alexa-tracking

Daging Olahan Indonesia Pertama Kali Tembus Australia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ba2e2642eb6e5178b4572/daging-olahan-indonesia-pertama-kali-tembus-australia
Daging Olahan Indonesia Pertama Kali Tembus Australia
image-url-apps
Daging Olahan Indonesia Pertama Kali Tembus Australia
 

Canberra, Gatra.com- Terhitung Desember ini, akhirnya produk daging olahan Indonesia kembali tembus pasar Australia. Yakni sebagai bahan pelengkap dalam mie instan dengan label halal. Menurut catatan Biro Statistik Australia, negeri kangguru itu terakhir mengimpor daging olahan dari Indonesia pada tahun 2008.

 
Setelah mengantongi surat ijin dari badan karantina Australia, importir di Sydney dari Sony Trading Pty Ltd, Antonius menceritakan kalau otoritas Australia langsung mengucapkan selamat padanya. “Anda orang pertama yang bisa mengimpor produk mengandung daging olahan dari Indonesia,” katanya dilansir dari Antara, Selasa (19/12). 
 
Selain sudah mendapat surat Ijin dari badan karantina Australia, produk itu juga sudah mengantongi surat keterangan dari pemerintah Indonesia melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM). Dimana daging ayam tersebut telah diproses sesuai ketentuan dan aman dikonsumsi.  
 
 
Pembelian sebanyak dua kontainer produk ini didapatkan saat promosi pameran Fine Food Australia yang difasilitasi oleh KBRI Canberra, KJRI Sydney dan ITPC Sydney September lalu. Serta pada kegiatan Festival Indonesia yang diselenggarakan KBRI Canberra pada tanggal 25 November 2017 di Canberra. 
 
Dimana pada kedua kesempatan tersebut, produk ini bisa dicicipi secara gratis oleh pengunjung. Respon dari para pengunjung yang mencicipi sangat positif dan tertarik untuk dapat membeli dan menikmati makanan tersebut.
 
Saat ini produk tersebut baru bisa dinikmati di wilayah sekitar New South Wales, Queensland, Victoria dan Canberra, bulan depan akan merambah ke Perth dan Darwin.
 
Daging ayam olahan tersebut dikemas melalui metode “retort” melalui sterilisasi menggunakan suhu 121 derajat celcius selama 15 menit untuk menjamin proses pangan tetap terjaga.
 
Ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Australia pada periode Januari-September 2017 meningkat sebesar 13,50% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pangsa produk makanan olahan Indonesia di pasar Australia pada tahun 2016 sebesar 1,68%, ada pada urutan ke 15 di dunia. Dalam kurun waktu 2012-2016 ada kenaikan sebesar 7,67 persen. 
 
Negara eksportir utama produk makanan olahan ke Australia didominasi Selandia Baru dengan pangsa sebesar 22,02% dan naik 6,42% dalam lima tahun terakhir. Disusul Amerika Serikat dengan pangsa sebesar 9,56% dengan tren peningkatan sebesar 0,59%.
 
Adapun Thailand ada pada urutan ke tiga, dengan pangsa sebesar 7,30% mengalami tren penurunan sebesar 1,86% dalam lima tahun terakhir. Singapura di urutan ke empat, yakni 6,77% turun sebesar 5,26% dalam waktu lima tahun ini.
 
Disusul Vietnam di urutan ke sepuluh, dimana pasarnya 2,81% dan selama lima tahun ini meningkat 8,34%. Sedangkan Malaysia berada pada urutan ke-13 dengan pangsa sebesar 1,86% dan mengalami tren penurunan sebesar 6,27 dalam 5 tahun terakhir.
 

 
Editor : Birny Birdieni

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/perdaga...mbus-australia

---

image-url-apps
menjajah negeri kanguru