alexa-tracking

BNPB Imbau Ani‎es-Sandi Segera Lebarkan Kali Pulo Jadi 20 Meter

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ba550c2cb179d418b4578/bnpb-imbau-anies-sandi-segera-lebarkan-kali-pulo-jadi-20-meter
BNPB Imbau Ani‎es-Sandi Segera Lebarkan Kali Pulo Jadi 20 Meter
BNPB Imbau Ani‎es-Sandi Segera Lebarkan Kali Pulo Jadi 20 Meter

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ‎mengimbau pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan pelebaran Kali Pulo, sebagai salah satu cara mengatasi bencana banjir di Jakarta.

Kepala Pusat dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho ‎mengatakan, lebar ideal Kali Pulo untuk mengaliri air dan tidak meluap ke rumah warga yaitu 20 meter, tetapi saat ini lebarnya hanya 1 meter hingga 3 meter.

Baca: Putri Setya Novanto Terdiam Usai Diperiksa KPK Selama 9 Jam

"Kali Pulo itu perlu lebar 20 persen, perlu normalisasi sungai dan normalisasi tanpa melakukan pemindahan penduduk, baik itu penggusuran atau ganti untung, itu impossible (tidak mungkin)‎," tutur Sutopo, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Menurut Sutopo, minimnya lebar Kali Pulo karena banyaknya rumah warga yang mengambil lahan sungai, membuat 90 persen air hujan yang semestinya mengalir di Kali Pulo tetapi melebar ke rumah-rumah warga sekitar.

"Kemampuan Kali Pulo mengaliri air itu sekarang sudah tidak mungkin semuanya bisa, pasti akan luber dan menghantam tanggul, tanggulnya itu sudah ditinggikan 5 kali, mau ditinggikan sampai berapa kali, mau tidak mau harus dilebarkan," papar Sutopo.

Selain Kali Pulo, kata Sutopo, BNPB juga mencatat sungai-sungai yang melewati Jakarta perlu dilebarkan dengan cara pemindahan rumah-rumah warga ke tempat lebih nyaman dan aman.

"‎Sungai Ciluwung, Pasanggrahan, Sunter, Krukut dan sungai di Jakarta lainnya masih memerlukan pelebaran guna menangani banjir di Jakarta," ucap Sutopo.


Sumber : http://www.tribunnews.com/metropolit...-jadi-20-meter

---

Baca Juga :

- Tahun Ini, BNPB Mencatat Telah Terjadi 2.271 Bencana Alam‎

- Belasan Rumah di Desa Sumbang Tergenang Air Setinggi 70 Centimeter

- Jelang Pergantian Tahun, Anies Sebut Pemprov Siaga 24 Jam Antisipasi Banjir dan Gempa Bumi

image-url-apps
pelebaran sungai
×