan-vs-dishub-dki-dalam-kasus-ratna-sarumpaet

TEMPO.CO, Jakarta - Penderekan mobil aktivis sosial dan kesenian Ratna Sarumpaet di Tebet, Jakarta Selatan, seolah membelah Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menindak pelanggaran tersebut.

Jika Gubernur Anies Baswedan menyalahkan petugas Dishub karena mengembalikan mobil Ratna begitu saja tanpa sanksi, Dishub berpendapat sebaliknya.

Wakil Kepala Dishub Sigit Wijatmoko menyatakan dirinya yakin bawahannya yang menindak Ratna Sarumpaet telah menjalankan standar prosedur kerja sesuai Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. “Laporan dari anggota, SOP (standard operating procedure) telah dijalankan," kata Sigit di Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Jumat, 6 April 2018.

Bukannya menjatuhkan sanksi untuk stafnya yang mengurusi mobil Ratna Sarumpaet, Gubernur DKI Anies Baswedan malah menyalahkan petugas Dishub yang mengembalikan mobil aktivis itu tanpa denda. Anies bahkan membela stafnya yang menerima telepon pengaduan dari Ratna Sarumpaet ketika mobilnya diderek petugas karena parkir sembarangan di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, pada Selasa lalu, 3 April 2018.

Lihat: Namanya Disebut oleh Ratna Sarumpaet, Staf Anies Buka Suara

Menurut Anies, telepon dari Ratna itu tak menghentikan penderekan mobil oleh petugas Dishub. "Jadi tidak ada intervensi sedikitpun,” kata Gubernur Anies Baswedan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur pada Kamis, 5 April 2018.

Gubernur DKI justru mempersoalkan mengapa mobil Ratna dikembalikan begitu saja. Menurut Anies Baswedan, pengembalian mobil oleh petugas Dishub sebuah kekeliruan. Hal ini harus menjadi pelajaran bagi pegawai negeri sipil lainnya supaya jangan menumbuhkan kebiasaan takut kepada atasan.

“Karena ini warisan takut kepada atasan. Jangan. Kalau menjadi pegawai pemerintah, bekerjanya harus takut pada prosedur.”

Pernyataan Anies itu bertolak belakang dengan janjinya pada Rabu, 4 April 2018. Dia mengatakan akan memanggil staf gubernur yang mengembalikan mobil Ratna Sarumpaet tanpa mengikuti standar prosedur. Bila terbukti bersalah, stafnya itu akan ditindak dan dilakukan pendisiplinan.

“Jadi, bekerja itu bukan karena rasa takut. Kami berdua (Anies-Sandi) akan jalankan taat SOP. Kalau ada permintaan apapun, lihat SOP (standar operational prosedur). Kalau itu sejalan, ya jalan,” ucapnya di DPRD DKI Jakarta, Rabu, 4 April 2018.

Anies menilai, pengembalian mobil Ratna Sarumpaet adalah kesalahan prosedur yang dilakukan oleh petugas Dishub. Petugas yang bekerja sesuai prosedur tidak perlu takut mendapatkan teguran dari atasannya. Apalagi, dia tidak pernah memberikan instruksi untuk mengembalikan mobil Ratna Saraumpaet.

“Itu kebiasaan buruk itu. Apakah teman Pak Gubernur atau bukan teman Pak Gubernur, prosedurnya sama. Dan jangan pernah takut sama Gubernur. Takutlah sama prosedur,” ujar Anies Baswesan menasihati.

Sigit berpendapat lain. Menurut dia, anak buahnya tak salah ketika mengembalikan mobil Ratna Sarumpaet setelah penderekan. Mekanisme pengembalian barang sitaan mirip sidang tilang pelanggaran lalu lintas di pengadilan. “Tidak perlu yang melanggar yang (harus) melakukan pembayaran denda (sendiri),“ ujarnya.

Penjelasan Sigit menyiratkan denda sudah dibayar tapi bukan oleh Ratna Sarumpaet sehingga mobil dikembalikan. Di sisi lain, Ratna menyatakan tak pernah membayar denda. John Odhius, staf khusus Anies Baswedan yang ditelepon Ratna ketika mobilnya diderek, juga tidak mau banyak bicara kasus ini.

“Biar Bu Ratna saja yang jelasin,” kata John di Balai Kota DKI, Kamis, 5 April 2018. John membantah meminta petugas Dishub DKI untuk mengembalikan mobil Ratna seperti yang dituduhkan Anies Baswedan. “Saya enggak kenal (orang) Dishub.”

Berdasarkan penjelasan Ratna Sarumpaet, teleponnya kepada Anies tak berbalas sehingga dia menghubungi salah satu staf Gubernur DKI. Menurut Ratna, anak buah Anies Baswedan itu berjanji mengurus masalah itu.

“Jam 11.00 (siang), (mobil) itu sudah diantar ke rumah saya,” katanya kepada Tempo via telepon, Rabu, 4 Maret 2018.

Ratna Sarumpaet menerangkan, dia menghubungi Anies Baswedan karena merasa tak bersalah tapi mobilnya diderek. Petugas berkeras menderek dengan alasan menjalankan petintah atasannya. "Saya telepon dong, Gubernur (Anies Baswedan) sebagai atasan,” ucap pendukung Anies-Sandi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 itu.


NGOAHAHAHAHA EA EA EA EA PADA CUCI TANGAN EA EA EA emoticon-Ngakak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
“Karena ini warisan takut kepada atasan. Jangan. Kalau menjadi pegawai pemerintah, bekerjanya harus takut pada prosedur.”
wkwkwk gabener gabecus emoticon-Nohope takut banget salah ne orang, sama kek rizik. Kalo yg dia siap pencitraan sok tahan badan, tapi kalo yg spontan kek gini ngeles dan nyalahin Ahok, padahal jaman Ahok malah dishub nya yg NANTANG

di menit 1:38 ada yg nantang dishub telpon ahok malah ditantang balik kok sama Dishub nya.


Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet
Diubah oleh donal.duck
emoticon-Leh Uga asu...dahlah....
kapal mulai oleng emoticon-Hansip
Sok ngomongin prosedur, orang udah sesuai prosedur pun dia masi PROTES emoticon-Nohope asli ne gabener aneh bin gabener
Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet

Gw merasa ragu dan menganggap ini hanyalah setingan..
kayak shinetron2 aja ini
banyak hal2 nungul tak terdugah
weww dapet page 1
kedoknya perlahan tapi pasti kebuka 1-1
Diubah oleh 3077765
Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet
kayak lagi nangkep belut, ada aja cara nyari lobang buat ngeles nya emoticon-Leh Uga
Siapa yg bayar denda si sarungpaet emoticon-Ngakak
Diubah oleh trimusketeers
gaberner lu jago ngeles?
suruh buka bimbel aja emoticon-Leh Uga
Quote:


Ada iklannya emoticon-Leh Uga
Quote:


Nemu aja yg ginian emoticon-Cendol (S)
Btw ini calo terbuka namanya
talipun pak
Abuse of power.
itu nutup jalan buat PKL tanah abang sesuai prosedur?
cepet cepetan nelpon anies
Kandidat kuat penerima piala CITRA nih bos Manies
aktifis sosial??????



apa prestasinya????????


















emoticon-Cool
Debat Anies Baswedan vs Dishub DKI Dalam Kasus Ratna Sarumpaet
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di