alexa-tracking

KALIAN PASTI BELUM TAHU, INI KUNCI SUKSES FILM BIOGRAFI INDONESIA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aab42d662088136278b4567/kalian-pasti-belum-tahu-ini-kunci-sukses-film-biografi-indonesia
icon-hot-thread
KALIAN PASTI BELUM TAHU, INI KUNCI SUKSES FILM BIOGRAFI INDONESIA

KALIAN PASTI BELUM TAHU, INI KUNCI SUKSES FILM BIOGRAFI INDONESIA

Sebelum ane membahas apa yang ingin ane sampaikan, kita perlu bertepuk tangan dengan kualitas perfilman Indonesia yang semakin maju, kita bisa tengok kualitas film-film orang kita, ga kalah bagus dari punya orang luar, ane harap agan pada setuju.
Ya sebagai contoh untuk filmnya si Mas Joko yang mendunia hingga sampai ke banyak negara, dan juga film Indie dari anak bangsa yang berjudul Tengkorak, itu merupakan kualitas film dunia kalo menurut ane.

Walaupun itu semua tergantung selera, tapi penghargaan kadang ga bisa bohong juga kan hehe. Kalo ada yang masih jelek-jelekin film Indonesia, berarti perlu banyak nonton lagi nih biar bisa tahu kualitas kita.
Okelah, kita masuk ke pembahasan aja ye, karena ane mau fokus untuk membahas film biografi. Menurut ane Based on true story is awesome movie “selara ya gan”

--------
Sebuah film tidak akan sempurna jika segala aspeknya tidak bekerja sama untuk saling membangun sebuah karya yang sempurna. Aktor tidak dapat beracting sendiri tanpa adanya sutradara sebagai leader dalam penggarapan, tim artistik tidak akan berguna jika tidak ada aktor yang memanfaatkan artistik yang ada, sebuah script juga tidak ada gunanya dan belum bisa disebut sebuah drama atau film jika belum ada yang menggarapnya. Begitu pun sutradara, tidak ada apa-apanya jika dia bergerak seorang diri tanpa adanya aktor, produser, tim artistik, dan yang lainnya yang bisa mendukung sebuah proses penggarapan.

Kesuksesan sebuah karya terutama sebuah film bukan sekadar tentang bagaimana aktor itu memerankan sebuah tokoh, tetapi semua aspek akan dinilai oleh para penonton nantinya hingga terbentuk sebuah penilaian baik atau buruknya sebuah film. Walaupun dalam praktinya, terkadang sutradara memeng menjadi kunci utama dalam kesuksesan film, dengan kata lain, seorang sutradara akan mendapat cacian jika sebuah film yang digarapnya tidak mendapat hati bagi para penikmat film, namun sebaliknya terkadang jika sebuah film itu sukses maka para penikmat terkadang melupakan sosok sutradara dan terus memuja sang aktor. Ini tidak salah, karena sangat jelas bahwa sutradara tidak muncul ketika para penonton menikmati karya itu, yang dilihat hanyalah aktor yang berperan. Namun kali ini saya akan coba menilik kesuksesan sebuah film dari segi penggarapan yang dilakukan oleh sutradara terhadap filmnya terutama pada film biografi.

Secara garis besar, film biografi berasal dari kisah nyata seorang tokoh yang memang umumnya bisa dijadikan panutan atau tokoh bersejarah yang memang punya kualitas hidup yang luar biasa. Dalam proses penggarapan sebuah film biografi, sutradara dituntut untuk bisa membawakan segala bentuk konsep yang sesuai dengan apa yang terjadi oleh tokoh aslinya. Oleh karena itu kejelian dari sutradara sangat dipertaruhkan dalam film biografi tersebut.
Berikut ini ada beberapa aspek yang menurut saya sangat penting dan menentukan film biografi itu layak atau tidak

Spoiler for "1. Penyesuaian latar tempat":


Spoiler for "2.Kecerdasan Memilih Aktor":


Spoiler for "3. Memperhatikan detail iklim sosial pada masanya":


Spoiler for "4. Observasi mendalam terutama untuk tokoh yang diangkat":


Itu dia gan, pendapat ane tentang kesuksesan sebuah film biografi yang menurut ane, film dengan latar kisah nyata jauh lebih mengesankan, karena ane pribadi suka dengan aliran realis.
KALIAN PASTI BELUM TAHU, INI KUNCI SUKSES FILM BIOGRAFI INDONESIA

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-I Love Indonesia




Spoiler for SUMBER:



-----------
Komeng Mangstab
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:
Pertamax!!! emoticon-2 Jempol
Setuju gan! Kalo boleh ane tambahin, sutradaranya juga menentukan emoticon-2 Jempol
Numpang pejwan emoticon-Goyang emoticon-Goyang
ane setuju tuh gan..sm poin no 2...

sampe sutradara salah milih aktor, kelar tuh film..failed


emoticon-Hammer2
Durasi film. minimal 2 jam lah kalo film biografi itu emoticon-Big Grin
rada pegel kalo nonton biografi
emoticon-Traveller
maju terus ya
Gimana ya, klo uda ada nama "film indonesia", agak males nonton, no offense ya gan, emoticon-Nyepi
bio miwon kayaknya lebih enak
emoticon-Cendol Gan
yang penting diperankan oleh reza rahardian gan emoticon-Cool
susah klo genre yg ini
ane blm pernah nonton emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk KALIAN PASTI BELUM TAHU, INI KUNCI SUKSES FILM BIOGRAFI INDONESIA
Genre sepi peminat kayaknya ini.
Betul, observasi itu penting.. salah detil dikit, ntar dikritik, bisa bikin calon penonton lainnya mengurungkan niat buat nonton.. emoticon-Belo
Nyang pertama kali terbayang kurang seru gan emoticon-Peace
Thread yang bagus, layak ht emoticon-Rate 5 Star
kurang bisa menggali potensinya
tapi sayangnya masih minim film dan peminat jenis itu di Indonesia
tapi sayangnya masih minim film dan peminat jenis itu di Indonesia