alexa-tracking

Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3bbe665c7798d9058b4574/polres-cirebon-kota-sita-ratusan-dus-makanan-minuman-kedaluwarsa
Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa
Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa

JELANG Natal, jajaran Polres Cirebon Kota berhasil mengamankan sejumlah produk kedaluwarsa. Dua orang turut diamankan karena mengedarkan produk kedaluwarsa tersebut.



Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pada Kamis (21/12) sekitar pukul 05.30 WIB, jajaran Satreskrim Polres Cirebon Kota menangkap dua orang yang saat ini statusnya sebagai tersangka, yaitu dengan inisial OR, 57, dan ME, 40.



Penangkapan kedua orang tersebut berdasarkan laporan warga, Arief Eska, 29, yang menemukan makanan kedaluwarsa di Pasar Harjamukti, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Dari laporan warga tersebut, akhrinya sejumlah produk kedaluwarsa diamankan dari pasar

tersebut.



"Pertama kami menangkap OR, 57, perempuan yang menjual makanan kedaluwarsa di Pasar Harjamukti," kata Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Bachtiar, di Cirebon, Kamis (21/12).



Tersangka OR, menurut Adi Vivid, menjual makanan dan minuman yang telah kedaluwarsa atau tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada produk yang dijualnya.



"Modusnya dengan menghapus dan mencap ulang tanggal kedaluarsa," terang Kapolres.



Lalu, produk tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Dari hasil penyelidikan, OR mendapatkan barang dengan cara membeli dari ME, 40, warga Kedung Jaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.



"Setelah dilakukan pengembangan, di kediaman ME ditemukan barang kedaluwarsa juga," kata Adi Vivid.



Bahkan, ME memiliki dua gudang penyimpanan makanan kedaluwarsa di kediamannya. Adapun barang bukti yang diamankan dua gudang dan toko di Pasar Harjamukti yaitu 190 dus permen Yupi Choco pie, 110 dus sarden merek King Fisher, 25 dus susu kental manis Frisian flag, 255 dus kecap manis merek ABC, 158 dus snack Taro Cirn puff, 5 dus White Tea kemasan botol, 65 dus minuman NU Green Rea, 25 dus minuman susu botol merek Frisian Flag, 30 dus permen Relaxa, serta 57 dus pembalut wanita.



"Barang bukit sudah kami amankan ke Mapolres Cirebon Kota," lanjut Kapolres.



Selanjutnya, kedua tersangka bisa dijerat melalui Pasal 134 Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan jo Pasal 8 huruf G UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU Kesehatan yang ancaman hukumannya 2 tahun penjara serta denda sebesar Rp4 miliar. (OL-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...rsa/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa Airlangga Disebut Potensial Jadi Darah Baru Politik Nasional

- Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa NasDem Resmi Dukung Petahana Bupati Garut

- Polres Cirebon Kota Sita Ratusan Dus Makanan Minuman Kedaluwarsa Pegolf Danny Masrin Jawara di Final IGT 2017

×