alexa-tracking

Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b86a2c0d770335c8b458d/kalimantan-tak-lagi-aman-dari-gempa
Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa
Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa

GEMPA yang terjadi di Tarakan, Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12) menunjukkan bahwa wilayah Kalimantan tidak aman dari ancaman gempa seperti yang selama ini disebut oleh banyak pihak.



Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Syamsudin Noor Banjarbaru, Ibnu Sulistyono mengakui sebenarnya selama ini Kalimantan juga terjadi gempa seperti wilayah lain di Indonesia. "Kalimantan juga ada gempa, tapi kekuatan gempanya kecil akibat sesar lokal," tuturnya.



Meski relatif kecil namun potensi gempa ini harus diwaspadai. Hal itu juga menunjukkan bahwa wilayah Kalimantan tidak aman dari gempa.



Seperti diberitakan sebelumnya, pada Kamis (21/12) terjadi gempa di wilayah Tarakan, Kaltim. Gempa ini cukup mengejutkan, karena selama ini ada anggapan Pulau Kalimantan aman dari jalur gempa.



Gempa terjadi pukul 02.22.58 wib. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M 4,1. Episenter terletak pada koordinat 3,31 LU dan 117,74 BT tepatnya di laut yang berjarak 14 km arah timur laut kota Tarakan dengan kedalaman 10 km.



Dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Kota Tarakan, Sibengkok, Lingkas, Simpangtiga, Klapa, Bunyu, Juwata, Salimbatu, Bengara, Menjalutung, Tanahmerah, dan Tanjungkeramat.



Tidak hanya di Kalsel beberapa waktu lalu gempa juga sempat mengguncang sebagian wilayah Kalsel tepatnya di Kotabaru. Warga setempat menyebutnya lindu atau gempa kecil.(OL-3)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...mpa/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa Ekonom Peringatkan Efek Tahun Politik Bagi Pertumbuhan Ekonomi

- Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa Mantan Istri Novanto Datangi Gedung KPK

- Kalimantan Tak Lagi Aman Dari Gempa Tangis Penggemar Iringi Perpisahan Dengan Penyanyi Utama SHINee