alexa-tracking

BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b65ad162ec276408b456a/bmkg-waspadai-tiga-hal-ini-agar-liburan-akhir-tahun-aman-dan-nyaman
BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman
BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman

JPP, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari 2018. Namun demikian, memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru 2018, Pemerintah dan masyarakat tetap diimbau untuk waspada sebagai bentuk mitigasi bencana, sehingga musim liburan dapat dilalui dengan aman dan nyaman.

Demikian disampaikan Deputi Kepala BMKG Bidang Klimatologi Herizal dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Persiapan Natal & Tahun Baru 2018" yang berlangsung di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

"Pertama, perlu waspada banjir dan genangan, yakni dengan menjaga lingkungan. Genangan dan banjir bisa hilang kalau kita menjaga lingkungan. Hujan biarlah turun dan kalau lingkungan bagus, airnya bisa mengalir ke laut," jelas Herizal.

Kedua, lanjutnya, yang perlu diwaspadai adalah rawa-rawa. Menurut Herizal, rawa-rawa sebagai tempat transit air hujan sebaiknya dikonservasi. "Karena kalau rawa-rawa tidak dipedulikan, maka air dapat menggenangi halaman rumah kita," sambungnya.

Terkakhir, Herizal menyebut awan gelap sebagai hal yang perlu diwaspadai saat musim hujan, karena diperkirakan saat ini berpotensi terjadi hujan es.

"Ketika kita bicara musim hujan, kalau melihat ada awan gelap, kalau bisa kita menghindari tempat-tempat yang atapnya kurang kuat, mengingat ada hujan es," ujarnya.

Menurut Herizal, jika masyarakat bisa mewaspadai hal-hal tersebut, maka dalam menghadapi musim hujan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2018 ini tidak ada yang perlu ditakuti.

"Musim ini tidak perlu ditakuti, hanya kita harus bisa menyesuaikan saja dengan kondisi lingkungan," pungkas Herizal.

Berdasarkan data BMKG, sampai saat ini sebanyak 319 Zona Musim (ZOM) atau sekitar 93,27 persen sudah memasuki musim hujan. Sedangkan sisanya 23 ZOM atau sekitar 6,73 persen masih mengalami musim kemarau.

Turut hadir sebagai narasumber antara lain Kepala Biro PID Divisi Humas Polri Brigjen Adnas, Sekretaris Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Karyanto Suprih, Corporate Secretary PT Jasa Marga Agus Setiawan, dan Kepala BPTJ Kemenhub Bambang Prihartono.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...man-dan-nyaman

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Tahun Politik, Pertarungan Persepsi yang Harus Dijawab Pemerintahan Jokowi-JK

- BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Tahun Politik Tidak Akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia

- BMKG: Waspadai Tiga Hal Ini Agar Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Pengamat: Tahun Depan Tetap Optimistis, karena Positif dan Trennya Akan Terus Naik

image-url-apps
Ane libur dirumah aja lahhh
image-url-apps
belum ada agenda liburan
KASKUS Ads
image-url-apps
perlu waspada banjir dan genangan yang menciptakan sebuah kenangan 😂
image-url-apps
Ga kemana man ganemoticon-Frown
image-url-apps
saija mah hoedjan tidak apa apa tapie geledeknja itoe lhooo
jemuran aing kaga kering2 bajingaaaaaan
image-url-apps
ga tertarik liburan peak season. banyak deadline akhir tahun. smoga bonus melimpah ruah.
ane dirumah aje... emoticon-Jempol

kalau pingin lihat kembang api tinggal nonton tv emoticon-Leh Uga

kalau pingin lihat konser musik tinggal nonton tv emoticon-Leh Uga




Mampir dimari gan :
bermain bersama anak bisa disebut hobi ?
bahaya orangtua narsistik
image-url-apps
ya semoga ga ada badai yg bisa menimbulkan bencana deh. hujan ya hujan aja jangan sampe banjir. jangan ada longsor. semoga alam bersahabat..
untung ane blm ada plan kemn2...
jd msh bs diem kumpul ma keluarga...
image-url-apps
semoga semua aman jaya
image-url-apps
Nanti malam rencana mau long weekend ke Bogor nih. Kondisi Disana gimana nih
image-url-apps
Quote:


Aman deh kalau gitu emoticon-Big Grin
image-url-apps
Enakan ngenthod
waspadai isi dompet juga gan
image-url-apps
ati2 gan cuaca lagi galau
image-url-apps
waspada keuangan juga gan
image-url-apps
liburan akhir tahun? di tempat wisata pasti rame banget manusia. Susah buat nikmatin dan foto-foto. Jalanan sekitar tempat wisata macet parah.
Quote:


habis kemana2 pasti macet.
bkn liburan namanya...
cm berpindah kemacetan jalan...
×