alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Sekilas Tentang asa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac6d775a2c06e505b8b4568/sekilas-tentang-asa

Sekilas Tentang Jasa Hukum

Banyak orang mengira bahwa mereka dapat menjalankan hidupnya sesuai yang mereka inginkan. Padahal, selama seorang tersebut hidup di dalam suatu negara, maka ia secara tidak sadar akan selalu menjumpai hal-hal yang diatur oleh hukum. Pertanyaannya, apakah mereka mengetahui hukumnya dan akibatnya?

Kurang lebih satu bulan yang lalu, Ada postingan yang viral di Timeline Line, mengenai hak seorang wanita untuk mengambil cuti pada saat menstruasi. Pihak yang mengunggah postingan tersebut, dan banyak orang di kolom komentar, mengakui bahwa mereka baru mengetahui mengenai adanya hak tersebut. Padahal, aturan tersebut sudah ada sejak tahun 2003. Hal ini membuktikan bahwa masih sangat banyak masyarakat yang belum mengetahui aturan hukum yang mengatur segala aspek kehidupannya. Ini lah akibat dari dianutnya asas "Semua Orang Dianggap Mengetahui Hukum". Apakah asas tersebut merupakan hal yang buruk? tentu tidak, karena tanpa adanya asas tersebut, peraturan hukum tidak akan bisa dijalankan. Bayangkan saja kalau ada pembunuh yang tidak dihukum karena alasannya "saya tidak tahu kalau membunuh itu dilarang oleh hukum".

Oleh karena itu, Jasa Hukum ada untuk membantu anda dalam permasalahan hukum yang anda hadapi, mengingat HAMPIR SELURUH ASPEK KEHIDUPAN MANUSIA DIATUR OLEH HUKUM, baik sejak saat ia masih dalam kandungan, sampai ia mati.

Terus, kalau masyarakat sudah mengetahui hukum, masih diperlukan tidak Jasa Hukum?
jawabannya, masih sangat dibutuhkan. 

Prof. Jimly Asshiddiqie (Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi) pernah berkata kepada saya dalam suatu Pelatihan Hukum, bahwa Sarjana Hukum yang baik, tahu bahwa aturan hukum itu LEBIH DARI APA YANG TERTULIS di dalam peraturan perundang-undangan.

Perbedaan antara Sarjana Hukum yang baik dengan mereka yang bukan Sarjana Hukum, dapat dilihat apabila keduanya melihat suatu kaidah hukum, kesimpulan yang mereka ambil akan berbeda. Jangankan begitu, Antar Sarjana Hukum saja dapat berbeda pendapat!. Mau bukti? coba tanya ke mereka mengenai usia yang dianggap sebagai usia dewasa di Indonesia, apa dasar hukumnya? dan mengapa menggunakan dasar hukum tersebut?.

Jawaban yang akan anda temukan, antara 18 tahun, 24 tahun, atau bahkan 16 tahun (khusus wanita)!Dasar hukumnya? berbeda-beda.

Sebagai contoh lain, dalam UU Hak Cipta, ada kaidah hukum yang berbunyi:

"Setiap orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang menggunakan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan".

Bagi mereka yang bukan Sarjana Hukum atau bukan Sarjana Hukum yang baik, mereka mungkin memahaminya secara tersurat, sesuai dengan yang tertulis di dalam kaidah di atas, atau mungkin ada yang hanya menghapal tetapi tidak dapat menerapkannya dengan baik. Seorang Sarjana Hukum yang baik, dalam waktu singkat harus dapat membedah secara JELAS dan TERUKUR mengenai kaidah di atas secara satu persatu. Secara singkat, beginilah seharusnya pemikiran yang dilakukan seorang Sarjana Hukum ketika melihat aturan di atas:

- Setiap orang: ini hanya untuk orang, atau perusahaan juga bisa diartikan? kalau ini hanya untuk orang saja, perusahaan tidak bisa kena pasal ini dong?

-Izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta: ini izin maksudnya seperti apa ya? harus tertulis atau tidak ya? kalau tidak tertulis, nanti si Pencipta bisa menyangkal kalau dia pernah memberi izin. Susah dong pembuktiannya?terus kalau lah ini izin tertulis dalam bentuk perjanjian, sah gak ya perjanjiannya? perlu ada saksi tidak ya kalau dalam perjanjiannya? perlu materai gak sih? duh terus kalau harus perjanjian, gimana taunya kalau itu perjanjian menguntungkan klien atau tidak?

- Penggandaan dan/atau Penggunaan: duh ini maksudnya apa ya? bedanya apa ya?

- Secara Komersial: ini intinya untuk dapat untung kan ya? terus kalau melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan dengan tujuan Nobar di kafe klien, bisa tidak ya dibilang "secara komersial"? padahal kan mereka tidak bayar untuk Nobar, mereka kan bayarnya untuk makanan dan minuman saja

- Ciptaan: ini yang diciptakan seseorang kan? berarti kalau saya buat seni, disebut ciptaan kan? terus kalau ada orang lain mengklaim itu punya dia, bagaimana ya saya mempertahankan bahwa itu tetap Ciptaan saya dan kalau dia melakukan penggandaan, dia bisa kena pasal ini ya?

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, seorang Sarjana Hukum yang baik harus mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat, agar pasal tersebut dapat digunakannya untuk kepentingan Pengguna Jasa Hukum, baik dalam Konsultasi Hukum, Peninjauan Kontrak dan/atau Perancangan Kontrak. 

Walaupun begitu, mencari kaidah hukum yang tepat dan menerapkannya hanyalah bagian dari Jasanya (walaupun tidak semudah yang dipikirkan) karena Jasa Hukum, bukan hanya sekedar mencari dan menerapkan kaidah hukum yang tepat.

Dalam Konsultasi Hukum saja (harus diketahui metode Konsultasi Hukum berbeda-beda) setelah Pengguna Jasa Hukum menceritakan masalahnya, 

Hal kesatu yang harus dilakukan oleh Konsultan Hukum, adalah Legal Audit, yang artinya menelaah aturan-aturan hukum terkait permasalahan Pengguna Jasa Hukum (hal ini bukan hal yang mudah, mengingat  aturan hukum di Indonesia sendiri saja sangatlah banyak!, belum lagi kalau ada peraturan yang bertentangan satu dengan yang lain, dan/atau aturan yang tidak jelas, bahkan belum ada!).

Hal kedua, membuat Asumsi dan Kualifikasi, berdasarkan dokumen-dokumen hukum yang diterima, dan juga berdasarkan keterangan Pengguna Jasa Hukum.

Hal ketiga, merumuskan masalah hukum berdasarkan keterangan Pengguna Jasa Hukum.

Hal keempat, adalah menjawab masalah hukum tersebut, berdasarkan Legal Audit terhadap masalah Pengguna Jasa Hukum.

Hal kelima, adalah memberikan Saran Hukum kepada Pengguna Jasa Hukum terhadap masalahnya, termasuk langkah tepat apa yang harus Pengguna Jasa Hukum lakukan demi kepentingan diri-nya sendiri.


Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda,
Terima kasih.


SRS Legal Consultant
Diubah oleh: srslegal
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di