alexa-tracking

Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5870af96bde66a418b4567/cerita-gw-cabut-gigi-graham-atas-pake-bpjs-kesehatan
icon-hot-thread
Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan
Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan

Halo Bray emoticon-Hai
Banyak gw baca cerita di internet kalo berobat pake BPJS itu ribet, musingin dan ngantri. Karena hal inilah gw milih berobat pake umum (padahal kartu BPJS ketinggalan di Jakarta). Gw berobat mengenai gigi graham atas gw yang pecah gara-gara ngemilin kripik singkong. Awalnya gw kira ngunyahin batu eh taunya gigi gw yang gw kunyah. Karena pecahnya lumayan gede, gw putusin buat cek ke rumah sakit deket kampus, kebetulan rumah sakit itu ada klinik giginya.
Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan
Sumber: sehatsehatiweb.com

Pas masuk gw ditanyain BPJS atau umum, karena gw di Bandung dan kartunya di Jakarta jadi gw milih umum. Pas daftar gw dikenaik biaya 50rb. Akhirnya gw diarahin ke klinik giginya. Setelah di cek sama dokternya, gigi gw harus dicabut. Sebelum dicabut dokter nyuruh gw untuk ronsen gigi. Berhubung alat ronses dirumah sakit itu rusak, gw dianjurin ke lab yang ada di Bandung. Besoknya gw ke lab itu buat ronsen. melayanglah uang gw 250rb buat ronses gigi. Habis dari lab gw langsung ke rumah sakit itu lagi. Dan kembali gw disuruh daftar dengan biaya 50rb. Begitu di klinik gigi, dokternya liat hasil ronsenan gw dan bilang kalo sinus gw gede. Jadi kalo dicabut biasa bakalan pendarahan. Solusinya gw harus dirawat selama sehari dengan biaya sekitar 5 juta. Iya 5 juta buat satu gigi doang.

Dokter: Sinus kamu gede, ini ga bisa dicabut biasa.
Gw: terus gimana dok?
Dokter: Ya harus di operasi dan kamu harus dirawat sehari
Gw: Kalo di operasi gitu biayanya berapa dok?
Dokter: Sekitar 5 juta an
Gw: Seriusan dok?
Dokter: Tanya aja perawat di depan kalo ga percaya.
Muka dokternya tanpa ekspresi

Karena mahal gw tanya ke nyokap dan disuruh pulanglah gw ke Jakarta. Terus nyokap nyuruh gw pake BPJS aja biar geratis.
Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan
Sumber: panduanbpjs.com

Lusanya gw ke rumah sakit tni (bokap TNI) dan dirujuk buat cabut di Lembaga Kesehatan Gigi Dan Mulut TNI AU (LAKESGILUT) di halim. Begitu masuk gw bilang kalo mau pake BPJS. Buat prosedurnya kalo ga salah sih gini (lupa-lupa inget):4

di suruh masuk ke ruang BPJS,
ngasih kartu BPJS,
Dapet berkas dan di bawa ke ruang pendaftaran
Disuruh ngisi berkas (biodata diri)
Di suruh tanda tangan
Di suruh fotocopy berkas 5 rangkap
Ngasih berkas yang udah di fotocopy tadi ke bagian BPJS
Langsung antri ke klinik gigi

Gw dan orang-orang disini ngantri sampe gilirannya dipanggil, kata dokternya grahamnya udah mati dan harus dicabut. Gwpun diarahin ke ruang bedah minor. Dan kembali ngantri sampe gilirana dipanggil. Pas nama gw dipanggil ternyata bukan disuruh cabut tapi ditanyain mau cabut dicabut kapan. Karena sistemnya antrian, jadi kalo gw dateng kamis baru bisa dicabutnya minggu depannya atau dua minggu lagi emoticon-Big Grin. Disini gw cerita kalo gigi graham atas pecah dan menurut dokter yang di rumah sakit bandung harus di operasi dan perawatan 1 hari.

Ibu PNS: Keluhannya apa?
Gw: Gigi graham atas saya pecah bu
Ibu PNS: Coba liat hasil ronsenannya
Gw: (ngasih ronsenan 250 rb)
Ibu PNS: Oh gigi graham kiri ya?
Gw: Iya bu. Oiya itu pas saya periksa di Bandung, katanya harus dioperasi sama dirawat
Ibu PNS: Ah ga usah. Ini mah bisa dicabut biasa juga bisa
Gw bengong dengernya.

Hari pencabutanpun tiba. Jadi setelah ngasih berkas BPJS yang dua minggu lalu difotocopy ke bagian BPJS, gw langsung diarahin ke ruangan bedah minor. Disini gw nunggu panggilan buat tanda tangan baru panggilan buat cabut gigi. Sebelum cabut gigi gw liat banyak orang-orang bawa ronsenan warna biru muda. Menurut gw sih ronsen disitu, dan menurut gw pasti gratis kalo pake BPJS emoticon-Big Grin.

