alexa-tracking

RELAKSASI ATURAN IMPOR BAHAN BAKU : Insentif untuk IKM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b6558162ec26f358b4568/relaksasi-aturan-impor-bahan-baku--insentif-untuk-ikm
RELAKSASI ATURAN IMPOR BAHAN BAKU : Insentif untuk IKM
Quote:Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah akhirnya merelaksasi peraturan impor enam komoditas bahan baku guna memacu industri kecil dan menengah terus berproduksi.

Relaksasi aturan impor tersebut menjadi jawaban atas problem pasokan bahan baku yang dihadapi industri kecil dan menengah (IKM) di tengah meningkatnya kebutuhan, apalagi setelah adanya kebijakan penertiban impor berisiko tinggi.

Ketentuan impor yang direlaksasi mencakup enam komoditas, yakni barang modal tidak baru, produk tertentu, produk kehutanan, bahan baku plastik, kaca, serta bahan obat dan makanan. (lihat infografis)

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan enam aturan importasi yang baru saja direlaksasi itu mengacu kepada kebutuhan riil IKM. Ketentuan impor barang modal tidak baru misalnya, diperlukan bagi pelaku usaha kecil untuk mendapatkan peralatan produksi dengan harga yang murah.

Enggartiasto menjelaskan penertiban impor berisiko tinggi sebelumnya memang memberikan dampak positif bagi industri nasional. Pasalnya, kebijakan tersebut membuat produksi manufaktur di dalam negeri kembali bergairah.

Akan tetapi, IKM yang dahulu biasa mengimpor bahan baku secara borongan belakangan mengeluhkan sulitnya mendapatkan pasokan.

“Mereka [IKM] terpukul karena dia biasa ikut borongan. Oleh karena itu, sekarang kami memberikan kemudahan apalagi buat mereka yang tertib administrasi bisa dengan mengimpor melalui PLB [pusat logistik berikat] dan sebagainya,” jelasnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (20/12).

Pihaknya meyakini kebijakan yang berlaku efektif pada 2018 tersebut tersebut bakal memberikan kemudahan bagi IKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui selama ini banyak IKM yang merasa kesulitan dalam melakukan impor. “Terutama IKM yang justru kecil produknya.”

Selain memberikan relaksasi impor terhadap beberapa komoditas, Darmin menambahkan pemerintah juga memberi kemudahan bagi IKM dalam mendatangkan bahan baku lewat dua cara.

Pertama, membuka beberapa IKM sebagai indentor melalui importir dengan konsolidasi barang di luar negeri. Kedua, impor melalui pusat logistik berikat, di mana importir umum dapat bertindak sebagai importir untuk memenuhi kebutuhan bahan baku IKM.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih menilai relaksasi impor ini akan membantu IKM untuk terus berproduksi.

youtube-thumbnail


Sumber: http://koran.bisnis.com/read/2017122...ntif-untuk-ikm
Sumber Video: tv.bisnis.com/youtube/oe7-8aP4k-o
Kayaknya perlu juga buat barang komplementer, tes pasar dan layanan purna jual perlu ditinjau. Kalau ga percuma. Semoga cepet dilirik sama Pak Enggar