alexa-tracking

Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan Lho

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b8bd49252332e7d8b456a/tak-hanya-mempercantik-ruangan-tanaman-hias-baik-untuk-kesehatan-lho
Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan Lho
Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan Lho

Moms suka tanaman hias? Jika iya, ada kabar baik untuk Moms.

Ternyata menyimpan tanaman hias dan merawatnya dengan baik bisa berdampak baik lho Moms.

Selain bisa jadi aksesoris tambahan atau dekorasi di rumah, tanaman hias yang Moms letakan di dalam rumah ternyata baik untuk kesehatan.

Apa saja?Simak berikut ini Moms, manfaat memiliki tanaman hias di rumah dikutip Ttreehugger.com.

1. Baik untuk pernapasan

Tanaman hijau adalah penghasil oksigen. Selama proses fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dari lingkungan sekitarnya. Karbon dioksida adalah gas yang dibuang saat bernapas. Tanaman mendapat karbondioksida untuk fotosintesis dan menghasilkan oksigen.

Keluarga Moms menyediakan karbon dioksida untuk tanaman dan mendapat ganti oksigen. Dilihat dari hal tersebut, antara keluara dan tanaman ternyata saling menguntungkan Moms.

2. Mencegah Penyakit

Akar menyerap air tanah dan mengangkutnya ke batang tanaman. Kemudian menguapkan air melalui dedaunan. Proses ini disebut transpirasi. Studi mengatakan transpirasi menyumbang sekitar 10 persen kelembapan udara di atmosfer. 

Jadi, tanaman hias akan menjaga kelembapan ruangan Moms. Tanaman hias akan memberikan kesejukan terutama di musim kemarau. 

Penelitian juga mengungkapkan tanaman di dalam ruangan mengurangi kemungkinan terserang, pilek, sakit tenggorokan dan batuk kering. Tak hanya itu, ternyata juga menyimpan manfaat baik untuk kecantikan kulit, yakni mengurangi masalah kulit kering.

3. Membersihkan udara

NASA telah melakukan banyak penelitian tentang kualitas udara di lingkungan tertutup. Hasil penelitiannya menunjukkan tanaman hias meningkatkan kualitas udara di ruangan.

Tanaman mengambil karbon dioksida dari udara untuk menghasilkan oksigen yang bisa dihirup manusia. Atau dengan kata lain tanaman juga berfungsi sebagai penyerap polutan di ruangan.

4. Mempercepat penyembuhan

Penelitian yang dilakukan di Kansas State University menemukan tanaman bisa bermanfaat selama pemulihan dari operasi. Pasien yang menyimpan tanaman hias dalam ruangannya maka akan menyebabkan peningkatan signifikan dalam respon fisiologis.

Tak hanya itu tekanan darah sistolik yang lebih rendah, dan peringkat nyeri, kegelisahan, dan kelelahan, yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien tanpa tanaman di kamar mereka.

Teknik lain untuk mengurangi waktu pemulihan, seperti dicatat oleh Universitas A & M Texas adalah terapi hortikultura. Hal ini punya nama lain yakni perawatan tanaman, pasien yang berinteraksi secara fisik dengan tanaman mengalami pemulihan lebih cepat.

Jadi, jika ada anggota keluarga yang sakit, tanaman di ruangan secara tidak langsung akan mempercepat pemulihannya, Moms.

5. Produktivitas Lebih Tinggi

Sejumlah penelitian dengan pelajar menunjukkan belajar di hadapan tanaman dapat memberikan efek yang baik. Seperti halnya berada di alam, berada di sekitar tanaman meningkatkan konsentrasi, memori dan produktivitas.

Penelitian di University of Michigan menyebutkan adanya pengaruh tanaman dengan meningkatnya daya ingat hingga 20 persen. Tidak hanya belajar, hal tersebut juga berlaku untuk orang yang bekerja.

Jadi, anak-anak akan lebih fokus dan berkonsentrasi belajar jika di ruangannya ada tanaman hias, Moms.

Ingin tau lebih lanjut? Kunjungi nakita.id dan dapatkan tips-tips menarik lainnya, Moms(*)


Sumber : http://www.tribunnews.com/lifestyle/...-kesehatan-lho

---

Baca Juga :

- Waktu yang Tepat Membeli Furniture Untuk Rumah

- Kaya Akan Nutrisi, Ternyata Ini Toh Cara Konsumsi Buah dan Sayuran yang Benar

- Jaga Hati dan Pikiran, Cara Reza Artamevia Menjaga Kesehatan di Usia yang Tak Lagi Muda

direkomendasikan
×