alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a83de2edbd7703b058b457c/sektor-kesehatan-indonesia-dilirik-dunia

Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia

Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia

 JPP, JAKARTA - Investasi di sektor kesehatan melonjak tajam. data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, total nilai investasi di sektor kesehatan melonjak dua kali lipat sejak disahkannya Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. 

Hal ini diutarakan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada acara breakfast meeting yang dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri dan 34 Kepala Perwakilan RI pada hari Selasa (13/2/2018) pagi. Dalam breakfast meeting di Hotel Borobudur tersebut, Menkes memaparkan pertumbuhan investasi di sektor kesehatan pasca disahkannya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. 

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, total nilai investasi di sektor kesehatan melonjak dua kali lipat sejak disahkannya Inpres dimaksud. Total nilai investasi di industri farmasi berada di angka Rp2,6 triliun pada periode 2014-2015. Namun sejak disahkannya Inpres Nomor 6 tahun 2016, angka investasi di sektor ini melonjak ke angka Rp5,38 triliun pada periode 2016-2017. 

“Peningkatan nilai investasi di industri alat kesehatan naik lebih tinggi lagi dari Rp718 miliar di tahun 2014-2015 melompat ke angka Rp3,91 triliun di tahun 2016-2017," ujar Menkes. 

Kepala Perwakilan RI memiliki peran yang besar untuk menjaga momentum positif ini. Menkes menyampaikan beberapa langkah yang kiranya dapat dilakukan oleh para Kepala Perwakilan untuk terus mengawal tren positif di sektor kesehatan, antara lain, dengan mencari peluang kerja bagi perawat asal Indonesia, peningkatan ekspor alat-alat kesehatan, peningkatan investasi asing di sektor kesehatan, serta pembentukan kerja sama sister hospital antara rumah sakit di Indonesia dengan rumah sakit di luar negeri. 

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menyampaikan, Indonesia sebenarnya kebanjiran tawaran kerja sama di bidang industri kesehatan. “Beberapa potensi kerja sama yang sudah kita terima sejauh ini, antara lain, kerja sama pengembangan energi nuklir untuk kesehatan dengan International Atomic Energy Agency (IAEA), tawaran pengembangan insulin dan digital health dengan Denmark, tawaran kerja sama pengembangan mobile healthcare untuk wilayah terpencil dengan Belanda, serta pengembangan industri biofarma dengan Perancis," ujar Wamenlu. 

Untuk itu, Wamenlu menegaskan pentingnya agar Kementerian Luar Negeri bersama-sama dengan Kementerian Kesehatan menyusun program kerja untuk segera merealisasikan langkah-langkah diplomasi kesehatan Indonesia demi peningkatan kerja sama internasional di sektor kesehatan.

Menkes dan Wamenlu juga menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri memegang peranan penting agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar bagi industri kesehatan asing, namun juga menjadi pemain besar di tingkat dunia, baik sebagai perumus peraturan internasional di sektor kesehatan maupun sebagai global market player, melalui kolaborasi antara Pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan. 

“Indonesia selalu terlibat aktif dalam perumusan peraturan kesehatan di forum internasional. Indonesia, antara lain, merupakan anggota Executive Board WHO tahun 2018-2021, anggota Troika Steering Group Global Health Security Agenda, dan anggota Health Working Group G-20," Menkes menambahkan. ?

Breakfast meeting merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI (Raker Keppri) tahun 2018 yang telah dimulai sejak tanggal 12 hingga 15 Februari 2018 dengan mengumpulkan 134 Kepala Perwakilan RI di luar negeri.

Raker Keppri tahun 2018 difokuskan untuk membahas langkah-langkah diplomasi mengenai isu-isu strategis nasional, termasuk sektor kesehatan, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada pembukaan Raker Keppri sehari sebelumnya. (kln)

 

  •  



Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/kesehata...-dilirik-dunia

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia Kementan-FAO Kembangkan Pertanian Konservasi di Sulteng

- Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia Menteri Enggartiasto Pastikan Beras Impor Akan Masuk Stok

- Sektor Kesehatan Indonesia Dilirik Dunia Tumbuh Tertinggi se-ASEAN, Indonesia Masuk One Trillion Club

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
perawan cantik !
make indonesia healty great again emoticon-Leh Uga
Selamat emoticon-Selamat
Semoga menjadi lebih baik kedepannya
Sektor pangan masih jarang ya brehhh, emoticon-Big Grin
mantap ini gan, bakalan makin canggih indonesia di bidang kesehatan
Diubah oleh DeVilZo1
Quote:


amin
Negeriku sungguh keren ! emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
apakah ada maksud dibalik itu?
Percuma dilirik dunia jika pelayanan kesehatan berpihak pada yang berduit banyak
Diubah oleh cak.roe
ish.....
Di era jokowo kinerja penjabat lebih terlihat kerja nyatanya emoticon-Big Grin
Mantap gan, sektor kesehatan kita mulai dilirik dunia emoticon-Toast


Emang the best lah kabinet Pak Jokowi ini, salam 2 periode emoticon-Imlek
Diubah oleh panjul1993
ada kemajuan
Mantap emoticon-I Love Indonesia
pejwanemoticon-Cool
mari menuju ke arah yang lebih baik lagiemoticon-I Love Indonesia
Zadit udh baca ini belum? baiknya sih membaca
asal jangan disalahgunakan aja sih ini
ngeri juga jangan2 ntar mau ke rumah sakit aja ada unsur komersialisasinya
nah itu, semoga tetap sasaran dan berdaya guna merata keseluruh pelosok nusantara
Sepertinya penyebab meningkatnya hal ini tak lepas dari adanya bpjs kesehatan yang lebih menaksimalkan puskesmas-puskesmas yang ada dipromo kecamatan-kecamatan agar bisa mandiri dan juga melakukan perawatan secara maksimal sebelum di rujuk ke rumah sakit besar. Cuman masyarakat masih agak was-was juga jika dirawat di puskesmas, mengingat adanya tenaga dan juga fasilitas yang belum lengkap dan terkesan dipaksakan.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di