alexa-tracking

Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3bcd341cbfaa190a8b4571/polisi-sebut-15-gereja-di-makassar-rawan-gangguan
Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan
Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan

SEBANYAK 15 gereja dari 151 gereja yang ada di Kota Makassar mendapat penjagaan prioritas dari personel Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) karena disebut berpotensi rawan gangguan.



Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, menyebutkan, gereja tersebut hanya di Kota Makassar saja. Adapun 15 gereja yang dimaksud di antaranya Gereja Paroki Asisi Jalan Hertasning, Gereja Immanuel dekat Balai Kota, Gereja Katedral Jalan Kajaolalido, Gereja Santo Josep Jalan Gunung Latimojong, dan Gereja Balla Tamalanrea Jalan Perintis Kemerdekaan.



"Untuk itu, sebanyak 5.369 personel polda dan polres jajaran mulai disiagakan dalam Operasi Lilin yang dimulai hari ini, Kamis (21/12) hingga pergantian Tahun Taru mendatang," ungkap Dicky.



Hingga Natal, personel kepolisian fokus melakukan pengamanan di gereja. Sejak prosesi kebaktian hingga puncak perayaan nanti. Fokus pengamanan memang pada gereja-gereja yang akan melaksanalan acara kebaktian seperti misa sebelum dan saat hari H.



Bahkan sebelum Natal, akan ada sterilisasi sebelum pelaksanaan ibadah oleh tim Penjinak Bom Detasemen Gegana Brimob Polda Sulsel. Penempatan daftar prioritas dilakukan terhadap gereja yang memiliki jumlah jemaah yang banyak, serta rawan kemacetan.



Tidak hanya itu, sejumlah rumah ibadah yang mendapat penjagaan ketat juga lantaran sebelumnya, pernah mendapat ancaman teror bom.



"Karena ancaman terbesar dan tertinggi dalam Natal dan Tahun Baru adalah teroris. Maka tentu kita akan lakukan seterilisasi oleh tim jibom (penjinak bom) dan juga ada pelibatan dari ormas Banser NU (Nahdlatul Ulama) melakukan penjagaan," tambah Dicky.



Termasuk belasan personel Polrestabes dibantu Polda dan TNI, juka akan melakukan penjagaan khusus di 15 gereja prioritas yang dimaksud rawan. (OL-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...uan/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan Tim Basarnas Masih Cari Pastor Yohanes yang Hilang di Pantai Wairi

- Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan Perludem Sebut Ada Pembiaran TNI-Polri Maju Pilkada 2018

- Polisi Sebut 15 Gereja di Makassar Rawan Gangguan KM Samudra Jaya Karam di Kepulauan Seribu, 9 ABK belum Ditemukan

×