rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Empat Cara Menghindari Penipuan Online Shop


Transaksi belanja online sudah menjadi sebuah tren, khususnya masyarakat urban. Dengan berbagai kemudahan, proses belanja online membuat Anda lebih mudah untuk mencari berbagai keperluan sehari-hari. Jika ingin membeli sebuah produk yang dibutuhkan, Anda hanya cukup membuka laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet maka proses pencarian dan pembelian barang yang Anda inginkan akan sangat mudah.

Saat ini transaksi online sudah banyak dilakukan oleh masyarakat modern di Indonesia, namun ternyata masih banyak yang mengalami tertipu oleh oknum toko online yang tidak bertanggungjawab. Angka kerugian yang dialami korban yang tertipu pun terbilang cukup besar, bahkan ada yang tertipu hingga puluahan juta rupiah dari pembelian barang di internet.

Anda pastinya tidak ingin mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, cobalah cara berikut agar Anda tidak mengalami penipuan saat berbelanja di online shop.

1. Cek Reputasi Penjual
Jangan mudah percaya dengan jumlah followers online shop yang ratusan ribu. Mungkin saja jumlah tersebut fiktif supaya menarik kepercayaan pembelinya. Setelah tahu nama online shop-nya, kita bisa browsing untuk tahu reputasi toko tersebut. Kalau reputasinya jelek atau pernah terlibat penipuan, kita akan segera tahu.

2. Selalu Minta Bukti Pengiriman
Setelah proses pembayaran, Anda tinggal menunggu barang sampai di tujuan. Tapi jangan lupa, biasakan untuk meminta bukti pengiriman atau resi setiap kali transaksi online. Supaya Anda juga bisa tracking barang saat pengiriman.

3. COD atau Fasilitas Rekening Bersama
Saat belanja barang yang harganya tergolong mahal lebih baik Anda menggunakan jasa COD (Cash on Delivery) atau rekening bersama. Jadi ada perantara yang membantu Anda untuk transaksi. Mereka akan mencairkan Anda ke penjual ketika barang sudah diterima dengan aman. Kalau online shop tersebut memang terpercaya, mereka pasti menyediakan fasilitas tersebut.

4. Simpan Bukti Transaksi
Setelah transfer, ada baiknya Anda tetap menyimpan bukti transaksi dan chat Anda dengan si penjual. Jadi ketika barang tidak sampai atau ada kerusakan, Anda masih punya bukti saat proses pembelian. Jadi akan lebih mudah klaim barang yang tidak sesuai dengan pesanan.

https://fakta.news/kolom/empat-cara-...an-online-shop
0
706
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan