tuandornaAvatar border
TS
tuandorna
PENGHANCURAN KUIL-KUIL PAGAN OLEH KAISAR THEODOSIUS I


Penganiayaan Kristen atas paganisme di bawah Theodosius I dimulai pada tahun 381, setelah beberapa tahun pertama masa pemerintahannya sebagai kaisar di bagian timur Kekaisaran Romawi.Pada tahun 380an, Theodosius mengulangi larangan Konstantin mengenai pengorbanan kafir, dilarang melakukan Haruspicy dengan ancaman hukuman mati , mempelopori kriminalisasi hakim yang tidak memberlakukan undang-undang anti-kafir, membubarkan beberapa asosiasi pagan dan menghancurkan kuil-kuil pagan.

Antara 389 dan 391 dia mengeluarkan “keputusan Theodosian,” yang menetapkan larangan praktis untuk paganisme; kunjungan ke kuil dilarang, liburan pagan yang tersisa dihapuskan, api suci di Kuil Vesta di Forum Romawi dipadamkan, Vestal virgin dibubarkan, peringatan dan sihir dihukum.

Theodosius menolak mengembalikan Altar Kemenangan di Rumah Senat, seperti yang diminta oleh Senator kafir

Dari saat ini sampai akhir masa pemerintahannya di tahun 395, sementara orang-orang kafir tetap terang-terangan dalam tuntutan mereka untuk toleransi, dia memberi wewenang atau berpartisipasi dalam penghancuran banyak kuil, tempat suci, gambar dan objek kesalehan di seluruh kekaisaran. dalam tindakan oleh orang Kristen terhadap situs pagan utama.

Dia mengeluarkan undang-undang komprehensif yang melarang ritual kafir publik, dan terutama menindas Manicheans.Dia mungkin telah menekan Olimpiade games kuno, yang terakhir catatan perayaan adalah dari 393

TOLERANSI AWAL(379-381)


Spoiler for Pengorbanan babi muda di Yunani kuno 510-500 SM, oleh Epidromos Painter , koleksi dari Louvre:


Theodosius I, yang awalnya memerintah hanya di timur sebagai ko-kaisar, telah bersikap toleran terhadap orang-orang kafir pada awal masa pemerintahannya.Dia dikenal telah menunjuk banyak orang kafir ke kantor pemerintahan di awal pemerintahannya.Misalnya, ia menunjuk seorang kafir, Eutolmius Tatianus sebagai prefek praetorian Mesir.Untuk bagian pertama pemerintahannya, Theodosius tampaknya telah mengabaikan posisi semi resmi para uskup Kristen.Sebenarnya, dia telah menyuarakan dukungannya untuk pelestarian kuil atau patung pagan sebagai bangunan publik yang bermanfaat.Dalam masa pemerintahannya awal, Theodosius cukup toleran terhadap orang-orang kafir, karena ia membutuhkan dukungan dari kelas penguasa kafir berpengaruh.Namun, dia pada saatnya akan membasmi sisa-sisa paganisme terakhir dengan sangat berat.

Toleransi Theodosius I yang relatif terhadap agama lain juga ditunjukkan oleh perintahnya yang kemudian (pada 388) untuk rekonstruksi sebuah sinagoga Yahudi di Callinicum di Mesopotamia.

UPAYA PERTAMA UNTUK MENGHAMBAT PAGANISME(381-388)

Spoiler for Persiapan sebuah pengorbanan hewan; marmer, fragmen dari arsitektur lega , kuartal pertama abad ke-2; dari Roma, Italia:


Upaya pertama untuk menghambat paganisme berada di 381 ketika ia menegaskan larangan Konstantinus pada pengorbanan. Pada 384 ia melarang haruspicy dengan ancaman hukuman mati.

Baik Theodosius dan Valentinian II secara formal mengakui Maximus pada tahun 384. Untuk sementara, orang-orang kafir menikmati kebebasan beragama sekali lagi dan banyak orang-orang kafir yang terkenal naik ke kantor-kantor penting di negara bagian tersebut.

Fakta bahwa candi terus dirawat dan bahwa festival kafir terus dirayakan ditunjukkan oleh hukum 386, yang menyatakan peduli bahwa untuk kuil-kuil dan festival adalah hak prerogatif eksklusif orang-orang kafir.Hukum ini juga menegaskan hak para imam untuk melakukan ritual pagan tradisional di kuil-kuil.

Pada tahun 387, Theodosius mengumumkan perang terhadap Maximus setelah Maximus membawa Valentinian II keluar dari Italia.,Maximus dikalahkan dan dieksekusi dan peraturan anti-kafir Gratian rupanya dipulihkan oleh Valentinian II.

