travelingyukkAvatar border
TS
travelingyukk
2018, Era Baru Balap Mobil Telah Dimulai

Carscoops

Balap mobil selalu menyajikan tontonan yang menegangkan seperti ajang olahraga ekstrim lainnya. Bicara balap mobil, kita tentu mengenal ajang Formula 1 yang melahirkan bintang seperti Michael Schumacher, Fernando Alonso hingga Kimi Raikkonen (Jangan lupa jika terdapat pebalap Indonesia pertama yang pernah mencicipi lintasan F1 yaitu Rio Haryanto). Lalu ada ajang balap single seater di bawah F1 yaitu Formula 2 dan GP3. Kini juga ada balap mobil single seater yang disebut sebagai masa depan balap mobil yaitu Formula E yang mana bahan bakarnya menggunakan listrik, sebagai wujud kampanye energi terbarukan.

Melalui thread ini, TS ingin menceritakan sesuatu hal menarik perihal era baru balap mobil yang akan dimulai beberapa hari lagi di tahun 2018 ini. Yaitu adanya peraturan baru dari FIA perihal fitur keselamatan untuk para pebalap yaitu berupa perangkat pelindung di cockpit yang bernama HALO.


F1.com

Agan bisa melihat sendiri terdapat penampilan yang mencolok dari mobil Formula 1 yang akan menjalani debut perdananya musim ini pada tanggal 25 Maret nanti. Ya, terlihat sebuah pelindung yang terpampang menghiasi cockpit. Itulah HALO, sebuah perangkat yang sampai detik ini memunculkan protes keras dari para penggemar karena membuat mobil jadi terlihat jelek dan merusak keindahan estetika sebuah mobil Formula 1. Tak hanya penggemar, kabarnya peraturan baru ini juga tidak disukai oleh kalangan internal F1 itu sendiri, baik dari pebalapnya sampai ketua team Mercedes F1, sebuah team yang telah mendominasi F1 selama 4 tahun terakhir.

Quote:

Sebelum Memutuskan HALO, Terdapat Opsi Perangkat Aeroscreen


stuff.co.nz

Berbagai upaya telah dilakukan FIA dalam membuat sebuah perangkat untuk melindungi pebalap dari ancaman cockpit yang terbuka tersebut. Selain HALO, ternyata terdapat opsi perangkat lainnya yang dinamai Aeroscreen. Aeroscreen ini pelindung yang memiliki material mayoritas kaca, namun opsi ini dikesampingkan setelah melakukan beberapa tes karena menurut beberapa pebalap yang sudah mencobanya seperti Sebastian Vettel (Ferrari), ia mengaku pusing saat mengendarai mobil yang telah dipasangi perangkat Aeroscreen.

Setelah F1, Ajang Balap Mobil Lainnya Juga Turut Menyusul


Formula E

Setelah F1 yang akan menjalani musim 2018 dengan perangkat pelindung bernama HALO untuk pertama kalinya, ajang balap lain yang berada didalam naungan FIA juga akan menyusul. Sebut saja Formula E, ajang balap mobil listrik ini telah meluncurkan desain mobil terbarunya untuk musim 2018/2019. Di desain tersebut, mobil terbaru Formula E sudah di tambahkan perangkat HALO. Dan ajang balap mobil khas Amerika yaitu Indycar juga telah memulai perangkat pelindung cockpit. Bedanya, Indycar memutuskan menggunakan perangkat Aeroscreen seperti foto dibawah ini.


Akhir kata, pada tahun ini era balap mobil di dunia telah dimulai. Mulai kini tak akan ada lagi mobil dengan cockpit terbuka demi terciptanya keselamatan yang maksimal untuk para pebalap yang bertarung. Meski terdapat perdebatan hebat karena semakin safety sebuah ajang balap, semakin mengikis nilai murni dari ajang balap itu sendiri yang mengutamakan nyali dan adrenaline.

Ini Video yang menjelaskan mengapa ajang balap mobil membutuhkan perangkat pelindung seperti HALO


Sekian Thread dari TS, semoga bisa menambah wawasan para KASKUSER dimari
emoticon-Toast
tata604Avatar border
tata604 memberi reputasi
1
15.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan