alexa-tracking

Terbukti Korupsi e-KTP, Andi Narogong Divonis 8 Tahun Penjara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b99fcd89b09e6398b4567/terbukti-korupsi-e-ktp-andi-narogong-divonis-8-tahun-penjara
Terbukti Korupsi e-KTP, Andi Narogong Divonis 8 Tahun Penjara
https://m.detik.com/news/berita/d-3780166/terbukti-korupsi-e-ktp-andi-narogong-divonis-8-tahun-penjara

Terbukti Korupsi e-KTP, Andi Narogong Divonis 8 Tahun Penjara

Jakarta - Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Andi Narogong terbukti terlibat dalam kasus korupsi proyek e-KTP.

"Menyatakan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," ujar hakim ketua Jhon Halasan saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 8 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan," imbuh hakim.

Dalam pertimbangan, hakim menyatakan Andi Narogong bersama pihak lain mengarahkan perusahaan tertentu, dalam hal ini Konsorsium PNRI, sebagai pemenang lelang proyek e-KTP. Tiga konsorsium yang diminta Andi menang lelang proyek ini adalah PNRI, Astragraphia, dan Murakabi Sejahtera.

"Terdakwa memiliki kenalan dengan para pejabat, seperti Setya Novanto, Diah Anggraeni, dan Irman, mempunyai kedekatan menaruh wewenang untuk memenangkan anggaran di DPR. Terdakwa melakukan intervensi PNRI, Murakabi, dan Astragraphia untuk memenangkan konsorsium tersebut," ucap hakim.

Selain itu, jaksa menyatakan Andi Narogong memperkaya diri dan orang lain. Perbuatan Andi Narogong disebut jaksa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 2.314.904.234.275,39.

"Demikian adanya unsur terdakwa memperkaya diri sendiri dan orang lain serta korporasi," ujar hakim.

Hakim juga menyatakan Andi Narogong mempunyai hubungan dengan Setya Novanto untuk membahas anggaran proyek e-KTP di DPR. Andi pun pernah bertemu dengan Novanto di Hotel Gran Melia, Jakarta Pusat.

"Kemudian Andi bertemu Setya Novanto, Diah, Irman, dan Sugiharto. Setya Novanto bilang ada proyek nasional, ayo dukung bersama-sama. Atas mendapatkan dukungan Novanto, Andi mengajak Irman bertemu Novanto di lantai 12 ruang Fraksi Golkar di DPR," ujar hakim.

Andi disebut hakim melanggar Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (dhn/fdn)
_________________

Nyokot po rak ki emoticon-Big Grin
Siji emoticon-Big Grin
Ayoo.. teriaaak yg keraaaasss
Masa mau sendirian di penjaraa
8 tahun.... kalo kgk nyanyi sih goblok emoticon-Big Grin
babi, korupsi segitu cuma 8 taon emoticon-fuck
Nunggu orang kitak emoticon-Leh Uga
Rasakan emoticon-Ngamuk
Quote:


itu dituntut 8 thn di vonis 8 thn juga tong, si miryam dituntut 8 thn cm di vonis 5 thn....buat kapir emang beda, ane dl permah magang di lawfirm, dpn mata ane juga gitu kasus narkoba, bb sama2 1g, yg pribumi cm kena 2 thn, yg cokin ke 3,5 thn, padahal dua2nya umurnya sepantaran sekitar 50 thnan emoticon-Najis
8thn duit segitu masi bisa ketawa emoticon-Ngakak
Quote:


udh kena 8 thn ngapain nyanyi? dia juga ga banding, harusnya justice collaborator bisa nego vonis kalo di luar negeri, kalo begini mah mending terima aja, ngapain cari musuh
Narogong bukannya darah Bekasi yang deket Bogor? emoticon-Leh Uga
Quote:


hartanya disita semua tong, kl pinter masi sempet ngumpetin kalo tidak dgn vonis bersalah otomatis yg dibekukan kpk ya angus juga
nastak banget muka nya... bajingan emoticon-Big Grin
mayan
kalo ga diumpetin tu duit ya udah....jual mi goreng aseng
Limolas emoticon-Big Grin

Cuma 8 tahun? emoticon-Leh Uga
Nastaik maning
habis ini Papa==>> AdeKomar==>>> Ganjar dll nyusul..emoticon-Big Grin
nzarUdin emang tokcer nyanyiannya..emoticon-Ngakak (S)
2,3 triliun, 8 tahun emoticon-Ngakak
doski dari faksi taikers pa nasbung nih?

emoticon-Leh Uga