Pada 388 ia mengirim prefek ke Suriah, Mesir, dan Asia Kecil dengan tujuan memecah asosiasi pagan dan penghancuran kuil-kuil mereka. Serapeum di Alexandria dihancurkan selama kampanye ini

DEKRIT THEODOSIAN(389-391)


Spoiler for Theodosius I dan Saint Ambrose:


Dalam keputusan dekrit itu Theodosian menyatakan hari-hari pesta pagan/Kafir sekarang menjadi hari kerja(389).

Pada tahun 391, dia mengulangi larangan pengorbanan darah dan memutuskan bahwa “tidak ada orang yang pergi ke tempat-tempat suci, berjalan melalui kuil-kuil, atau mengangkat matanya ke patung-patung yang diciptakan oleh tenaga manusia.(SK ” Nemo se hostiis polluat “, Codex Theodosianus xvi.10.10 )

Juga pada tahun 391, Valentinianus II yang merupakan kaisar di Barat bawah dukungan Theodosius, di bawah nasihat dari Ambrose mengeluarkan hukum yang tidak hanya dilarang pengorbanan tetapi juga melarang siapa pun dari mengunjungi kuil-kuil.Valentinianus II menutup kuil-kuil pagan.

Kaisar Theodosius, yang telah memerintah di Timur, telah relatif toleran terhadap orang-orang kafir di bagian awal pemerintahannya…Theodosius keras terhadap kaum Arian,bidat dan yang murtad dari kristen.kaisar menghukum para kristen yang kembali murtad kepada agama lama/paganisme dan menghukum para peramal.

Pada awal pemerintahan nya yang toleran Theodosius menempat kan para pagan ke perkantoran pemerintah.Misalnya, ia menunjuk pagan Tatianus sebagai prefek praetorian Mesir.toleransi nya bagi agama lain ditunjukkan dengan perintahnya 388 untuk rekonstruksi rumah ibadat orang Yahudi di Callinicum di Mesopotamia, yang telah dihancurkan oleh seorang uskup dan kawanan Kristennya.

Setelah kematian Maximus, Valentinian II, di bawah naungan Theodosius, sekali lagi menduduki jabatan kaisar di Barat.Valentinian II menolak mengembalikan Altar kemenangan ke gedung senat dengan nasehat Ambrose walau para pagan memohon kan pengembalian itu.Theodosius juga membubarkan Vestal virgin yang merupakan ritual pagan.

Valentinian dibunuh, mungkin dengan agen Arbogast. dan Eugenius , seorang profesor retorika, diproklamasikan menjadi kaisar. ritual keagamaan leluhur sekali lagi dilakukan secara terbuka dan Altar of Victory dipulihkan

Candi-candi yang di tutup di tinggal kan terbengkalai. Uskup Theophilus dari Alexandria mengajukan izin untuk menghancurkan situs pagan dan di atas nya di bangun gereja kristen.Dengan keputusan pada tahun 391, Theodosius mengakhiri subsidi yang masih menetes ke beberapa sisa-sisa paganisme sipil Yunani-Romawi

api yang kekal pada Kuil Vesta di Forum Romawi di padam kan.dan Vestal Virgins dibubarkan.siapa yang mempraktek kan ilmu nujum dan sihir di hukum.seorang anggota senat pagan meminta Kaisar mengembalikan Altar of victory nya kaum pagan ke gedung senat di tolak.

Dektrit Theodosian muncul atas hasutan dan pengaruh dari Ambrose , Uskup Milan .Di bawah pengaruh besar Ambrose, kaisar Gratianus , Valentinianus II dan Theodosius I dilakukan penganiayaan terhadap Paganisme atas hasutan uskup Milan itu.Ambrose membujuk Gratianus, Valentinian dan Theodosius untuk menolak permintaan untuk mengembalikan Altar.

Hukuman untuk memuja gambar pagan buatan manusia adalah penyitaan rumah pribadi. Hukuman individu untuk mengorbankan di kuil atau tempat suci adalah denda dua puluh lima pon emas

Pada tahun 391 di Alexandria setelah terjadinya kerusuhan anti-pagan hebat “patung Serapis yang berdiri di dinding, ruang depan, pintu dan jendela setiap rumah robek dan dimusnahkan…..Dan di tempat mereka tanda salib Tuhan dilukis di ambang pintu, atap, jendela dan dinding, dan di atas tiang.

PERANG PAGANISME OLEH THEODOSIUS(392-395)


Spoiler for Reruntuhan kuil vesta:


Kota Roma masih mayoriti pagan di banding kristen hingga tahun 390 an.Gaul, Spanyol dan Italia utara, di semua daerah perkotaan, adalah orang kafir, kecuali Milan yang tetap setengah kafir.Pada tahun 392, Theodosius menjadi Kaisar juga bagian barat Kekaisaran Romawi, kaisar terakhir yang memerintah keduanya. Pada tahun yang sama ia secara resmi mulai mengharamkan praktek paganisme.pada saat ini Kaisar menghancurkan banyak kuil pagan di seluruh wilayah kekaisaran.

