alexa-tracking

Jadi Justice Collaborator, Andi Narogong Bakal Ungkap Keterlibatan Novanto?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b9cb7dac13edb608b457d/jadi-justice-collaborator-andi-narogong-bakal-ungkap-keterlibatan-novanto
Jadi Justice Collaborator, Andi Narogong Bakal Ungkap Keterlibatan Novanto?
Jadi Justice Collaborator, Andi Narogong Bakal Ungkap Keterlibatan Novanto?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai justice collaborator (JC), Andi Agustinus alias Andi Narogong, berupaya membantu KPK untuk mengungkap kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Dia mengaku siap memberikan keterangan di dalam sidang kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP yang menjerat terdakwa Setya Novanto.

"Kalau siap pasti siap karena dia juga sudah menyatakan konsisten untuk bersikap kooperatif. Kalau soal membuka, membongkar mungkin tidak seekstrem itu," tutur penasehat hukum Andi Agustinus, Samsul Huda, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Baca: Begini Kondisi Guru SMPN 32 Setelah Dievakuasi dari Reruntuhan Gedung Aula

Di uraian fakta-fakta, majelis hakim mempertimbangkan aliran uang kepada Setya Novanto.

Salah satu aliran uang itu saat konsorsium pelaksana proyek e-KTP belum memiliki modal kerja padahal, kontrak perjanjian kerja telah ditandatangani.

Selain itu, majelis hakim menguraikan pemberian fee 7 juta dollar AS kepada Setya Novanto. Hakim mengatakan pemberian fee kepada Setya Novanto diberikan PT Quadra Solution dan PT Biomorf Mauritius.

Uang itu dikirim kepada rekening perusahaan milik Oka Masagung di Singapura, yakni OEM Investment dan Delta Energy Pte Ltd.

Baca: Andi Narogong Wajib Kembalikan Uang Korupsi E-KTP

Tak hanya itu, ada penyerahan uang melalui keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi.

"Tapi faktanya sudah disampaikan oleh Andi Agustinus dalam keterangan terdakwa tanggal 30 November kemudian dipertegas dalam nota pembelaan bahwa fakta-fakta itu cukup terang cukup kuat dan Andi Narogong tanggal menyampaikan fakta yang dialami," tambah Samsul Huda.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...ibatan-novanto

---

Baca Juga :

- Berkali-kali Ingin Temui Penyidik, Kehadiran Mantan Istri Setya Novanto di KPK Hari Ini Ditolak Lagi

- Hilman yang Kena Kasus Setnov Tabrak Tiang Terancam Tak Bisa Bawa Mobil Lagi

- Andi Narogong Wajib Kembalikan Uang Korupsi E-KTP