Akhirnya tiba giliran gw dipanggil. Gw masuk ke ruangan. Disitu ada dua om-om, yang satu seragam dokter, yang satu lagi seragam PNS. Eh bukan om-om deng emoticon-Ngakak.

Gw disuruh nunjukkin ronsenan dan langsung disuruh siap-siap di tempat pencabutan. Dokter ngolesin kapas berbetadin ke mulut gw dan di suruh kumur. Lalu dia ambil jarum suntik dan nyuntik gusi disekitar gigi. Pas di gusi luar sih ga kerasa suntikannya, pas di gusi dalem itu lumayan kerasa. Udah gitu diteken-teken pula sampe aga kesakitan gw.

Sekitar 2 menit kemudian, gigi gw mati rasa. Gw iseng ngadu gigi graham atas sama bawah, tapi yang graham atas ga kerasa apa-apa.

Operasipun dimulai, dokter ngeluarin alat yang buat nyongkel gitu (mirip obeng minus). Disitu gigi gw dicongkel-congkel, disodok-sodok tapi ga berasa apa-apa. Ngeri banget sih sebenernya, karena gw cuma bisa nahan kepala sambil baca istigfar sebanyak-banyaknya. Karena gigi gw terlalu keras, maka di bor lah gigi gw. Nah pas dibor ini gw bersyukur, karena borannya keluar air jadi ga terlalu sakit. Soalnya beberapa kali gw tambel gigi, tapi bornya ga ngeluarin air. Udah ngilu bau gosong pula emoticon-Ngakak.

Oke lanjut, selama beberapa menit gigi gw cuman di bor dan di congkel. Karena ga lepas-lepas, akhirnya dipakelah tang buat cabut gigi gw. Tapi entah kenapa serasa gampang banget nyabutnya. Gw ngeliatin gigi gw di tang itu dan penuh darah. Akhirnya setelah dicabut, gw disuruh gigitin kasa selama sejam dan dianjurin untuk jangan sering kumur-kumur. Terus gw ambil obat di apotiknya. Disini gw ditanya BPJS apa umum. Beres ambil obat, gw balik kerumah pake ojek online.

Setelah sejam, gw cabut kasanya dan coba minum air dingin. Dan rasanya ngilu banget cuy emoticon-Big Grin
Gw kirain setelah sejam darahnya bakalan berhenti ngalir. Ternyata masih deres. Akhirnya seharian gw ngunyahin kasa (kebetulan dirumah ada kasa), ngunyahin eskrim dan makan bubur. Besoknya darahnya masih ngalir, malah bangun-bangun tenggorokan gw ga enak, kayaknya karena nelen darah selama tidur. Tapi darah yang keluar udah ga separah kemaren. Sekarang setelah satu minggu berlalu, gusi gw yang disuntik masih agak bengkak dan gw masih makan pake gigi sebelah kanan. Oiya sehari setelah gw cabut gigi, gw udah makan nasi kok, tapi pake sendok kecil emoticon-Big Grin.

Oiya kemaren habis operasi gw juga minta gigi gw yang dicabut buat dibawa pulang. Berhubung gw fotonya dua hari setelah cabut, jadi darahnya udah ga merah lagi. Buat yang ga kuat jangan liat.
Spoiler for Ga kuat jangan liat:

Jujur gw seneng cabut gigi disini, karena alat-alatnya yang masih bagus diabanding beberapa rumah sakit yg pernah gw pake buat tambel gigi. Disini gw ga permasalahin rumah sakitnya, mungkin karena gw pake BPJS maka dibedakan antara "BPJS" dan "UMUM"

Terus gw mau menepis beberapa pendapat yang bilang pake BPJS itu ribet. Pake BPJS ga ribet kok, wong cuma disuruh isi formulir dan tanda tangan. BPJS ngantri ya wajar karena geratis jadi semua pengen berobat. Tapi gw kemaren ga dibedain antara antrian BPJS dan umum, semua sama kok. Coba dari awal gw berobat disini, mungkin gw ga keluar uang sepeserpun. Daripada berobat disono, sembuh engga, ditarikin duit iya emoticon-Big Grin

(Ternyata gw salah, BPJS ga geratis emoticon-Big Grin, terimakasih buat agan sista yang udah ngasih tau :terimakasih)

Terimakasih Sudah Membaca :terimakasih

Tambahan Dari Kaskuser

Quote:


Quote:



