alexa-tracking

Pertamina: Kebutuhan Stok BBM Menjelang Natal dan Tahun baru Aman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b934adc06bd47078b456c/pertamina-kebutuhan-stok-bbm-menjelang-natal-dan-tahun-baru-aman
Pertamina: Kebutuhan Stok BBM Menjelang Natal dan Tahun baru Aman
Pertamina: Kebutuhan Stok BBM Menjelang Natal dan Tahun baru Aman

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membentuk Tim Posko Nasional ESDM untuk menyambut  Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018. Posko ini berlangsung dari hari ini tanggal 18 Oktober hingga 08 Januari tahun depan. Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) di tunjuk sebagai ketua tim "Siknoronisasi" Posko tersebut. 

"Bph migas ditugaskan untuk menjadi Ketua pos nasional untuk natal dan tahun baru. Sekarang  bukan hanya bbm penugasan. Semua kesiapan yg ada di ESDM , menjadi satu pintu dibawah kordinasi BPH Migas. Kita akan melaksanakan monitoring, pelangawasa dari tanggal 18 Desember hingga 08 Januari 2018," ujar Kepala BPH Migas Fanshurllah Asa kepada wartawan di kantornya Jalan Kanten Tendean Jakarta, Senin (18/12). Menurutnya, hal-hal yang akan dilakukan untuk persiapan posko dan monitoring Natal dan Tahun Baru 2018, yaitu berkoordinasi dengan Unit KESDM dan Badan Usaha yang terlibat seperti Pertamina, PGN, PLN. "Kementerian ESDM ini paling bertanggung jawab nih untuk kelancaran liburan nanti. Dari masalah Geologi status gunung berapi, potensi longsor dan gerakan tanah, pengamanan Elpiji 3 kg, memastikan keamanan pasokan BBM hingga memastikan kecukupan pasokan listrik, "pungkasnya kepada wartawan. Sementara itu, Manajer PSO BBM Pertamina Boy FJ Lapian mengatakan, PT Pertamina menyiapkan tambahan stok BBM, baik. Itu BBM bersubsidi maupun BBM non subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang libur Hari Raya Natal dan tahun Baru. "Untuk premium normalnya saluran harian 31.971 KL/Day Dalam persiapan tahuan 2018 untuk harian 32.610 naik 2 persen. Pertalite naik hingga 12 persen. Normal 42.210,kL/Day menjadi 47.430 KL/Day.  Pertamax naik 7 persen, dari normal 16.000 KL/Day menjadi 17.156 KL/Day. Pertamax turbo kita naik 15 persen, dari 748 KL/Day menjadi 864 KL/Day," "Sedangkan untuk ketahanan stoknya Premium mencapai  24 hari, Pertalite 19 hari, pertamax 20 hari,  dan  pertamax turbo 33 hari," katanya menerangkan.  Selanjutnya untuk solar, Boy bilang, dengan adanya pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 libur Natal dan penurunan kegiatan transportasi komoditas industri akan berdampak pada penurunan konsumsi Solar/Bio. Lantas dengan demikian, Boy berpesan, masyarakat yang hendak berpergian keluar kota tidak  perlu khawatir kekurangan stok BBM, karena Tim Posko akan memantau juga perkembangan di lapangan secara real time selama 24 jam. 

Reporter: MF
Editor: Nur Hidayat 

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/makro/3...ahun-baru-aman

---

stok BBM aman terkendali