alexa-tracking

Ini Ancaman Trump bagi Negara yang Menentang Pengakuan Yerusalem

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b6438c1cb17ae1c8b4586/ini-ancaman-trump-bagi-negara-yang-menentang-pengakuan-yerusalem
Ini Ancaman Trump bagi Negara yang Menentang Pengakuan Yerusalem


HomeGlobalInternasional

Ini Ancaman Trump bagi Negara yang Menentang Pengakuan Yerusalem
Khairisa FeridaKhairisa Ferida

21 Des 2017, 09:36 WIB

2

2.1k
Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump (AP Photo/Evan Vucci)

Liputan6.com, Washington, DC - Majelis Umum PBB akan menggelar sidang darurat pada Kamis, 21 Desember. Dalam kesempatan tersebut akan diadakan pemungutan suara terkait rancangan resolusi yang menolak pengakuan Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sidang darurat terpaksa dilaksanakan menyusul veto yang dikeluarkan Amerika Serikat terhadap rancangan resolusi sebelumnya di forum Dewan Keamanan PBB.

Menyikapi sidang darurat Majelis Umum PBB, Trump pun melontarkan ancaman. Presiden AS ke-45 itu memperingatkan akan menahan kucuran bantuan "miliaran" dolar AS bagi negara-negara pendukung rancangan resolusi penolakan atas pengakuan Yerusalem.

Ancaman Trump tersebut muncul setelah Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, lebih dulu merilis ultimatum bahwa ia akan "mencatat" negara-negara mana saja yang mendukung lahirnya resolusi tersebut.

"Biarkan mereka memilih untuk melawan kita," ujar Trump dalam rapat kabinet pada Rabu waktu Washington seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (21/12/2017).

Trump melanjutkan, "Kita akan banyak berhemat. Kami tidak peduli. Tapi ini tidak akan seperti dulu lagi di mana mereka memilih melawan dan kemudian kita memberi mereka ratusan juta dolar. Kita tidak lagi bisa dimanfaatkan".

"Saya menyukai pesan yang disampaikan Nikki (Dubes AS) kemarin," tegas Trump.

Pernyataan Trump tersebut dinilai ditujukan pada negara anggota PBB asal Afrika, Asia, dan Amerika Latin yang dianggap lebih rentan terhadap tekanan AS. Termasuk, Mesir yang merancang resolusi di forum DK PBB. Tahun lalu, Negeri Piramida itu menerima bantuan dari AS senilai US$ 1,2 miliar.

Baca Juga

Raja Salman Dukung Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Palestina
Dipicu Veto AS soal Yerusalem, PBB Gelar Sidang Darurat
Palestina Kecam Langkah AS yang Memveto Resolusi Yerusalem

Namun, tidak menutup kemungkinan ancaman Trump juga beresonansi di kawasan lain seperti Inggris misalnya. Negeri Ratu Elizabeth itu tengah harap-harap cemas agar dapat cepat menegosiasikan kesepakatan dagang dengan AS pasca-Brexit.

Diperkirakan, sekutu AS seperti Inggris, Prancis, Italia, Jepang, dan Ukraina akan mendukung resolusi di forum sidang darurat Majelis Umum PBB. Sebelumnya, negara-negara yang sama juga menyokong rancangan resolusi di DK PBB.

Seorang diplomat di DK PBB membocorkan bahwa sejumlah negara seperti Kanada, Hongaria, dan Republik Ceko kemungkinan akan tunduk pada tekanan Washington.
image-url-apps
repost tong...biasakan search dulu sblm bikin trit
image-url-apps
Quote:


gw rasa dia bot, kapanan dia ngepost bisa sampe 2 id yg ngepost bersamaan
KASKUS Ads
image-url-apps
sini Tromp saya hajar mulut lo
image-url-apps
Mantab juga biar keliatan mana negara munafik sok nolak tapi doyan bantuannya

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Sumbernya?
Tapi kalo emang nih berita bener,gue dukung trump
Pengen liat gue negara muslim ada ga yang narik diri
×