alexa-tracking

Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Tabanan Raih Pamsinas Award

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ba2f998e31b43538b4579/pengelolaan-air-minum-dan-sanitasi-di-kabupaten-tabanan-raih-pamsinas-award
Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Tabanan Raih Pamsinas Award
Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Tabanan Raih Pamsinas Award

Tabanan, Gatra.com - Tata kelola sumber daya air di daerah menjadi salah satu fokus kerja Kabupaten Tabanan. Hasilnya, kinerja pemkab Tabanan dalam mengelola penyediaan air minum, dan sanitasi berbasis masyarakat dinilai sukses dan mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

 
Keberhasilan itu diwujudkan dengan penghargaan Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsinas) Award dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diterima Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti.
 
Menurut Eka, di Tabanan ada sedikitnya 65 desa yang sudah menerapkan program Pamsinas. "Pemerintah hanya membantu menyediakan, untuk selanjutnya semangat dari masyarakat yang sama sama bergotong royong menjaga kebersihan, sanitasi menciptakan air yang bersih. Kalau air itu sudah bersih kesehatan masyarakatpun akan terjamin," ungkap Eka Wiryastuti, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Selasa (19/12).
 
Untuk ke depannya, kata Eka, Pemkab Tabanan akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak demi mewujudkan komitmen Tabanan sebagai Kabupaten yang sehat dan bersih.
 
"Kerjasama baik itu dari internal seperti masyarakat dan juga kepala desa, kita juga akan menjalin kerjasama secara eksternal seperti dengan berbagai kementerian, saya yakin dengan adanya kerjasama yang bagus, Tabanan akan semakin terdepan," jelas Eka.
 
Sementara itu, kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Tabanan Ida Bagus Wiratmaja mengungkapkan program Pamsinas pertama kali dimulai pada tahun 2014.  Kementerian PUPR menyatakan minat atas program sanitasi di Tabanan.  "Dengan adanya pernyataan minat tersebut akhirnya (porposal) kami diterima dan menjadi kabupaten pertama di pulau Bali yang menerapkan program Pamsinas," kata Wiratmaja.
 
Walaupun anggaran dari APBD terbilang kecil, kata Wiratmaja, pengelolaan sanitasi dan air bersih harus menjadi program yang diutamakan. "Ke depannya, kami akan terus meningkatkan baik itu dari segi pelayanan air minum dan sanitasi, persampahan dan juga pemukiman kumuh di Tabanan tidak boleh ada lagi," tandasnya.
 

Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Hendri firzani
 

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/bali-...pamsinas-award

---


- Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi di Kabupaten Tabanan Raih Pamsinas Award Kunjungi Tabanan, Peserta ABU Garap Program Radio Berbasis Lingkungan 
selamat buat kabupaten Tabanan