TINDAKAN KRISTEN TERHADAP SITUS UTAMA PAGAN/KUIL RAKSASA SARAPEUM

Spoiler for Papyrus gambar Paus Theophilus dari Alexandria , Injil di tangan, berdiri penuh kemenangan di atas Serapeum di 391:


Theodosius berpartisipasi dalam tindakan oleh orang Kristen terhadap situs pagan utama: penghancuran raksasa Serapeum oleh tentara di tahun 391, menurut sumber-sumber Kristen disahkan oleh Theodosius ( extirpium malum ).Massa kristen juga menghancur situs raksasa pagan itu.

Eusebius menyebutkan pertempuran jalanan di Alexandria antara orang Kristen dan orang-orang non-Kristen sejak tahun 249, dan orang-orang non-Kristen telah berpartisipasi dalam perjuangan melawan Athanasius pada tahun 341 dan 356.George dari Cappadocia terbunuh dalam pertikaian.

REPRESI RITUAL PAGAN,RELIGIO ILICITA

Spoiler for Lares dari Axatiana (sekarang Lora del Rio ) di Romawi Spanyol , awal abad ke-1 Masehi ( National Archaeological Museum of Spain ).:


Theodosius mengeluarkan sebuah undang-undang komprehensif yang melarang dilakukannya pengorbanan atau pemujaan kafir.Theodosius melarang petugas istana dan hakim dari menghormati Lares(Dewa penjaga) dengan api, Genius(semacam malaikat pelindung) mereka dengan anggur, atau mereka Penates (Dewa rumah tangga)dengan dupa. Manicheans dicari oleh informan, dibawa ke pengadilan dan dalam beberapa kasus dieksekusi

paganisme sekarang dilarang, sebuah “illicita religio

REPRESI DARI 393 SAMPAI 395


Spoiler for Reruntuhan Kuil kuno Apollo di Delphi, menghadap ke lembah Phocis.:


Dalam 393, Theodosius siap untuk memulai perang melawan Eugenius dan Arbogastes . Pertempuran yang terjadi menjadi, pada dasarnya, pertempuran untuk kelangsungan hidup paganisme.Kekalahan Eugenius oleh Theodosius di 394 menyebabkan pemisahan akhir paganisme dari negara. Theodosius mengunjungi Roma untuk mencoba mengubah anggota kafir Senat.Karena tidak berhasil dalam hal ini, dia menarik semua dana negara yang telah disisihkan untuk pertunjukan publik ritual pagan.Dari sini, dana negara tidak akan lagi tersedia untuk pertunjukan publik ritual pagan atau untuk pemeliharaan kuil-kuil pagan.Terlepas dari kemunduran agama mereka, orang-orang kafir tetap terang-terangan dalam tuntutan mereka untuk toleransi.

Contoh penghancuran kuil pagan pada akhir abad keempat, seperti yang tercatat dalam teks sejarah yang masih hidup/terlestarikan, adalah:



Martin dari Tours serangan ‘di situs suci di Gaul,

penghancuran kuil di Suriah oleh Marcellus

penghancuran kuil dan gambar dalam, dan sekitarnya, Carthage,

redupnya candi di Delphi,

penodaan kultus misteri di Eleusis ,

Patriark Theophilus yang merebut dan menghancurkan kuil-kuil pagan di Alexandria,

meratakan semua kuil di Gaza

dan kehancuran yang lebih luas dari tempat-tempat suci yang menyebar dengan cepat di seluruh Mesir.



Penghancuran situs-situs pagan ini dilengkapi dalam kelimpahan oleh bukti arkeologi di provinsi utara (yang sumber tertulis hampir tidak bertahan hidup).Mengungkap bangunan yang rusak dan terbakar dan benda-benda kesalehan yang telah dikubur dengan terburu-buru.

Pemimpin para biarawan Mesir yang berpartisipasi dalam penjarahan kuil menjawab kepada para korban yang menuntut kembali ikon suci mereka:Aku dengan damai menyingkirkan Dewa mu,Tidak ada yang namanya perampokan bagi mereka yang benar-benar memiliki Kristus

Setelah Olimpiade Kuno terakhir di tahun 393, diyakini bahwa baik Theodosius I, atau cucunya Theodosius II pada tahun 435 M, menekan Olympiade.

Theodosius menggambarkan dirinya pada koin-koinnya yang memegang labarum

Menurut seorang sejarawan Kristen “Paganisme sekarang telah mati”, meskipun orang kafir bertahan dan akan terus melakukannya selama tiga abad lagi, terutama di kota-kota

SUMBER


Spoiler for sumber:


Diubah oleh tuandorna 16-01-2018 13:32
0
11.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan