alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Edit Billboard, Serang PDIP
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b9c9254c07a85798b4567/edit-billboard-serang-pdip

Edit Billboard, Serang PDIP

Edit Billboard, Serang PDIP
HOAX: Reklame yang disebarkan ini ternyata hasil editan.


JawaPos.com- Menjelang datangnya tahun politik, hoax yang berkaitan dengan politik makin ngawur. Lihat saja yang satu ini. Sebuah billboard di Kota Padang diedit sedemikian rupa dengan menggunakan aplikasi olah digital untuk menyudutkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Foto billboard editan itu menyebar di media sosial beberapa hari terakhir. Isinya sangat provokatif, ’’PDIP TIDAK BUTUH SUARA UMAT ISLAM’’. Di bawahnya terpampang pula tulisan nama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Selain tulisan, di billboard tampak logo-logo partai pendukung pemerintah. Mulai PDIP, PKB, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, hingga Perindo.

Banyak yang percaya dengan konten billboard editan tersebut. Misalnya, akun Facebook Rosidi L. Abul Jauza. Dia menuliskan kalimat, ’’Buktikan kalau PDIP tak butuh umat Islam’’. Status itu dilengkapi pula dengan foto billboard ’’PDIP Tidak Butuh Suara Umat Islam’’.


Edit Billboard, Serang PDIP
ASLI: Inilah gambar reklame aslinya yang berada Jalan M. Yamin di depan Masjid Muhammadiyah, Padang.


Berdasar penelusuran di Google Image, ternyata foto tersebut merupakan editan dari sebuah papan iklan di Padang, Sumatera Barat. Gambar dan isi aslinya tidak berkaitan dengan PDIP. Gambar di billboard yang asli sebenarnya memuat pesan iklan layanan masyarakat yang dibuat pemilik papan iklan, yakni Speed Advertising.


Tulisan dalam billboard itu sempat viral. Sebab, isi pesannya cukup menarik. Yaitu, ’’Pesan Istri kepada sang Suami: Wahai suamiku…Carilah rezeki yang halal saja. Aku dan anak-anakmu rela lapar dengan yang sedikit tapi halal daripada kenyang namun dibakar API NERAKA’’. Dalam billboard tersebut, terdapat foto siluet seorang perempuan yang sedang menengadahkan tangan.

Jawa Pos juga langsung mengonfirmasi pemilik billboard melalui nomor telepon di sana. Dimas Aditya, wakil pimpinan Speed Advertising, menyatakan sudah mendengar bahwa billboard-nya diedit dan menjadi bahan hoax. ’’Iya, saya sempat mendengar,’’ ujar Dimas.

Dia heran dengan ulah tangan-tangan usil tersebut. Menurut Dimas, sampai saat ini isi billboard itu masih sama. Berisi pesan layanan masyarakat tentang mencari rezeki yang halal. Billboard tersebut berdiri di Jalan M. Yamin di depan Masjid Muhammadiyah, Padang. ’’Masih sama kok isi pesannya. Kami pasangi seperti itu karena belum ada klien saja,’’ jelasnya.

Hoax mengenai PDIP tidak butuh suara umat Islam sebenarnya sudah lama beredar. Tepatnya setelah pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu Ormas) menjadi UU Ormas. Sumbernya adalah sejumlah blog yang diduga dibuat orang yang sama dan bergerak di bidang bisnis sebar fitnah.

Mega dibenturkan dengan umat muslim lewat sebuah tulisan berjudul Megawati: Partai Kami Tidak Khawatir Sedikit pun Kehilangan Pemilih Muslim meski Partai Kami Telah Mendukung UU Ormas. Tulisan itu diturunkan beberapa blog. Salah satunya adalah reportase-today.blogspot.com. Berita tersebut dibuat pada 28 Oktober 2017.

Artikel itu 100 persen clickbait. Judulnya tidak sesuai dengan isinya. Tidak ada statement apa pun dari Megawati terkait dengan UU Ormas. Kini blog reportase-today sudah tidak bisa diakses. Namun, masih ada jejaknya di cache Google Search.

FAKTA
Konten papan reklame yang membenturkan PDIP dengan umat Islam merupakan hasil olah digital karya pembuat hoax. Konten asli papan reklame di Padang tersebut adalah iklan layanan masyarakat tentang imbauan mencari pekerjaan yang halal.

(gun/c14/fat)

https://www.jawapos.com/read/2017/12/20/176330/edit-billboard-serang-pdip


Pelakunya orang2 itu lagi
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Senengan’e koq fitnah....hobby nya koq nyebar hoax...edaaaannnnn....
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 04
Kelakuan Nasbung Sumbu Pendek... Kalo Gak HOAX Gak Apdol... Edit Billboard, Serang PDIPEdit Billboard, Serang PDIP
Diubah oleh president.trump
udah yakin dpt tiket surga jd mw ngapain jg bebas dong emoticon-Cool
keliatan editan gitu, goblok aja yg ketipu.
Quote:


boleh minta sanad hadisnya? periwayatnya?
bahan colian nasbung ya sotosop.. udah, gitu doang..
bukannya nastak di kaskus yang gak butuh?
Darimana lagi datangnya Hoax kalo bukan Saracen dan P*S
leh uga
editannya jelek kek nasbungtaik
Edit Billboard, Serang PDIP Edit Billboard, Serang PDIP
islam dirusak dari dalam emoticon-Berduka (S)
dia buat sendiri, dia posting sendiri, dia ribut sendiri
nastak sudah pada pinter, cerdas, santun dan strong. Jadi ngak butuh suara "i"
sarangnya hoax ya emang nasbung...

editan se jelek itu pun masih ketipu juga? emoticon-Ngakak (S)



emang benar2 dungu ini nasbung emoticon-Ngakak
Quote:


JAngan ngremehin kegoblokan org indonesia gan.... jakarta aja yg terkenal kota paling maju... masih banyak yg goblok kok terbukti dgn jkt58 nya dan eks napi koruptor aja masih bisa jadi anggota dewan kok.... khan k0nt0l namanya!
Paling dia lagi dia lagi
Ya pendukung pdip sendiri buat cari simpati
Emank pinter banget pencitraan
Quote:


org yg jelas2 pecundang aja bs dapat 47% suara dlm pilpres, padahal udah jelas gagal dlm banyak hal cuma jualan jd cosplay orang & belagak tegas & berwibawa emoticon-Big Grin
paling kalau ketangkap pelakunya lsg cow protocol
Quote:


Di situ lagi.. emoticon-Cape d...
wkwkw. kualitas sotosopan cem kang jaga warnet. wasu.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh random.dude
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di