Cerita Gw Cabut Gigi Graham Atas Pake BPJS Kesehatan
image-url-apps
Duh ngilu banget pas bacanya, apalagi pas lihat hasil cabutannya :ceyem
image-url-apps
waoww ane paling takut urusan gigi gan emoticon-Takut
KASKUS Ads
Itu termasuk bedah mulut bukan sih? emoticon-Bingung (S)

Lakesgilut yang di Pinang Ranti ya? Kalo umum tanpa rujukan bisa engga di sana?
image-url-apps
untung selametemoticon-Ngakak
image-url-apps
untun ga nyasar ke ruang pencabutan nyawa ye gan emoticon-Takut
pengalaman BPJS,nyokap ane periksa jatung sama sekali nggak bayar gan emoticon-Traveller
bpjs emang manteb bre
gw dulu kecil jarang rawat gigi, akhirnya pas sma 2 gigi berlubang dan harus dicabut, saking traumanya ampe skrg jadi rajin rawat gigi. ada ngilu dikit langsg ke dokter gigi

gigi emang susah sih, soalnya ga seperti penyakit lain yg ada diagnosa bakuya, makanya dokter agan yg di bdg bisa asal nyebut aja perawatan bla bla bla. padahal aslinya ga ada apa2 emoticon-Mewek
image-url-apps
jadi inget pengalaman nyokapnya temen,cabut gigi pake bpjs di salah satu rumah sakit deket rumahnya,eh ujung2nya setelah dikorek2 sana sini si gigi ga bisa dicabut,malah jadi luka,akhirnya dikasih obat doang dan disuruh cari tempat yang laen...anjaaayyy emoticon-Leh Uga
pertama ane ke faskes1 di klinik, karna kata dokternya masih bisa diselametin giginya tanpa cabut(tambel aja) jadi ane dirujuk ke rsud bekasi
sampai disana ane ronsen dan diliat hasilnya setelah dilihat dokter menyarankan untuk di cabut aja karna kalau ditambel nantinya akan bolong lagi kalau gak pake crown gigi
dan crown gigi gak ditanggung bpjs, harganya sendiri sekitar 1- 2juta per gigi
dan ane milih cabut aja hehehe
kalau ditambel juga harus beberapa kali balik untuk perawatan saluran akar gigi

setelah dicabut sampe malemnya masih berdarah kalau gak salah ane kira cuma sejam 2 jam hehe


sekarang lagi mau ngurus gigi atasnya bolong juga, malah udah pecah setengah

plus pake bpjs : GRATIS COY, temen gue ngurus tambel gigi total bisa ampe 5 juta kalau gak pake bpjs di rs swasta
minusnya = ngantrinyaaaaaaaaaaaaa,
untuk kronologi gue kemarin:
ke faskes1 dapet rujukan 1 hari
ronsen antri 1 hari
cabut gigi 1 hari
total 3 hari buat cabut gigi belum lagi nomor antrian itu terbatas, kalau gak pagi2 banget gak dapet nomor antrian

ya tapi ane puas kok pake BPJS
dopost
image-url-apps
Seumur2 ke dokter gigi gak pernah karena gigi bolong, tapi buat gipal yg somplak waktu jatoh naik sepeda emoticon-Embarrassment
Quote:


untungnya gitu gan emoticon-Ngakak ada ada aja ente emoticon-Hammer2
ane lum pernah kena cabut gigi ama dokter bray , periksa aja lum pernah emoticon-Takut tp gigi belakang ane semua juga tumbuh normal sih jd gak pernah kenapa2 emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Gw yg di halim bre
image-url-apps
curhatan yg bagus gan
image-url-apps
Ane daftar BPJS dulu
image-url-apps
kok giginya ancur gitu bray??, lu di cabut apa di tonjok brayemoticon-Bingung
image-url-apps
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Sama nih kek ane.

Sampe mas yg nanganin ane keringetan,
Ane juga gak bisa lama lama mangap, emoticon-Wakaka
Jadi kode ke masnya, biar ludah yg sudah banjir gegara takut juga disedot pake alat.
emoticon-Takut

Alat - alatnya ngeri banget. emoticon-Ngakak
Ane gak sampe di bor sih.
Trus sama dokter satunya (ibuk ibuk)
"Duh mas cuma gitu doang"
*sambil masang muka mayun ngeledek*

Deg, dalam hati gua.
"Bisa gini nik dokter.
Tiap pasien kan beda beda, gak ngertiin bgt." emoticon-Mad

Soale pas mau disuntik. Mulut ane menolak terus. emoticon-Leh Uga.

Suer dah. Jujur kapok gua nyabut gigi lagi, pas nahan sakitnya itu menyakitkan, berdarah lagi, emoticon-Ngakak
mending bius total aja deh, sampe pingsan. Tau tau selesai. emoticon-Ngakak



Edit-
Gemboked tooth trit.
emoticon-Leh Uga