alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Gatra.com /
AS Veto Draft Resolusi DK PBB Tolak Mengakui Yerusalem Ibu kota Israel
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b6347dbd77047058b456e/as-veto-draft-resolusi-dk-pbb-tolak-mengakui-yerusalem-ibu-kota-israel

AS Veto Draft Resolusi DK PBB Tolak Mengakui Yerusalem Ibu kota Israel

AS Veto Draft Resolusi DK PBB Tolak Mengakui Yerusalem Ibu kota Israel
 

Washington, Gatra.com- Amerika Serikat telah memveto draf Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk menolak keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

 
Draf itu menghindari penyebutan AS atau Trump secara gamblang agar bisa disokong secara penuh. Permohonan yang diajukan oleh Mesir ini menegaskan kalau keputusan akan status Yerusalem tidak memilik efek hukum serta tidak sah, tidak berlaku dan harus dibatalkan. 
 
Ke-14 anggota DK PBB juga memilih mosi tersebut. Yakni, empat anggota permanen DK PBB antara lain Cina, Prancis, Rusia, dan Inggris beserta 10 anggota nonpermanen lainnya.
 
Merespon hal tersebut, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley menilai draf resolusi sebagai "penghinaan". Dia juga mewanti-wanti bahwa AS tidak akan melupakan pengajuan draf semacam itu.
 
"Ini satu contoh lain bahwa PBB melakukan lebih banyak mudarat ketimbang manfaat dalam menangani konflik Israel-Palestina,"  katanya dilansir dari BBC, Selasa (19/12).
 
Argumen Haley, dalam perihal meletakkan kedutaan besar saja, AS dalam posisi dipaksa harus membela kedaulatannya. "Catatan ini akan menunjukkan bahwa kami melakukannya dengan bangga," tandasnya. 
 
Langkah veto AS terhadap draf resolusi DK PBB mendapat sanjungan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Lewat twitternya, secara khusus dia memuji Nikki Haley. 
 
"Terima kasih Duta Besar Haley. Dalam Hanukkah ini kamu berbicara seperti Maccabi. Anda menyalakan lilin kebenaran. Anda menghilangkan kegelapan. Satu mengalahkan banyak orang. Kebenaran mengalahkan kebohongan. Terima kasih, Presiden Trump. Terima kasih, Nikki Haley," kicauan Netanyahu di jejaring sosial itu.
 
Namun, juru bicara Presiden Otorita Palestina, Mahmoud Abbas, menyebut tindakan AS tidak bisa diterima dan mengancam stabilitas komunitas internasional. "Komunitas internasional kini harus berupaya melindungi rakyat Palestina," kata Nabil Abu Rudeina, jubir Mahmoud Abbas kepada kantor berita AFP.
 
Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, mengatakan dirinya akan menyerukan pertemuan darurat Majelis Umum PBB untuk mendiskusikan masalah Yerusalem.
 
Sebelum pemungutan suara, Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, memperingatkan bahwa situasi keamanan menjadi semakin tegang setelah keputusan Presiden Trump tersebut.
 
Terjadi peningkatan insiden, dimana tembakan roket dilepaskan dari Gaza ke Israel. Serta bentrokan antara pemrotes Palestina dan pasukan keamanan Israel. 
 

 
Editor : Birny Birdieni

Sumber : http://www.gatra.com/internasional/a...bu-kota-israel

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalau gak gitu namanya bukan MAMARIKA
Quote:


Hidup AMERIKA ... hidup ISRAEL ...

kalian memang tdk tertandingi di dunia skrg ... manfaatkan momentum ini utk merebut wilayah ISRAEL yg dijanjikan Tuhan ... agar tercapai perdamaian dunia ...


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di