alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Kerambit, Dilupakan Militer Indonesia Dipakai US Marshals
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5f008b1cbfaadc728b4568/kerambit-dilupakan-militer-indonesia-dipakai-us-marshals

Kerambit, Dilupakan Militer Indonesia Dipakai US Marshals

Kerambit, Dilupakan Militer Indonesia Dipakai US Marshals


Quote:


GARDANASIONAL, JAKARTA - Jika Anda pernah menonton film The Raid 2: Berandal, pasti tidak akan melupakan adegan perkelahian antara Iko Uwais dan The Assasins yang menggunakan kerambit.

Nama kerambit sendiri sebenarnya sudah dikenal di kalangan militer Asia Tenggara dan Amerika Serikat. Yang menarik adalah senjata ini kurang akrab bagi prajurit TNI, dan justru menjadi senjata wajib personel US Marshal.

Kerambit, Dilupakan Militer Indonesia Dipakai US Marshals

Padahal, kerambit merupakan khas Minangkabau alias asli Indonesia. Belum lagi senjata yang mempunyai nama lain, kurimbiak atau karambiak ini dikenal sangat mematikan.

Mengapa sangat mematikan? karena kekuatan kerambit memiliki tiga efek dalam satu pukulan, yakni luka robek, hantaman tangan dan racun yang menempel di kerambit. Tak salah jika kerambit sejajar dengan pisau kukri milik prajurit Gurkha Nepal dan pedang samurai.

Asal Mula

Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinsipirasi kuku harimau yang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu. Karena manjur sebagai senjata ampuh di tiap seni beladiri, kerambit akhirnya diperjualbelikan di jaringan perdagangan Asia Tenggara hingga ke negara-negara, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.

Kerambit makin populer pada tahun 2005, di mana beberapa perusahaan besar AS seperti Emerson Knives dan Strider Knives membuat pisau kerambit dalam jumlah banyak. Pelopor penggunaan kerambit adalah Steve Tarani yang mempunyai dasar kerambit dari Silat Cimande Sunda.

Cara Penggunaan

Senjata dipegang dengan memasukkan jari pertama atau telunjuk ke dalam lubang di bagian atas pegangan. Sehingga posisi lengkungan pisau mengarah ke depan dari bagian bawah kepalan tangan. Hal ini digunakan dalam pemotongan dengan cara memutar tangan ketika kerambit telah mengenai sasaran, sehingga bagian dalam dari sasaran, seperti urat, usus dan lainnya menjadi putus. Luka akibat kerambit terlihat kecil dari luar, namun didalamnya.

Dengan masuknya jari telunjuk ke dalam lobang gagang kerambit, membuat lawan sulit untuk melucuti senjata tersebut dan memungkinkan kerambit untuk bermanuver di jari-jari tanpa kehilangan pegangan. Bentuk yang kecil, membuat kerambit bisa digunakan dalam dua serangan dalam satu gerakan tangan.

Varian Kerambit

Meski secara umum bentuk kerambit adalah sama yaitu melengkung dan memiliki lobang dibagian pegangannya, namun dalam perkembangannya kerambit memiliki beberapa varian. Dari bilah tajamnya terbagai menjadi dua yaitu tajam tunggal dan tajam ganda (double edges).

Sedangkan di Indonesia sendiri, kerambit ada dua yaitu kerambit Jawa Barat dan kurambiak/karambiak Minang. Perbedaannya adalah kerambit Jawa Barat biasanya memiliki lengkungan yang membulat, sedangkan kerambit Minang memiliki lengkungan siku.

Berikut beberapa jenis kerambit di Nusantara:

Kuku Alang (kuku elang), Lawi ayam: Cakar elang/ayam dari Sumatera Barat
Kuku Harimau: Sumatera Barat, Jawa Barat dan Madura
Kuku Bima: Jawa Barat, Jawa Tengah
Kuku Hanoman: Jawa Barat
Kerambit Sumbawa: Pulau Sumba
Kerambit Lombok: Lombok





Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
mantapgan
sundul
Orang indonesia secara kultur lebih terbiasa dengan alat yg besar ... pedang parang panah tombak ... silahkan cek senjata khas masing2 daerah ...


Karambit juga bukan jadi senjata utama di daerah sumatra barat ..


Pertarungan jarak dekat bukan tipikal orang indonesia ...

Jika ada pun ... itu antar sesama jagoan yg sportif menggunakan tangan kosong dan mengandalkan tehnik bela diri silat dll ...



Membudidayakan karambit ... harus mengubah budaya indo yg lebih mengedepankan kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah daripada menggunakan cara koboi duel one on one ...


No further explanation is indeed for me ...
Quote:


Gak paham dengan suku lain, kalau suku saya (karo) senjatanya di khususkan untuk pertarungan jarak pendek gan (tumbuk lada) panjangnya hanya setapak tangan.
(kalau senjata tradisional yg kegunaannya utk membunuh pd jamaan dahulu ya)
Judulnya terlalu bombastis buat ukuran Formil
Www jadi inget om Liam Neson duel lawan musuhnya pake karambit
Quote:


Setau we .. org indo .. terutama suku batak .. dan karo sebagai sub suku nya meski masih jadi perdebatan .... tidak suka duel one on one yg berujung pada kematian layaknya cowboy zaman old yg pake pistol ...


