alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiasi Indonesia
4.17 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5abcdf1bc2cb1773588b457b/devi-eka-meramaikan-kembali-khazanah-plagiasi-indonesia

Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiarisme Indonesia

HOT THREAD #44

emoticon-Kiss (S) Halooo agan-sista sejagad Kaskus.. emoticon-Kiss (S)
emoticon-Kiss

Frontalbaby kembali dengan thread yang mudah-mudahan menarik, inspiratif, dan bermanfaat buat agan-sista semua.. emoticon-Embarrassment

Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiasi Indonesia
Sumber: drdianehamilton.wordpress.com

Agan-sista masih ingat dong, dengan kasus plagiasi yang dilakukan Afi Nihaya Faradisa? Kasus tersebut ramai di tahun 2017 lalu. Pasalnya, Afi sempat diundang ke beberapa acara dan bahkan ke istana Presiden terkait tulisan karyanya. Eh, ujung-ujungnya ketahuan bahwa banyak tulisan karya orang lain yang diklaim Afi sebagai tulisannya. Dengan kata lain, karya-karya Afi itu sesungguhnya hanya hasil copas! Ia kerap memposting tulisan di media sosialnya (facebook) dan terang-terangan mencantumkan "Oleh Afi Nihaya Faradisa". Bahkan setelah ketahuan memplagiasi dan kemudian meminta maaf, ia masih mengulangi kesalahannya. Plagiat lagiiii.. emoticon-Cape d... (S)

Nah, di tahun 2018 ini, dunia kepenulisan Indonesia kembali memanas oleh kasus plagiasi. Kali ini pelakunya bernama Devi Eka. Awalnya ane melihat timeline Facebook ane yang dipenuhi postingan teman-teman di grup kepenulisan. Banyak di antara mereka yang membahas soal plagiasi. Ada yang nyinyir-nyinyir nyindirin plagiator, ada yang membuat kalimat bijak terkait plagiasi, ada juga yang tak tanggung-tanggung membuat tulisan panjang membahas plagiasi. Ane pun curiga, kok kompakan begitu tema postingannya. Sampai akhirnya ane menemukan postingan salah satu netizen yang membahas tindak plagiasi oleh Devi Eka. Parahnya, karya yang diplagiasi oleh Devi Eka itu ternyata adalah milik temannya sendiri emoticon-Berduka (S).

Devi Eka yang berasal dari Purworejo itu memang mengikuti sebuah grup kepenulisan di Facebook yang member-membernya cukup produktif menghasilkan karya. Mungkin grup kepenulisan yang ia ikuti tak hanya satu itu saja (belum sempat stalking, akun facebook-nya keburu dinonaktifkan emoticon-Big Grin). Sayangnya, bergabung dengan grup kepenulisan rupanya bukan membuat Devi Eka belajar teknik menulis, melainkan ia gunakan untuk berkenalan dengan teman-teman penulis yang karyanya ia manfaatkan. Jahara ya.. emoticon-Berduka (S)

Spoiler for Hasil plagiasi Devi Eka:


Spoiler for Karya asli penulisnya di Wattpad:


Akibat ketahuan memplagiasi karya orang lain, pihak penerbit dan para penulis menelusuri karya-karya Devi Eka lainnya. Daaan, terkuaklah bahwa ternyata Devi Eka telah melakukan plagiasi terhadap banyak tulisan selama beberapa tahun belakangan. Terakhir, ane mendapatkan kabar bahwa ada 31 tulisan Devi Eka yang merupakan hasil plagiat. Dua di antaranya memenangkan kompetisi penulisan dan satu sudah terbit sebagai novel dari salah satu penerbit. Sisanya dimuat di berbagai media. Mantep kan? Cukup copas-copas doang, bisa dapet duit.. emoticon-Wakaka

Devi Eka sudah meminta maaf melalui akun facebook-nya dan katanya juga melalui jalur pribadi kepada penulis-penulis korban tindak plagiasinya. Beberapa hari yang lalu, ane masih bisa mengakses akun facebook Devi Eka. Tapi hari ini, akun facebook-nya sudah tidak ditemukan.

Spoiler for Permintaan maaf Devi Eka:


Berdasarkan desas-desus yang beredar, katanya hadiah-hadiah dari kompetisi kepenulisan yang diikuti oleh Devi Eka di mana ia menyerahkan karya hasil plagiat akan diminta kembali. Nah loh!

Salah satu penerbit yang mengangkat Devi Eka sebagai runner-up ambassador pun menarik gelar tersebut.

Spoiler for Gak jadi ambassador:


Penerbit Bentang yang membawahi Penerbit Novela juga sudah membeberkan klarifikasinya di Twitter terkait Devi Eka serta karyanya yang menang dan terbit di Novela.

Spoiler for Klarifikasi @bentangpustaka di Twitter:


Duh, hati-hati deh sama plagiasi. Plagiasi itu termasuk pencurian dan tindak pidana loh! Kalo para korbannya melaporkan, terus saksi dan buktinya memenuhi persyaratan, bisa dipenjara.. emoticon-Takut

Pelajaran buat para penulis dan penerbit/redaktur media juga nih. Jangan sampe melakukan tindak plagiat dan jangan sampe kecolongan publish karya plagiat.

Segitu dulu deh thread ane. Terima kasih buat agan-sista semua yang udah mampir buat baca, komen, dan rate thread ane. Buat yang mau kirim cendol juga boleh banget loh emoticon-Cendol (S)

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan di hati agan-sista emoticon-Embarrassment.

emoticon-Kiss (S) See you on my next thread emoticon-Kiss (S)
emoticon-Maaf Aganwati

Diubah oleh frontalbaby
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
UPDATE


Hari ini, tanggal 31 Maret 2018, sekitar pukul 10.00 WIB, akun Facebook Devi Eka aktif lagi dan memposting permintaan maaf & pengakuan karya yang telah diplagiasi..

Quote:
Diubah oleh frontalbaby
ramai lagi breh emoticon-Smilie
wah wah kasian author aslinya . . . .
Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiasi Indonesia
judul x terkesan agak bijimane gitu
Syukurdah kalo mengakui dan mau minta maaf emoticon-Stick Out Tongue
copas sana sini 😐
Quote:


yoo uda ramein dilonje bre 😆
Quote:


gitu gitu aja TS nya lumayan cantik lho breh emoticon-Big Grin
Plagiat hmm..
Trit d kaskus pun kadang ada yg ngambil terus g ngasih sumber..
emoticon-Ngacir
Quote:


Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiasi Indonesia
Suwokorrr....
udah juara kok ditarik?
Quote:


Devi Eka Meramaikan Kembali Khazanah Plagiasi Indonesia
Udah 31 tulisan, banyak juga sist
jd ingat sebuah id yg suka plagiat emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Sarkas gan.. emoticon-Embarrassment

Quote:


Mudah2an beneran minta maaf dari hati, ngerasa bersalah, dan sungguh-sungguh bertobat.. 31 karya loh yang dicurinya.. emoticon-ceyem
Quote:


Wih, Indonesia di atas rata-rata asean emoticon-Big Grin emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh B.Dog.God
ngga ada kapok2nya


Buat tukang plagiat= go to hell emoticon-Big Grin
Diubah oleh B.Dog.God
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di