alexa-tracking

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3bcba1c0cb17ad2d8b457b/boikot-produk-amerika-mungkinkah
icon-hot-thread
Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
HOT THREAD KE 91
*22 Desember 2017*


Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi

Dunia internasional berkecamuk usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pernyataan klaim sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Tak hanya dari negara dengan penduduk muslim, negara - negara di Eropa, termasuk Inggris pun mengkritik klaim ini. Mereka menilai pernyataan ini justru menyulut masalah baru di tanah Yerusalem..

Di dalam negeri, Presiden Joko Widodo menyatakan kekecewaannya atas tindakan penguasa negeri adidaya ini. Beliau memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia untuk menyampaikan sikap resmi pemerintah terhadap klaim sepihak ini.

Presiden Jokowi juga menghadiri KTT OKI yang di selenggarakan di Istanbul Turki beberapa waktu yang lalu. Negara - negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam ini bahkan menyatakan pengakuan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina sebagai bentuk dukungan mereka.

Tak ketinggalan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyerukan Gerakan Bela Palestina yang sudah di selenggarakan pada hari minggu lalu di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Dalam gerakan yang di ikuti oleh ribuan orang tersebut, MUI juga menyampaikan petisi yang salah satunya menghimbau masyarakat Indonesia untuk memboikot seluruh produk dari perusahaan Amerika dan Israel yang beredar di tanah air.

Tapi mungkinkah hal ini benar - benar bisa teralisasi?

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Pertama

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Tidak ada salahnya MUI menyerukan gerakan boikot terhadap produk Amerika dan Israel sebagai bentuk dukungan dan solidaritas. Anggap saja semua masyarakat yang mendengar seruan ini benar - benar ingin mengikuti gerakan boikot. Tapi apakah mereka tau mana saja produk - produk Amerika dan Israel yang beredar di sini. Saat ini hampir semua produk yang kita gunakan dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi merupakan produk barat.

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Kedua

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Produk - produk Amerika dan Israel tidak hanya di pasarkan di Indonesia saja tapi juga di seluruh dunia. Dengan melakukan boikot di Indonesia, tidak akan berdampak banyak terhadap kelangsungan penjualan produk secara umum. Belum lagi masyarakat kita sudah terlalu bergantung pada produk - produk tersebut. Jika kita melakukan boikot, maka kita musti mencari alternatif produk sejenis yang belum tentu ada penggantinya. Jikalaupun ada, belum tentu kita mau menggunakannya. Sebagai contoh siapkah kita meninggalkan aplikasi WhatsApp dan Facebook yang hampir di gunakan mayoritas mayarakat Indonesia sehari - hari dan menggantinya dengan aplikasi lokal yang kurang familiar?

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Ketiga

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Pernyataan MUI untuk memboikot produk Amerika hanyalah ungkapan kekesalan dan emosional, tidak benar - benar realistis. Menurut dosen ilmu politik dari Universitas Indonesia, Nur Iman Subono, pernyataan boikot ini sungguh tidak realistis, mereka menyerukan boikot tapi seruannya ditulis dengan menggunakan piranti lunak pemroses kata produk Amerika, dengan komputer yang menggunakan sistem operasi produk Amerika, dan diposting di situs yang menggunakan sistem produk Amerika. Serta disebar-luaskan dengan aplikasi produk Amerika juga.

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Keempat

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Dari pada melakukan boikot terhadap produk Amerika yang belum tentu membuahkan hasil, ada baiknya kita mengambil keuntungan dari kejadian ini. Menurut peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira, ada baiknya kita melakukan pembalasan terhadap langkah perdagangan AS. Jika selama ini Amerika menerapkan bea masuk yang tinggi terhadap produk Bio Diesel Indonesia yang di ekspor ke AS, pembalasan inj bisa kita lakukan terhadap produk AS yang di impor Indonesia seperti kopi, gandum, kedelai dan tembakau dengan menerapkan bea masuk yang tinggi juga.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Ini, Ini, dan Ini



Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
PertamaxforTS

Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?


Komen terpilih :

Quote:
Boikot Produk Amerika, Mungkinkah?
Dg ekonomi lebih rasional emoticon-Embarrassment
moengkin sadja emoticon-Malu (S)
Biar aja yg mau boikot
Aye butuh ya beli aja...
Hampir gak mungkin sih gan, maka dari itu dibutuhkan negara adidaya kedua seperti Uni Soviet emoticon-Cool
bisa bisa saja, asal ekonomi udah stabil dolo emoticon-Ngacir
ga mungkin lah, google d baikot jg ? mn mngkin
Bisa kok. Pelan² produknya mereka gak usah dipakai. Dimulai dari diri sendiri, lalu keluarga, temen² dll. Meski gak secara simultan, tp langkah ini bisa dilakukan. Terutama pada produk makanan. Kl yg lain dipikir belakangan
si tromp lau tau rasa rendang sama tempe bongkrek kali yak emoticon-Big Grin
serah lu dah gw gak ikutan, hidup jangan di bikin susah emoticon-Cool
ane mulai dari uninstall FB duulu aja dah.. 😂
gwa tetap netral
emoticon-Cool
mungkin yang diboikot sebagian brand doang, yang emang berkontribusi sama pendanaan persenjataan israel.. kalo produk barat lainnya yang gak berurusan sama Israel mah ya rapopo dipake.. itu sih yang ane tangkep dari seruan MUI.. emoticon-Big Grin
1. Dengan membeli produk-produk dalam negeri. Tidak memakai barang import.

2. Membuat mandiri barang yang diperlukan. Dengan mengutamakan bahan buatan hasil 100% dalam negeri.

Mungkin pertanyaannya adalah apakah sanggup?
ada untungnya juga sih kalau pada boikot produk amrik. ke KFC dan mcd ane jadi kaga usah ngantri

Ngakak 

kayaknya bisa kalo sambil tidur gan
produk2 yg d boikot paling2 cm produk makanan,yg lain blom mau emoticon-Leh Uga

ane heran,drpd boikot2,jihad2 perang knp g d alihin ke sesuatu yg positif?
perang lawan amerika?bole aj,tapi jgn frontal,contoh cina,semua produk amerika mereka teliti,manufaktur sendiri,lempar dgn harga murah,alhasil?amerika kelojotan barangnya di copy paste semua
knp kita g bisa macem gt? emoticon-Bingung
Gembox....

Monggo melipir ke sebelah..