Di indo prinsip adat itu masih kuat ... kalau pun harus memggunakan senjata ... itu saat perang .. bukan duel ...

dan karambit atau senjata jarak dekat lain nya ... digunakan sebagai secondary weapon ... bukan main weapon ...

makanya jarang ada org indo bisa pakai karambit selain di minang sejauh yg we tau ...



Dan tni bukan hanya terdiri dari minang ...



Karambit mmg lebih efektif dari pisau lurus ...


Mau gmn lagi .. bule adopsi indo ... pake karambit ..

Indo adopsi bule ... pake piso rambo ...
Kerambit mah idealnya buat self defence ga cocok buat tentara, yang cocok buat tentara tuh yg multi purpose seperti sangkut, bowie knife, atau bayonet multi fungsi seperti bayonet ak47 atau bayonet jerman barat, bisa buat potong kawat, gergaji, buka tutup botol, obeng dll, bisa di gunakan untuk menebas atau tusuk
Quote:


Makanya jujur ane menyayangkan, kenapa dibikin seolah2 kita "melupakan" dan diambil oleh negara lain. Padahal emang dalam gear militer sisi fungsionalitas dan versatilitas lebih diperlukan daripada sekadar keren-kerenan.

Buat apa perang bawa2 kerambit tapi buat motong kawat berduri, motong kayu, atau pekerjaan utilitas lainnya aja gak bisa.
Quote:


Indonesia kudu bikin unit kesatuan assassin emoticon-Traveller
kan lumayan buat operasi senyap
Beritanya aneh,

ngak bahas dengan detil Karambit adalah senjata wajib US Marshal, wajibnya bedasarkan apa? mandat US Marshal? Personal Preference? plus cuma ada satu photo orang bawa karambit.

Kedua, bandingin perlengkapan US Marshal yang merupakan lembaga penegak hukum (fungsinya menangkap fugitive, kawal juri, kawal napi, kawal saksi) dengan Militer, jelas gak nyambung.

Klo disamain US Marshal fungsinya hampir mirip sama reserese disini, klo reserse bertugas IMHO yang bawa karambit pasti ada.
Mungkin disini lebihnke personal nya saja ya belum menyentuh kesatuan.
Lebih familiar pake parang...nebas semak belukar, potong hewan, belah kelapa, getok kepala emoticon-Big Grin...tuh pas di timtim pada bawa parang ( baik gerilyawan ato tni )...multirole emoticon-Malu
Quote:


Intermeso. Bagi kami (Batak adalah Toba & karo suku yg berdiri sendiri)
Nah.
Suku Karo justru sangat terkenal dengan one by one nya. Dan bila terlibat pertikaian selalu saja mengutamakan / mengandalkan tumbukladanya. Hingga sekarang (walau sudah hampir punah) tradisi bela diri (ermayan) pertempuran (bacok²kan dalam satu sarung) ini sudah sangat jarang di pertunjukkan.

Bicara soal adat pasti setiap suku hampir sama yang mengedepankan perundingan tanpa kekerasan.
.....

Karambit sangat lah tepat sebagai senjata terakhir (secondary weapon) dalam pertempuran jarak dekat (bila terjadi). Selain bentuknya yang menyulitkan lawan melucuti itu senjata, daya rusak nya (tubuh lawan) sangat lah besar.
Sayang sangat emang TNI lbih milih sangkur.
Sekalian aja tanyain kenapa chodanco JSDF gak nenteng2 katana lagi
Quote:


memangnya karambit yang diperdebatkan itu bagaimana? apakah memang us marshal betulan mengadopsi "karambit asli indonesia" ataukah ada senjata sejenis atau mengembangkan sendiri mungkin. senjata tajam dengan karakteristik demikian walau unik tetapi kemungkinan bukan hanya 1-1nya di dunia. mungkin pernah ada bangsa lain yang memiliki.

Senjata2 tradisional asli Indonesia itu kan sebenarnya memang senjata yang sifatnya self devens. Hanya untuk pertahanan diri. Sebut saja keris, karambit, rencong, dsb yang memang biasanya kalau dalam perang jaman dulu dipegang oleh komandan pasukan.

Pasukannya ya tetep pakai pedang, tombak, panah, parang, dsb yang punya jangkauan lebih jauh.

Kalau soal karambit sih, setuju judulnya terlalu lebay. Ini bukan soal ditinggalkan atau dilupakan. Ini cuma soal pilihan kok.
Gak sekalian TNI disuruh bawa keris? jgn sampe nti dipake US Army
brimob kedung halang bogor juga ada yang memakainya, kadang suka diselipkan disamping holster pinggang sebelah kanan
Quote:


Boleh kapan2 dibuat video review nya ...


Quote:


coba ente cek di ksatrian satbrimobda, kan lagi di sumatera tuh
ada engga perlengkapan kerambit di samping holster pinggangnya sebelah kanan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

atau hanya personil yang di mako resimen III pelopor kedung halang bogor saja yang dilengkapi emoticon-Amazed
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di